Liputan

Merencanakan Memiliki Rumah Idaman

pic from gettyimages

pic from gettyimages

Pada tahun 2009 saya menikah dengan gadis idaman saya, tetapi setelah menikah kami dipusingkan dengan tempat tinggal. Pilihan pada saat itu adalah apakah saya akan membeli rumah dengan cara Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau mengontrak saja. Bila mengambil KPR, kami kesulitan karena status pekerjaan saya yang pada saat itu masih menjadi karyawan kontrak pada salah satu perusahaan alih daya.

Memiliki rumah sendiri merupakan idaman bagi kebanyakan orang termasuk saya. Sebelum menikah saya tidak pernah berpikir untuk memiliki rumah dengan cara menabung atau berinvestasi. Prinsip saya dulu, “ada uangnya sekarang digunakan saja saat ini dan untuk kedepannya bisa dicari lagi”

Namun prinsip tersebut salah besar!

Akhirnya kami berdiskusi dan memutuskan untuk membeli rumah dengan menggunakan KPR namun masih menemui kendala berupa status karyawan kontrak. Bersyukur pada tahun 2010 saya diterima bekerja  di QM Financial. Setelah sekian lama bekerja, saya mendapatkan  banyak pengalaman dari klien sebagai pelajaran dalam mengatur keuangan pribadi. Membeli rumah dengan cara KPR tidak harus memiliki gaji yang besar.

Selain analisa kemampuan untuk mencicil KPR, Anda perlu memperhatikan besarnya uang muka atau DP yang besarnya sekitar  dua puluh sampai tiga puluh persen dari harga rumah yang akan dibeli. Perhatikan juga kemampuan mencicil KPR Anda setiap bulannya yaitu tidak lebih dari tiga puluh persen dari total penghasilan.

Setelah berhasil mengumpulkan DP pada tahun 2011, saya mencari bank penyedia KPR dengan suku bunga ringan. Alhamdulillah saya mendapatkan rumah idaman meskipun second tetapi kondisinya masih bagus dan lokasinya strategis di wilayah Depok dengan mencicil Rp1.200.000 per bulan selama lima belas tahun.

Selamat merencanakan memiliki rumah idaman ya!

Syarif|CRO | @syarif2511

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch