CEO BLOG, Financial Planning For Kids

[1 Juli 2014] Summary tweet #KidsNMoney

Berikut ini merupakan summary tweet  #KidsNMoney 1 Juli 2014:

Lagi siap-siapin materi untuk Workshop #KidsNMoney nih! Kelas untuk 22 anak, 2 Batch sudah penuh. Yang lain waiting list ya. Besok di-update lagi.

#KidsNMoney ini materi favorit gw. Suka banget. Dan menariknya, gw yang belajar dari anak-anak! Setiap kali berinteraksi dengan uang, ada aja ilmu baru.

Khusus #KidsNMoney, gw belajar dari Azra Dena Demi. Awalnya tentu semua dengan Mas Azra, yang otaknya serba logika matematika :)

Salah satu materi #KidsNMoney yang pertama dengan Mas Azra adalah waktu ke mall dan dia pengen beli donat. Gw suruh milih donat A atau B :)

Waktu itu Mas Azra baru umur 5 tahun. Kalau beli Donat A, cuma dapat donat. Kalau beli Donat B, ada sisanya untuk beli majalah. #KidsNMoney

Mas Azra akhirnya memilih beli Donat B karena senang bisa beli majalah juga. Dia pun bilang sama Ayahnya : Itu namanya Planning Yah! #KidsNMoney

Pelajaran selanjutnya terasa waktu mulai kenal angpau Lebaran! Yuk mari, Lebaran sebentar lagi. Angpaunya buat belajar! #KidsNMoney

Lanjut #KidsNMoney yah…

2 alat yang bisa dipakai untuk perkenalkan uang pada anak : uang saku (bukan uang jajan ya) dan angpau hari raya. #KidsNMoney

Azra Dena mulai kenal uang saku msk kelas 1 SD. Mulainya tentu dengan Mas Azra, yang jadi panutan adik-adiknya! *baca: kelinci percobaan* #KidsNMoney

Kelas 1 SD Azra dapat Rp10.000 setiap hari Jumat. Senin-Kamis dia bawa bekal. Mukanya berbinar-binar terima duit :) #KidsNMoney

Waktu itu Azra beli 3 kue coklat dengan Rp10.000. Pulangnya bilang kehausan :) Dan gw bilang, Az coba dipikirin lagi mau beli apa aja. #KidsNMoney

Yuk deh. Lanjut #KidsNMoney lagi!. Jadi… salah satu yang penting dari belajar tentang uang : belajar ambil keputusan :) Mulai dengan uang saku.

Minggu ke-2 punya uang saku, Azra sibuk memilih kue coklat kesukaannya + air minum. Jadi paling ada yang bisa ditabung. #KidsNMoney

Minggu ke-3 Azra bilang ingin beli ayam goreng. Tapi ternyata harganya Rp7.000. Jadi nasi dan airnya bawa dari rumah. Rp3.000 ditabung. #KidsNMoney

Minggu ke-4. Azra beli kue coklat Rp3.000, minum Rp2.000. Sisanya kok cuma Rp2.000? Apa dia salah ngitung ya? #KidsNMoney

Jawaban Azra bikin gw mewek. “Mamah kan kalau Jumatan ada kotak yang lewat, aku juga pengen nyumbang dong!” Waktu itu umur 6 tahun :) #KidsNMoney

Dari pengalaman Azra dengan uang saku pertamanya itu, gw jadi belajar. Untuk anak, kenalin ke 3 hal : Berbelanja, Menabung, Beramal. #KidsNMoney

Azra mulai di kelas1 SD. Sekarang dia kelas 1 SMP lho! Bayangin betapa banyak pengalaman dia dengan uang saku itu setiap minggu. #KidsNMoney

Mulai Juli ini, masuk 1 SMP Azra akan terima uang sakunya mingguan. Jumlahnya masih dinegosiasikan dengan Ayah :) #KidsNMoney

Kebutuhan anak 1SD dengan anak 1SMP tentu beda. Azra punya HP (yang dia beli sendiri second hand)  dan dia musti punya pos pulsa. #KidsNMoney

Dengan adik-adiknya, Azra selalu kasih contoh yang baik tentang gimana atur uang. Apakah adik-adiknya menurut? Tentu tidak :p #KidsNMoney

Dena, sekarang 9 tahun, baru 5 tahun sudah kelas 1 SD. Gw pikir gak perlu uang saku lah! Di Jumat pertama, dia protes. “Mau seperti Mas!!” #KidsNMoney

Gw bangga sekali Dena mau belajar atur uang juga!  Tapi biarpun Ayah Mamahnya sama, ternyata Dena beda dengan Mas Azra :)) #KidsNMoney

Hari pertama punya uang saku, Dena habiskan uangnya. Gw tanya sisanya mana untuk ditabung, dia bilang “gak tahu!” :)) #KidsNMoney

RT @nadzeefa: @mrshananto anak saya kelas 1SD, berapa uang saku yang dia butuhkan? SD fullday,bawa bekal dari rumah untuk makan siang dan istirahat, terima kasih teteh :)

Tergantung anak dan sekolahnya. Azra Dena dulu mulai dengan Rp10ribu tiapJumat saja di kelas1 SD. Kelas 4 SD naik Rp20ribu. @nadzeefa #KidsNMoney

RT @sallyfauzi: @mrshananto teh Wina,Dena umur berapa boleh punya dan kelola uang saku sendiri? #KidsNMoney

Azra Dena mulai kelas 1 SD hanya tiap Jumat. Azra sekarang kelas 1 SMP, akan dapat mingguan. @sallyfauzi #KidsNMoney

RT @aindahp: Nunggu tuitnya @mrshananto tentang #KidsNMoney

Kelas 4 SD, Azra nego sama Ayah “Boleh gak minta uang saku naik? Ayam goreng harganya udah lebih mahal!” Dia mengalami inflasi :) #KidsNMoney

Tentang uang saku, kebiasaan Azra dan Dena beda banget. Dena harus diingetin buat nabung. Azra semangat nabungnya. #KidsNMoney

Kalau lihat kesukaan belanjanya juga beda sih. Dena segala mau dibeli. Azra mau beli yang bener-bener bagus, tapi bisa jadi lebih mahal. #KidsNMoney

Contoh menarik juga waktu beli HP pertamanya. Az lihat Ayah punya HP baru, dia nanyain HP lama mau dikemanain, Azra mau beli. #KidsNMoney

Gw dan Ayah nya anak-anak udah mikirin sih, ni anak udah perlu punya HP belum ya? Ternyata dia sendiri inisiatif mau beli :) gaya. #KidsNMoney

Menarik kan kalau anak umur 12 tahun beli HP dengan uang hasil nabung angpau Lebaran selama 2 tahun? He has the power to decide. #KidsNMoney

Jadi tahun ini akan menarik. Sharing #KidsNMoney terbagi 3 : Azra anak SMP, Dena anak SD dan Demi Balita :) Lutju kan?

Untuk yang anaknya masih ncil-ncil seperti Demi, sudah perlu juga kenalin #KidsNMoney tapi baru di tahap konsep. Tenang aja. Mereka juga tahu uang lho!

Demi baru 2,5 tahun. Dia ngerti tentang ‘beli-beli’, ‘minta du-wit’ sama ‘ke warung yuk!’ :)) #KidsNMoney

Kalau hari Jumat gw lagi bagiin uang saku buat Mas Azra dan Kakak Dena, Demi kecil ikut-ikut pengen dapat ‘du-wit’ juga. #KidsNMoney

Anak balita ya belum perlu pegang uang. Tapi dia kan terlibat dalam proses kegiatan yang ada uangnya. Seperti belanja grocery. #KidsNMoney

Balita perlu dikasih lihat kalau gak semua yang ada di toko harus dibeli kan? Suka lihat orang dewasa yang semua mau dibeli kan hihihi #KidsNMoney

Q1 RT @mayichi_: Teh @mrshananto emang apa bedanya uang saku sama uang jajan? Kan sama aja, uang sakunya dibuat jajan :D

A1. Gak. Karena anak gw uang saku dibagi 3 pos : beli makanan, ditabung, disetor untuk sedekah. Uang saku vs uang jajan. @mayichi_ #KidsNMoney

 

Mau gak kalian ikutan kompetisi photo dan blog #KidsNMoney ? Tunjukin gimana cara anak-anak kita mengatur angpau Lebaran mereka :)

RT @NovikaFajarini: @mrshananto anakku,7 tahun,uang jajan perhari Rp1.000-Rp2.000 tergantung jajan apa.Jumat bawa bekal,uang Rp5.000 untuk amal dia ambil dari THR-nya #KidsNMoney

RT @gogorgogor: :)) bahan bit tuh RT @mrshananto kelas 4 SD, Azra nego sama Ayah “Boleh gak minta uang saku naik? Ayam goreng harganya udah lebih mahal!”

RT @kheeqiy: Yeaay :D RT @detikcom: Dorong Anak SMP SMA ‘Melek’ Finansial, Materi Jasa Keuangan akan Masuk Kurikulum http://de.tk/VkTyKK 

Ligwina Hananto | CEO | @mrshananto

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch