#finclic, CEO BLOG

[14 Juli 2014] Summary tweet #FinClic tentang THR

Berikut ini merupakan summary tweet #FinClic tentang THR:

Udah terima THR belum? THR harusnya dibayarkan 1-2 minggu sebelum Hari Raya lhoooo… Iya yang punya bisnis lagi pada kriting bayar THR he3

Yasud mari kita #FinClic yang standar dilakukan tiap tahun… bahas tentang THR! Are you ready?

THR = Tunjangan Hari Raya ini penghasilan yang khas Indonesia banget. Ini penghasilan ke-13. Fungsinya? Ya untuk Hari Raya :p #FinClic

Hari Raya banyak pengeluaran yes? Bukan Muslim pun, Hari Raya Idul Fitri itu banyak pengeluaran. Apa aja pengeluarannya? #FinClic

Pengeluaran Hari Raya : 1) THR untuk pekerja 2) Beramal (zakat sedekah dll) 3) Mudik 4) Open House / Kiriman 5) Baju Baru *uhuk* #FinClic

Jadi… Pengeluaran Hari Raya-nya mah semua mengeluarkan. Tapi THR-nya belum tentu semua dapet kan? Bihihik… *ketawa tega* #FinClic

Maka dari itu… musti siapin pos nya khusus. Saldo tabungan mendadak besar setahun sekali. Menggoda banget tuh TV 50″ diskon :p #FinClic

Pengeluaran Hari Raya, bayarnya gimana? Pake THR, kalau kerja jadi karyawan. Bikin Rekening THR, kalau freelance / kerja sendiri / bisnis owner #FinClic

Gajian tanggal 25, berarti ini uang yang akan dipake sampe tanggal 25 lagi ya! THR masuk minggu ini jangan kecampur dengan uang gajianmu! #FinClic

THR habis mulu gmn dong? Memang begitu kok. Jadi jangan merasa bersalah. Tapi ada lho orang-orang keren yang THR nya bisa dikumpulin jadi DP Rumah! Wow! #FinClic

Q1 #FinClic RT @_way2go: “@mrshananto: Pengeluaran HariRaya : 1)THR 2)Beramal 3)Mudik 4)Open House/Kiriman 5)Baju Baru #FinClic” boleh diabisin ya? gak perlu nabung?

A2 Boleh habis. Mau disisihkan ditabung juga boleh. Yang gak boleh nambah utang baru :p

 

“Tapi saya gak dapat THR!” Kalau karyawan, THR itu HAK! Minta ke pemilik bisnisnya. Tapi kalau PNS, freelance, kerja sendiri, ya siapin THR! #FinClic

Q2 #FinClic RT @ambarinaika: Mbak @mrshananto, adakah strategi ngumpulin dana THR perusahaan untuk dbayarkan ke karyawan pas lebaran, soalnya kan 2x lipat pngeluaran bulanan :-)

A2. Buat yang punya Bisnis, harus menyiapkan dana untuk THR jauh-jauh hari. Caranya? Nabung bapak ibu sekalian! Ada rekening penampungan. #FinClic

 

RT @savicali: Sering menikmati #FinClic-nya @mrshananto. Sebagai kelas menengah cicilan yang gak tertib finansial gw mendapat banyak hal. :)

RT @arosrosidi: “@mrshananto: Yasud mari kita #FinClic yang standar dilakukan tiap tahun… bahas tentang THR! Are you ready?” yuhuuu, ready~

Siapa pun pilihan Presiden mu… pastikan kau urus itu THR mu! Jangan semena :) *lho tetap politik ya hahahahha* #FinClic

Buat para pemilik bisnis… pukpuk berjamaah! Karena bulan ini berarti pengeluarannya gedeeee yak! Transfer THR dan transfer gaji! #FinClic

Ok yuk periksa lagi… ada pengeluaran tahunan apa lagi sih selain Hari Raya? Cek dari Januari sampai Desember! #FinClic

THR dibayarkan 1-2 minggu sebelum Hari Raya. Di kantor gw, ditanya sih, mau THR nya kapan. Kesepakatannya pas Idul Fitri aja. #FinClic

#FinClic RT @mybothsides: Jadi ibadah Mbak :) “@mrshananto: Buat para pemilik bisnis. pukpuk! Karena bulan ini pengeluarannya gedeeee yak! Transfer THR dan transfer gaji!

RT @FendiArdha: Liburan @mrshananto: Ok yuk periksa lagi… ada pengeluaran tahunan apa lagi sih selain Hari Raya? Cek dari Januari sampai Desember! #FinClic

Yang gak ngerayain Idul Fitri, berhati-hatilah! Karena pengeluaran sekarang ada, nanti pas Hari Raya-mu sendiri ada juga lho! Musti dibagi! #FinClic

#FinClic RT @lucyudistira: @mrshananto daftar ulang sekolah anak, bayar pajak motor, mobil, PBB , bayar qurban #pengeluarantahunan

Misalnya merayakan Natal. Tim rumah tangga mau mudik, berarti THR bulan ini untuk bayar THR pekerja dan simpan juga untuk Natal Desember! #FinClic

Yang Muslim… bersiap juga… karena masa bisa mudik tapi… untuk Kurban gimana nanti? hmmmm gimana? keburu jadi tiket pesawat? :p #FinClic

Maksudnya dibayarkan 1-2 minggu sebelum Idul Fitri, bukan 1-2 minggu sebelum Natal. Jadi THR dibagikan berbarengan  @iamweirdboy RT THR dibayarkan 1-2 minggu sebelum Hari Raya. Di kantor gw, ditanya sih, mau THR nya kapan. Kesepakatannya pas Idul Fitri aja. #FinClic

RT @genduti: Yang tidak ber-THR pun harus simak :) @mrshananto: Yasud mari kita #FinClic yang standar dilakukan tiap tahun. bahas tentang THR! Are you ready?

THR ini termasuk Penghasilan Tahunan. Seharusnya ‘bergabung’ pengaturan dengan Penghasilan Tahunan lain : Bonus, Uang Cuti, dll. #FinClic

Sering gak matching antara Penghasilan Tahunan VS Pengeluaran Tahunan. Karena penerimaan dan pengeluaran beda bulan. #FinClic

Kalau gak punya duitnya gimana? Ya jawab dengan legowo (musti hati-hati pake kata ini sekarang yak hi3) : memang gak punya duitnya. Jadi sesuai kemampuan. #FinClic

#FinClic RT @mybothsides: Kalau kebutuhannya bakal banyak, ikhtiarnya ditambah, sedekahnya ditambah, ibadahnya ditambah.. *ngomongamacermin cc @mrshananto

Jadi kalau memang punya Rp1juta, merayakan Hari Raya sesuai kemampuan orang yang punya Rp1juta, bukan yang punya Rp10juta dalam khayalan :) #FinClic

Udah tahu kemampuannya baru beli motor, terus demi gaya pas Lebaran, beli mobil deh. THR jadi DP. Cicilan dan selanjutnya gimana? #FinClic

Atau… yang tau-tau liburan ke luar negeri. Padahal THR itu harusnya buat bayar cicilan utang. Aduh pusing gw ngasih tahunya kalau kayak gini. #FinClic

10 tahun lebih, sehari-hari ketemu orang dengan berbagai kondisi keuangan. Masih aja ada lho. Terima THR lalu euphoria! Bablas. #FinClic

KALAU GAK MUDIK GIMANA? Banyak yang sodaranya udah di satu kota kan. Berarti ada sisa banyak? Eits! Pada Liburan dong? Ngaku aja lah :)) #FinClic

#FinClic RT @MasFey: Colek @mrshananto RT @kompascom Perusahaan Harus Beri THR Pegawai Paling Lambat H-7 http://kom.ps/AFkqab 

Kasih THR 1-2minggu lah. Jangan terlalu mepet. Kasian kan mau pada kasih THR lagi ke pekerjanya di rumah, beli tiket mudik, liburan eh…

#FinClic RT @v4jr4: @mrshananto @ajiwar di Singapura, eksistensi gaji ke-13 itu tergantung kebijakan perusahaan. THR lebih dianggap sebagai bonus. Bisa ada, bisa enggak

Contoh yang Karyawan, THR diterima sesuai waktu. Pengeluaran Hari Raya cukup jelas time frame-nya. Strategi beda untuk non karyawan. #FinClic

#FinClic RT @mfahmia2705: @ajiwar setahu saya tidak, berdasarkan info teman-teman yang kerja di luar negeri.mesti hitung-hitungan untuk include THR saat nego gaji | @mrshananto

Kalau freelance, per project / self employed, seperti dokter / pemilik bisnis kecil, maka urusan timeframe CASHFLOW jadi super penting. #FinClic

#FinClic RT @masjawski: @mrshananto pengeluaran dalam setahun bisa dibagi 12, simpan di rekening penampungan. THR bisa utuh

CASHFLOW itu gak bisa mendadak pas mau Hari Raya aja… harus jadi kebiasaan :) Bahas dikit ya Cashflow dan Dana THR Non Karyawan. #FinClic

Untuk yang kerja per project. Bln ini mungkin terima 10 juta, bulan depan mungkin 0, bulan depan lagi 5 juta, dst. Ngatur THR-nya gimana? #FinClic

Gw sebut ini ‘struktur rejeki’. Tiap orang sudah ada kavling rejekinya masing-masing :) Datangnya pun dengan struktur yang beda-beda. Beda juga cara aturnya. #FinClic

#FinClic RT @ocheex: @mrshananto beli tiket mudiknya dah dari 2 bulan yang lalu dan saving sejak awal tahun :D

Jadi kalau ‘struktur rejeki’ nya gak tetap, Pengeluarannya dibikin tetap dulu aja. Kan kalau pengeluaran mah rutin tiap bulan ada terus. #FinClic

Kalau udah ketauan, pengeluaran Rp5juta, berapa pun penghasilan bulan depan yang terpakai ya hanya Rp5juta. Sisanya harus dipos untuk Back Up. #FinClic

Dengan pengeluaran yang tetap, penghasilan gak tetap, penting untuk punya Back Up Cash yang bisa dipakai untuk hidup bulan berikut + THR. #FinClic

Ligwina Hananto| CEO| @mrshananto

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch