Articles, Training

Bukan Sekadar Seminar! Ayo Bermain Games atau Konsul 1-on-1!

Edukasi keuangan untuk karyawan?

Ada banyak teknik lho. Bukan saja seminar atau training 1 arah. Kita bisa melaksanakan games, konsul 1on1 dan masih banyak teknik lainnya. Ini adalah metoda experiencial learning!

Selama ini banyak artikel untuk perorangan di website QM Financial. Belum banyak tentang program untuk korporasi. Senang rasanya kali ini saya mendapat kesempatan sharing tentang pengalaman saya mengatur kegiatan program edukasi keuangan di berbagai korporasi.

Peserta serius mendengarkan seminar yang dibawakan oleh Ligwina Hananto

Peserta serius mendengarkan seminar yang dibawakan oleh Ligwina Hananto

Banyak permintaan pelaksanaan seminar atau training yang datang ke QM Financial. Sebagian besar dari divisi HRD / SDM berbagai perusahaan. Beberapa ingin memberikan edukasi keuangan untuk karyawan. Tetapi beberapa memiliki keluhan serius. Misalnya betapa pusingnya tim HRD saat datang debt collector karena karyawan berhutang, survey pengajuan kredit hingga keluhan karyawan tentang gaji yang kurang.

Salah satu pengalaman yang berkesan bagi saya – mengatur program edukasi keuangan korporasi adalah saat kami datang ke sebuah perusahaan. Awalnya saya berpikir di sebuah perusahaan besar, para karyawan tentu mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Tentu para karyawan perusahaan tersebut akan sangat mapan hidupnya.

 Cashflow Games Card membuat peserta ikut merasakan bagaimana mengelola keuangan keluarga

Cashflow Games Card membuat peserta ikut merasakan bagaimana mengelola keuangan keluarga

Akan tetapi, saat pembicara dari QM Financial menyampaikan materi yang sangat dasar tentang pengelolaan uang, banyak sekali peserta yang mengaku belum mempratekkan dasar-dasar perencanaan keuangan. Ada yang masih berpikir menabung perlu dilakukan dari sisa gaji bulanan. Ada yang merasa besar pasak dari tiang. Ada juga yang belum mengerti pentingnya mencatatkan daftar harta dan utang minimal setahun sekali. Ini menyebabkan banyak peserta berusia di atas 35 tahun, yang seharusnya sudah mapan secara keuangan, bahkan tidak mengetahui peta kekuatan keuangan mereka.

Ada banyak teknik dalam menyajikan program edukasi keuangan untuk korporasi ini. Semua tentu saja didesain dengan cara yang sesuai mantra kami di QM Financial : Finance Should be Practical! Salah satu teknik yang sering kami gunakan dalam program edukasi keuangan korporasi adalah GAMES atau permainan. Contohnya, pembicara dari QM Financial mengajak peserta membagi antara “NEEDS VS WANTS”. Peserta mendapat kartu yang memuat jenis pengeluaran. Kemudian peserta memilih menempelkan kartu tersebut di kolom NEEDS atau WANTS. Pengetahuan ini sangat dasar dan sudah dipahami semua peserta, tetapi banyak peserta berkomentar bahwa prakteknya tidak semudah teori.

 "Jadi cicilannya apa saja?" Peserta asyik berdiskusi kelompok dalam permainan mengatur uang

“Jadi cicilannya apa saja?” Peserta asyik berdiskusi kelompok dalam permainan mengatur uang

Teknik lain yang juga digemari pihak HRD / SDM perusahaan adalah teknik Konsultasi 1on1. Pada sesi konsultasi 1on1 ini QMPlanner datang dan mendapat sebuah ruang privat untuk berdiskusi tentang keuangan karyawan. Konsultasi menggunakan metode terarah untuk membahas rasio keuangan pribadi karyawan yang bersangkutan. Konsultasi ini tentu saja bersifat rahasia dan tidak dilaporkan ke pihak HRD  / SDM. Pihak perusahaan hanya mendapakan laporan general dari kegiatan yang tidak menyebutkan identitas dan detil keuangan karyawan. Dengan cara ini karyawan bisa berdiskusi dengan nyaman dan mendapatkan action plan yang praktis dari QMPlanner.

Program edukasi keuangan ini tidak hanya kami laksanakan di perusahaan besar untuk karyawan perkantoran ibukota. Kami juga pernah melaksanakan program khusus buruh di Banten hingga Papua. Pengalaman tim QM Financial  menyusun program buruh ini sangat seru dan bermanfaat. Tapi tentu ini perlu dibahas di artikel terpisah!

Salah satu peserta yang sedang "curhat" masalah keuangannya kepada financial planner

Salah satu peserta yang sedang “curhat” masalah keuangannya kepada financial planner

Pelajaran paling berharga dari pengalaman menyusun program edukasi keuangan ini adalah : perlu bersyukur. Jumlah pun penghasilan yang kita peroleh ternyata bukan faktor utama mencapai kondisi keuangan yang sehat. Setiap karyawan perlu mendapatkan edukasi keuangan agar mampu mengatur berapa pun penghasilan yang mereka terima. Dengan berjalannya waktu dan berkembangnya karir, penghasilan meningkat, aset pun terus berkembang. Dengan finansial literasi yang baik, karyawan akan lebih fokus bekerja dan keluarga tenang tidak terbebani utang konsumtif.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengundang QM Financial untuk memberikan program edukasi keuangan di perusahaan Anda? Silakan mengirimkan email ke: info@qmfinancial.com – kami akan segera berkunjung ke kantor Anda!

 

Julfitri Dwi Handayani / @julfitridwi / Sales Project Officer

 

 


Satu tanggapan untuk “Bukan Sekadar Seminar! Ayo Bermain Games atau Konsul 1-on-1!”

  1. […] training Program Pensiun Dini di sebuah perusahaan di Jakarta. Dalam training tersebut ada sesi konsultasi 1on1 dan beberapa peserta sudah menceritakan tentang dana Jaminan Hari Tua (JHT) mereka yang tidak bisa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch