Practical Tips

4 Ide Benahi Keuanganmu Di Tahun 2017

Selamat Tahun Baruuu!

Biasanya di tahun yang baru, ada hal-hal yang ingin dicapai. Mungkin ada di antara kamu yang menargetkan promosi di kantor, merencanakan untuk melanjutkan kuliah, atau mungkin menginginkan untuk memiliki gaya hidup lebih sehat?

Nah, bagaimana kondisi keuanganmu di tahun yang baru ini? Masih memiliki utang kartu kredit? (semoga jawabannya TIDAK!) Apakah gajimu tidak pernah bersisa padahal kenaikan setiapnya jauh lebih tinggi dari inflasi? Sudah punya dana darurat? Sudah mulai berinvestasi?

Mumpung masih di awal tahun dan masih semangat, yuk coba ide-ide berikut ini untuk membenahi situasi keuanganmu!

  1. No-spending challenge

Tantang dirimu untuk melakukan no-spending challenge, dengan batasan-batasan yang bisa kamu buat sendiri.

Misalnya untuk jangka waktu satu bulan, tiga bulan, atau setahun sekalian (wow!) Atau misalnya, kamu akan berhenti membeli sepatu (kalau di lemarimu sudah ada tiga lusin sepatu, sebagian besar masih dalam kondisi baik, bahkan beberapa diantaranya belum terpakai). Percaya atau tidak, hampir setiap orang punya ‘titik lemah’ masing-masing. Ada yang ‘menimbun’ sepatu, tas, lipstik, atau bahkan lensa kamera atau gadget terbaru! Batasi pengeluaran semacam ini, beli hanya jika memang ada barang yang habis, atau perlu diganti.

Bisa juga, di tahun 2017 ini, kamu fokus untuk membeli ‘pengalaman’ dan ‘pengetahuan’ (contohnya mengikuti kelas atau distance learning untuk mempelajari skill baru, pergi ke daerah untuk menjadi sukarelawan kegiatan sosial), dan bukan membeli barang-barang baru.

  1. Berpikir kreatif, cari cara berhemat

Jika setiap hari kamu makan siang di restoran atau food court, coba sesekali bawa bekal ke kantor. Kalau kamu selalu naik taksi atau menyetir mobil ke kantor, sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan busway, ojek, kereta atau bergantian car-pooling dengan teman-teman. Cari cara kreatif menghabiskan akhir pekan, supaya budgetmu tidak jebol. Banyak lho, aktivitas seru dan bermanfaat yang biayanya murah, bahkan gratis.

Coba analisa pengeluaran bulananmu. Cek di pos pengeluaran mana kamu bisa sedikit mengorbankan kenyamananmu. Nggak perlu setiap hari, satu atau dua kali seminggu pun bisa mulai dicoba, kok!

  1. Cari penghasilan tambahan

Kamu pekerja kantoran? Atau mahasiswa? Atau ibu rumah tangga? Coba cari ide untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan. Gali hobimu, pergunakan network yang kamu miliki, asah otak bisnismu.

Memberi les ke murid SD? Berjualan martabak atau kue-kue buatan sendiri yang sering dipuji oleh teman-teman ketika arisan ? Menjadi reseller produk teman-teman? Kata orang bijak, di mana ada kemauan, di situ ada jalan, lho!

  1. Cari tahu lebih banyak tentang Personal Finance

Di jaman seperti sekarang ini, di mana teknologi sudah sedemikian maju, akses informasi terbuka lebar. Banyak cara untuk mengembangkan wawasan keuanganmu. Manfaatkan media sosial untuk follow influencer di bidang keuangan, baca-baca di web, cari teman atau saudara yang sudah mempraktekkan perencanaan keuangan dan belajar dari mereka. Kalau perlu, gunakan jasa perencana keuangan independen.

Coba tentukan satu (atau beberapa target) untuk pengetahuanmu tentang keuangan ini. Misalnya. tahun 2017 ini, kamu akan memiliki dana darurat yang cukup. Atau di tahun ini, kamu akan mulai berinvestasi di reksadana, atau akan membeli properti pertamamu, dan sebagainya.

Nah, itu beberapa ide sederhana untuk membenahi keuanganmu di tahun 2017. Kalau kamu ada ide lainnya, jangan segan-segan berbagi cerita, yaa! Tweet ke @qm_financial atau tinggalkan komentarmu di artikel ini.

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch