Articles

Bengkulu, Here I Come!

Awalnya, saya pergi ke Bengkulu murni untuk urusan pekerjaan. Sama sekali nggak terpikir untuk berwisata, apalagi hingga mengunjungi tempat bersejarah di sekitar kota Bengkulu. Namun karena ajakan spontan Bu Bos yang sangat menyukai sejarah, kami berkunjung ke rumah kediaman Bung Karno, di suatu siang bolong yang entah panasnya mencapai berapa derajat hingga kami hampir meleleh, hehe..

Singkatnya, sekitar tahun 1938 sampai tahun 1942, Bapak Proklamator RI Bung Karno pernah diasingkan ke Bengkulu. Selama masa pengasingannya di Bengkulu, beliau menempati salah satu rumah yang berlokasi di desa Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kabupaten Kota Bengkulu.

Rumah yang dibangun pada awal abad ke-20 ini awalnya adalah rumah milik Tan Eng Cian, seorang pengusaha supplier sembako di era pemerintahan kolonial Belanda. Desain rumah ini sangatlah sederhana, hanya berbentuk persegi dan berdinding polos, bukan rumah panggung seperti rumah adat Bengkulu lazimnya. Di dalam hanya ada beberapa ruangan, seperti ruang depan, tengah dan kamar tidur, serta

Ada beberapa hal menarik dan ikonik di dalam rumah ini, seperti duplikat sepeda ontel yang biasa dipakai Bung Karno untuk bepergian, buku koleksi beliau, hingga ranjang besi yang digunakan Bung Karno dan Ibu Inggit saat beliau mendiami rumah ini. Walaupun seluruhnya nampak usang, kesan istimewa tetap terasa.

Di bagian belakang rumah, terdapat sebuah sumur, yang konon katanya, jika kita mencuci muka dari air sumur tersebut, maka wajah kita akan nampak bersinar dan berwibawa seperti Bung Karno. Benar, nggak ya? Hehehe..

Setelah dijadikan museum, setiap harinya ada saja pengunjung, terutama dari luar kota. Di teras belakang tersedia warung kecil tempat menjual souvenir, makanan dan minuman khas Bengkulu. Terbalas sudah lelahku berjalan di terik matahari setelah mereguk minuman segar khas Bengkulu ini. Selamat berkunjung!

Nita Kurniawati / Sales

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch