Articles, Practical Tips

Cerita Ibu Modis (Modal Diskon) Belanja Seru di Akhir Tahun

Apa arti bulan Desember bagi kalian?

Kalau saya, Desember artinya merayakan kebersamaan dengan seluruh anggota keluarga. Yang berarti juga belanja untuk keperluan Natal dan Tahun Baru, liburan serta makan mewah. Saya bahkan menambahkan Desember waktunya juga untuk berbelanja keperluan Imlek. Pas banget kan di bulan Desember ini sale di mana-mana ditambah lagi ada hari belanja online nasional yang baru saja berlalu.

related article:  4 Tips Belanja Tanpa Bangkrut

Sebagai ibu modis (modal diskon), saya akan merasa hebat kalau bisa mendapatkan barang yang saya sukai dengan harga yang sangat murah. Dengan begitu, saya dapat memaksimalkan sejumlah uang yang dimiliki untuk membeli seluruh kebutuhan.

Saya tidak khawatir walaupun kelihatannya begitu banyak pengeluaran yang terjadi di bulan Desember karena saya sudah melakukan beberapa hal di bawah ini:

It’s All About The Money

Setiap kali Tunjangan Hari Raya (THR) turun saat menjelang Idul Fitri, saya selalu menyisihkan 10% untuk ditabung, memberikan THR untuk pekerja di rumah dan sisanya saya simpan di rekening pengeluaran tahunan untuk digunakan pada bulan Desember.

[Pengecekan] Saya akan memeriksa sisa uang di rekening pengeluaran tahunan yang sudah digunakan untuk membayar asuransi, STNK motor dan mobil, perawatan mobil, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), daftar ulang sekolah anak dan seragam serta buku sekolah anak. Sisa itulah yang menjadi anggaran saya untuk berbelanja kebutuhan Natal – Tahun Baru – Imlek.

[Pemisahan] Dari sana, saya akan memindahkan uang tersebut ke Magical Shopping Account. Sehingga pada saat tagihan kartu kredit tiba di bulan selanjutnya, saya tinggal membayarkannya secara langsung dari Magical Shopping Account.

related article: Alasan Perlunya Shopping Account

Checklist

Setelah memastikan ada uangnya untuk membayar tagihan yang akan timbul akibat belanja akhir tahun, saya akan membuat daftar belanjaan beserta anggarannya.

[Need VS Want] Mungkin kalian sudah terlalu sering mendengar tentang Need VS Want ini, dan memang ini adalah rambu-rambu untuk belajar membelanjakan uang dengan bijak. Need saya untuk bulan ini adalah berbelanja keperluan Natal – Tahun Baru – Imlek dengan anggaran Rp1.000.000

[Makan] Akhir tahun, artinya waktu berbelanja bahan makanan (bila memasak di rumah) untuk menjamu keluarga besar yang akan berkunjung atau makan di luar. Saya menganggarkan Rp700.000 untuk daftar makanan.

[Liburan] Setiap tahun, saya bersama keluarga besar suami pasti pergi liburan lokal ke kota yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Untuk ini, saya menganggarkan Rp3.500.000

[Bingkisan] Sudah merupakan tradisi saat Natal tiba kami bertukar kado. Harganya belum tentu mahal tapi yang terpenting adalah esensi untuk saling memperhatikan dan berkumpul bersama sebagai keluarga. Untuk ini, saya menganggarkan Rp300.000.

Riset

Mungkin kalian berpikir kalau untuk berbelanja saja saya sampai harus melakukan riset segala terlalu berlebihan. Tapi langkah ini saya pakai untuk bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai kebutuhan yang akan dibeli.

[Perbandingan] Penting untuk membandingkan harga antara offline atau online store yang menjual barang yang sama. Coba juga melakukan perbandingan harga antara dua barang yang memiliki fungsi yang sama. Mana tahu kalau ternyata barang yang selama ini dipakai ada versi lebih murahnya.

[Catat] Ingat juga untuk melakukan pencatatan terhadap pembandingan yang sudah dilakukan agar pembelanjaan benar-benar efektif.

Manfaatkan Reward

Ada begitu banyak penawaran pembayaran pembelian dengan menggunakan reward mulai dari penukaran poin kartu kredit, penukaran poin keanggotaan toko sampai langganan operator paska bayar. Manfaatkan semaksimal mungkin karena bisa jadi poin yang sudah terkumpul akan hangus menjelang pergantian tahun.

Bagaimana dengan kalian, apa yang sudah dilakukan dengan keuanganmu saat akhir tahun menjelang?

Apakah kalian mengalami kesulitan mengatur keuangan selama ini? Manfaatkan saja promo diskon 20% untuk konsultasi keuangan dengan QM Planner periode Des 2017 – Jan 2018 dan bikin janjinya melalui WA 08111500688 ya!

Honey Josep / Social Media


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch