#QMPlan, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Financial Plan, Practical Tips, QMTalk

Atur Uang Sejak Muda, Sejahtera Di Masa Tua

Buat yang berumur 30 tahun, saya mau tanya dong? Kalian punya kebiasaan baik apa dalam mengatur keuangan?

Kebiasaan baik mengatur keuangan ini harus dimulai sejak muda loh. Human is creature of habit. Siapa kita akan terbentuk dari cara kita hidup yang tentu saja terdiri dari berbagai kebiasaan baik, termasuk kebiasaan mengatur uang. Kebiasaan keuangan ini saat dilakukan selagi muda, akan terus terbawa hingga tua nanti. Kalau sejak muda sudah punya kebiasaan atur uang dengan baik, masa tua pun akan lebih sejahtera.

Kalau tadi saya tanya kalian punya kebiasaan baik apa dalam mengatur uang sejak muda, mungkin sekarang kalian ganti nanya: harusnya punya kebiasaan baik apa? Untuk yang berumur kurang dari 30 tahun, kita mulai dari yang basic dulu ya.

  1. Menghasilkan uang. Yang pertama adalah tentang pilihan hidup. Pilihan karir mana yang mau kamu jalani? Mau membangun karir di perusahaan top, kuliah lagi, atau mulai membangun bisnis sendiri? Pilihannya terserah kamu kok. Tapi ingat, setiap pilihan disertai konsekuensi loh, termasuk konsekuensi keuangan. Apapun pilihan karirmu, kamu tetap harus punya kemampuan menghasilkan uang ya
  2. Mengatur cash flow. Kalau sudah bisa menghasilkan uang, saatnya mengatur cash flow. Mulai dari yang sederhana dulu, biasakan menabung minimal 10% dari penghasilan. Menabung minimal 10% dari penghasilan ini kelihatannya sepele, padahal kenyataannya enggak. Mestinya gak berat kan nabung 10% dari penghasilan? Kalau gajinya Rp5.000.000, nabungnya Rp500.000. Kalau gajinya Rp10.000.0000, nabungnya Rp1.000.000. Kalau gajinya Rp30.000.000, nabungnya Rp3.000.000 dong. Matematikanya gampang, ternyata actionnya nggak loh. Ada saja yang merasa kesulitan menyisihkan 10% penghasilan untuk masa depan. Kalau kamu merasa masih susah menabung, mungkin karena kamu belum punya Tujuan Finansial. Tetapkan dulu #tujuanloapa? Mau liburan kah? Mau beli gadget baru kah? Atau mau nonton konser artis idola? Silakan hitung kebutuhan dananya berapa & berapa yang harus kamu sisihkan per bulan. Tiap bulan autodebet deh 10% dari penghasilan kamu ke rekening Tujuan Finansial.
  3. Punya rumah. Yang ketiga, mulai kumpulin DP untuk rumah. Tak perlu terburu-buru, yang penting mulai saja dulu. Millennials sekarang banyak yang belum pengen punya rumah loh, sukanya travelling. Gak papa kok kalau mau travelling, yang penting mulai dengan nabung dulu. Siapa tahu di tengah jalan kamu berubah pikiran. Dana Liburannya bisa dipake buat DP rumah.
  4. Siapkan pensiun. Keempat, mulai investasi senilai setengah pasang sepatu untuk Dana Pensiun. Kebutuhan dana pensiun kita itu besar loh. Kalau sekarang kamu berumur 30 tahun dengan pengeluaran Rp5juta per bulan, saat kamu pensiun nanti angka ini akan membengkak jadi Rp25juta per bulan. Kamu pun akan butuh Dana Pensiun sebesar Rp5M. Gede yah? Gak perlu khawatir, dengan berinvestasi sejak muda, dana yang kamu sisihkan bisa lebih kecil kok.
  5. Jaga lifestyle. Terakhir, liburan dan shopping-nya tolong dijaga! Ini masuknya kategori lifestyle ya. Kamu boleh alokasikan maksimal 20% dari penghasilan bulanan. Buat saja rekening khusus buat belanja. Isi dananya rutin tiap bulan. Kamu bebas belanja selama ada saldo di rekening ini. Asyik kan! Kalau mau liburan yang jauh, nabung dulu ya. Bikin rekening khusus Dana Liburan. Kamu boleh berangkat setelah dana di rekening mencukupi. Jangan sampai utang untuk Dana Liburan ya. Prinsip utang itu periode penggunaan asetnya harus lebih lama dari periode cicilan. Gak oke banget ke Raja Ampat seminggu tapi nyicil tiketnya 12 bulan. Keren di medsos, gak keren di dompet. Hihihi.

Itu tadi 5 kebiasaan baik keuangan sejak masih muda. Kebiasaan baik mana saja yang sudah kamu lakukan?

Kamu bisa ikuti cerita-cerita finansial seru lainnya bersama Ligwina Hananto di PowerTalk, PowerYourMoney. Setiap Senin jam 20.00-21.00 WIB di 89.2 FM radio PowerFM Jakarta. Buat yang di luar kota, kamu juga bisa mendengarkan siaran yang sama di 13 kota besar di Indonesia. Follow instagram dan twitter @QM_Finansial untuk info detailnya ya!

QM Admin

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch