100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Topik Terkini

Beli Rumah VS Traveling: Pilih Mana?

Menurut kamu mending beli rumah dulu atau mendingan traveling dulu? Bagi para anak lama, jawaban dari pertanyaan ini akan sangat telak: ‘Ya rumah dulu lah’. Tapi bisa berbeda untuk millenials. Untuk millenials, beli rumah itu bisa jadi sesuatu yang menakutkan. Apalagi standar sekarang, beli rumah itu enggak dapat banyak likes di Instagram. Kalau travelling kan dapat konten menarik untuk masuk medsos. Kamu berpendapat yang sama kah?

Padahal punya rumah sendiri itu adalah bagian penting dalam sebuah financial plan. Mempunyai rumah sendiri adalah simbol kemandirian. Dengan mempunyai  rumah sendiri, kita juga bisa mendukung perekonomian negeri. Karena dari setiap rumah yang terjual, banyak lapangan pekerjaan terbuka, banyak bahan bangunan yang digunakan, dan ada kredit rumah yang tersalurkan.

Yang perlu diwaspadai, harga rumah ini makin lama makin mencekik loh. Kenaikannya jauh lebih tinggi daripada harga tiket pesawat ☺ . Gak mau kan nanti pas udah berumur 40-an masih ngontrak?

Boleh kok traveling. Tapi travelingnya pake PLAN ya. Jalan-jalannya yang terencana dan sudah disiapkan dananya. Jangan sampai feed Instagram bisa jadi keren karena jalan-jalan terus tapi saldo rekening tergerus.

Coba, kamu pengen liburan kemana dan kapan? Kita buat tujuan finansial dana liburan. Misalnya tahun depan mau liburan ke Bangkok, butuh dana Rp12.000.000. Kamu punya waktu setahun untuk mengumpulkan dananya. Kalau periodenya hanya setahun, nabung aja cukup sih. Untuk mendapatkan dana liburan sebesar Rp12.000.000, kamu bisa menabung Rp1.000.000 per bulan selama 12 bulan.

Jadi, kalau kamu sekarang belum berminat membeli rumah dan masih ingin jalan-jalan, silakan. Tapi mulai nabung dulu ya. Siapa tahu dalam 1 tahun atau lebih kamu berubah pikiran. Tahun berikut mungkin sudah tertarik untuk beli rumah. Nah uang hasil nabung untuk liburan ini bisa dialihkan jadi DP rumah!

Dan ini kejadian beneran ya. Dalam salah satu studi kasus yang dibahas Ligwina Hananto, dana liburan ini bisa beralih jadi DP apartmen loh!

Sebut saja namanya Ayu. Setelah setahun mengumpulkan dana liburan, Ayu merasa udah kebanyakan jalan-jalan. Setahun kemudian Ayu merasa lebih berani untuk punya rumah pertamanya!

Mulainya hanya dari niat mau liburan, tapi nabung dulu. Buat si Ayu, malah berbuah bisa beli apartemen. Bahkan sekarang Ayu mau beli apartemen lebih besar. Apartemen lamanya dijual dan dijadikan DP untuk apartemen kedua.

Kamu pengen seperti Ayu? Yang penting adalah mulai nabung aja dulu. Mulai dengan tujuan yang kamu suka; nanti kalau berubah pikiran dan sudah berani uang ini bisa dialihkan jadi DP. Jadi, liburan jalan terus, rumah pun tetap terbeli. Seru kan!

Mau tau lebih banyak pembahasan tentang topik-topik finansial? Yuk ikutan, Financial Clinic Online Series. – kelas finansial online yang memungkinkanmu belajar finansial di mana saja. Cek jadwalnya di event.qmfinancial.com dan ikuti terus updatenya di IG @qm_financial.

QM Admin


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch