Articles

Lebaran Tiba, Ayo Cek Semua Persiapannya!

H-1 menjelang lebaran! Apakah kamu sudah siap menyambut lebaran? Mulai dari cashflow, tagihan-tagihan, semuanya harus dibereskan. Yuk kita cek persiapan lebaran agar bisa liburan dengan tenang.

Amankan cashflow

Keperluan lebaran sudah dicover dari THR. Untuk kebutuhan harian pun seharusnya bisa dicukupi dari gaji bulanan. Beruntung, saat masuk sesudah libur bekerja kita akan kembali menerima gaji. Jadi mestinya cashflow aman ya.

Lunasi tagihan bulan Juni

Saat liburan, kita akan hanyut dalam suasana santai saat menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Sebelum terlena, cek pengeluaran rutin bulan Juni. Mulai dari tagihan kartu kredit, KPR, kredit kendaraan, utilitas rumah (listrik, air, TV berlangganan), hingga kewajiban lain yang jatuh tempo terkait anak seperti uang daftar ulang sekolah, uang seragam, buku dll. Apakah semua sudah dibayarkan?

Cek keperluan lebaran

Cek kembali kebutuhan lebaran seperti zakat, THR pekerja di rumah, tukar uang untuk salam tempel, keperluan mudik dan keperluan lebaran lainnya seperti kue dan baju lebaran.

Baca juga: THR Tiba, Saatnya Kelola untuk Hari Raya

Semoga semua sudah sesuai dengan yang direncanakan dan dianggarkan. Jika masih ada sisa dana, manfaatkan untuk dana darurat. Kalau ternyata kurang, lihat lagi daftar pengeluaran. Mana saja pos yang bisa dikurangi. Selalu sesuaikan dengan kemampuan keuangan kita ya. Jangan sampai besar pasak daripada tiang! Sebuah nasehat sederhana yang ternyata bagi sebagian orang sulit untuk diterapkan. ☺

Saat Hari Raya, ada satu fenomena yang membuat prihatin. Momen Lebaran di kampung halaman kadang disalahgunakan untuk menunjukkan bahwa ‘saya sukses’. Semacam pamer bungkusan kosong yang rutin dilakukan setahun sekali. Ini adalah bom waktu yang siap meledak. Mereka tidak sadar sedang menggali masalah keuangan yang lebih berat. Kerja keras demi lebaran kelihatan hebat. Habis lebaran, kembali lagi ke nol. Artinya, mereka enggak jujur sama diri sendiri.

Solusinya gak bisa instan, perlu proses yang panjang. Yang penting sadar diri dulu. Kalau memang belum mampu, batasin dulu mudik, bingkisan lebaran dan shoppingnya. Yuk belajar untuk hidup sesuai dengan kemampuan.

Selamat Lebaran!

QM Admin

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch