100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Practical Tips

Siap Pindah Dari Pondok Mertua Indah

Memiliki rumah sendiri menjadi tujuan utama pasangan yang baru menikah. Masalahnya, harga rumah yang terus naik membuat sebagian orang kesulitan membeli rumah pertamanya. Beberapa pasangan memilih untuk kontrak rumah. Sebagian lagi memilih tinggal di pondok mertua indah, sembari mengumpulkan dana untuk DP (down payment) rumah. Ingin segera pindah dari pondok mertua indah? Yuk siapkan Dana Rumah Pertama!

Diskusi dengan pasangan

Membeli rumah adalah sebuah keputusan keuangan yang besar. Oleh karena itu, penting untuk mendiskusikan dengan pasangan, di mana kalian akan tinggal. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti harga rumah, jarak dengan tempat kerja, juga fasilitas pendukung seperti sekolah, rumah sakit dan tempat perbelanjaan.

 

Survey lokasi

Sudah menyepakati lokasi dengan pasangan? Lanjut dengan survey ke lokasi. Cek pilihan transportasi yang tersedia dan kondisi lingkungan sekitarnya seperti apa. Kamu dan keluarga akan tinggal di sana untuk waktu yang lama. Pastikan kalian menyukai propertinya.

 

Cek sistem pembayaran

Setelah menemukan properti yang diinginkan, datangi pengembangnya. Cek sistem pembayaran yang tersedia. Biasanya, ada dua macam pembayaran yang tersedia: cash (keras & lunak) serta KPR. Kalau memutuskan untuk mengambil KPR, sebaiknya cari bank yang sudah bekerja sama dengan pengembang untuk mempermudah proses. Cek juga bunga KPR yang dikenakan. Ada yang menerapkan bunga fixed beberapa tahun pertama kemudian floating, ada juga juga KPR Syariah yang bunganya flat. Silakan pilih yang paling meringankan. Pastikan sistem pembayaran tersebut sesuai dengan kemampuan kita.

 

Hitung biaya yang diperlukan

Untuk yang membeli dengan menggunakan KPR, hitung pembayaran pertama yang akan terjadi seperti DP (berkisar 30% dari harga rumah), biaya notaris, cicilan pertama dan pajak yang harus dibayarkan. Perhatikan kemampuan mencicil kita setiap bulannya. Jangan sampai cicilan rumah membuat cashflow bulanan berantakan. Maksimal cicilan adalah 30% dari gaji per bulannya. Kalau ternyata sudah ada cicilan lain seperti kendaraan sebesar 10% dari gaji maka kita bisa hanya mencicil rumah yang besar cicilan perbulannya sebesar 20% dari gaji kita per bulan. Kamu bisa hitung estimasi jumlah DP dan cicilan bulanan KPRmu di sini http://plan.id.

Ayo wujudkan mimpi miliki properti sendiri agar bisa segera pindah dari pondok mertua indah.

Ingin mendapatkan informasi seputar pengelolaan keuangan lebih lanjut? Kamu bisa mendengarkan siaran Financial Talk bersama QM Trainer Titis Syahluddin di Move On Pagi Radio DFM Jakarta 103.4 FM setiap Kamis jam 8 pagi.

Honey Josep


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch