Practical Tips

Ini Caranya Agar Berkurban Terasa Ringan

Hari ini umat muslim di seluruh dunia merayakan Iduladha atau yang lebih dikenal dengan Idulkurban. Bagi umat muslim yang mampu disunahkan untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk membeli hewan kurban, bisa berupa sapi atau kambing.

 

Apakah ada diantara kamu yang tahun ini belum bisa melaksanakan sunah tersebut? Jangan bersedih, mari niatkan untuk bisa berkurban tahun berikutnya. Terkadang kita menyepelekan dana ini karena kegiatannya yang hanya berlangsung setahun sekali. Ketika masanya datang, kita kaget karena dananya besar. Berkurban pun jadi terasa berat. Karenanya, perlu strategi khusus agar dana kurban tak mengganggu arus kas bulanan. Ini dia cara mudah agar berkurban terasa ringan.

 

Tujuan Lo Apa?

 

Apa target kurban Iduladha kamu tahun depan? Kamu bisa survei harga dulu tahun ini berapa harga kambing atau sapi per ekor. Bila kamu berniat kurban kambing, maka kamu perlu menyiapkan dana pembeliannya jauh-jauh hari supaya tidak mengganggu arus kas bulanan. Contoh asumsikan saat ini harga kambing Rp3.500.00 per ekor. Bila menghitung inflasi, estimasi tahun depan harga kambing dengan spesifikasi yang sama menjadi Rp3.800.000 – Rp4.000.000. Sapi tahun ini rata-rata harganya Rp 21.000.000 per ekor, dengan inflasi tahun depan harganya bisa menjadi Rp23.000.000 per ekor. Dengan target dana sebesar itu, kamu bisa memulai langkah pengumpulan dana dari jauh-jauh hari.

 

 

Cek Kemampuan Keuangan

 

Sesuaikan pilihan hewan kurban dengan kemampuan keuanganmu, sehingga niat kamu beribadah kurban tahun depan bisa terwujud tanpa memaksakan diri sehingga tujuan lain terbengkalai. Cara mudah lain jika kamu ingin berkurban sapi, namun kemampuan terbatas – jangan khawatir karena sekarang banyak sekali masjid yang menawarkan tabungan kurban bersama atau patungan sekeluarga untuk membeli sapi berjumlah 7 orang per ekor.

 

Membeli hewan kurban pada dasarnya adalah bagian dari pengeluaran tahunan, bisa dari pendapatan bonus tahuanan ataupun THR. Kamu juga menyisihkan dana kurban dari pengeluaran bulanan.

 

Mulai Menyisihkan

 

Agar bisa berkurban setiap tahun, kita perlu memiliki persiapan yang baik. Melalui cara menabung atau menyisihkan uang setiap bulan sebelum masa kurban datang ataupun menyisihkan dari penghasilan tahunan. Jika pengeluaranmu saat ini benar-benar terbatas, mari kita cek ulang apa yang bisa dikurangi terlebih dahulu, misalnya dari pos lifestyle.

 

Jika kamu ingin menyisihkan dari pengeluaran bulanan, dengan target  kurban kambing tahun depan seharga Rp4.000.000 kamu bisa menabung Rp333,334 per bulan. Kamu juga bisa berinvestasi di produk dengan risiko rendah seperti reksadana pasar uang. Dengan target imbal hasil 5% per tahun, kamu cukup menyisihkan Rp325,763 per bulan. Apa arti uang ini buatmu? Mungkin sekali jalan-jalan atau makan di luar sekeluarga saat weekend? Dengan mengurangi sedikit pos lifestyle, kamu mampu kok berkurban.

 

Dengan niat dan perencanaan keuangan yang baik, kamu bisa memastikan diri melaksanakan ibadah kurban setiap tahun.

 

Risma Prismayani / Financial Trainer

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch