#KidsNMoney, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Financial Planning For Kids, Practical Tips, Topic of The Month, Topik Terkini

Pramuka Juga Bisa Jadi Jagoan Finansial

Selamat Hari Pramuka!

Kalian tentu sudah kenal dengan Pramuka, kepanjangan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Sikap seorang Pramuka dirumuskan dalam Dasa Dharma Pramuka. Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang Pramuka adalah hemat, cermat dan bersahaja.

Lalu, bagaimana caranya kita mengajarkan anak agar memiliki kebiasaan sehari-hari yang berkaitan dengan “hemat, cermat dan bersahaja”?

Jagoan Finansial punya tipsnya yang dikenal dengan konsep MBBM!

M yang pertama, Menghasilkan Uang. Anak diajak untuk berpikir kreatif bagaimana caranya menghasilkan uang yang halal atau mengelola uang sakunya. Dimulai dari menyewakan buku bacaan, menjadi guru les, menjadi babysitter paruh waktu dan lainnya. Dari sana, anak akan memiliki pola pikir apabila ingin mendapatkan uang harus berusaha.

B yang pertama, Berbelanja. Dari kumpulan uang saku maupun hasil pekerjaannya, ajarkan anak untuk berbelanja. Jangan salah, berbelanja pun ada langkah-langkahnya lho! Dimulai dari menentukan barang apa yang mau dibeli. Dampingi anak untuk menentukan mana yang merupakan kebutuhan serta mana yang merupakan keinginan. Anak dapat memilih sesuai dengan pertimbangan yang dibuatnya. Kalau saat ini uang dibelanjakan untuk keinginan semata, orangtua cukup mengingatkan akan konsekuensi pilihannya. Misal anak menggunakan uangnya untuk nonton konser maka uangnya akan berkurang untuk jajan saat liburan nanti. Setelah menentukan barang apa yang mau dibeli, ajak anak untuk membandingkan harga, siapa tahu di toko sebelah harganya lebih murah.

B yang kedua, Beramal. Dengan beramal, anak sedang belajar untuk mensyukuri segala nikmat yang dimilikinya dan mengasah empati terhadap sesamanya. Nilai seperti ini yang harus terus-menerus ditanamkan kepada generasi sekarang dan di masa depan.

M yang terakhir, Menabung. Agar anak semangat menabung dan tidak tergoda menjebol tabungannya untuk hal yang tidak penting, ajak anak untuk menentukan tujuan dari tabungannya beserta nilai besarannya. Dari hal ini, anak akan belajar untuk memiliki batasan berupa waktu dan pengendalian diri.

Untuk membantu anak mengenal konsep MBBM, kini sudah hadir permainan Labirin Jagoan Finansial yang bisa didapatkan di LABIRIN JAGOAN FINANSIAL.

Ayo jadi pramuka yang hemat, cermat dan bersahaja dengan MBBM. Pramuka juga bisa kok jadi Jagoan Finansial. ☺

Honey

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch