#QMTraining, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Financial Plan, Notes from My Events, Practical Tips

Pekerja Migran Indonesia Bisa Menabung Dengan Tujuan

Siapa di antara kalian yang sejak kecil sudah diajarkan untuk menabung oleh orangtua? Tentunya sebagian besar kita akrab dengan peribahasa “Hemat Pangkal Kaya” dan sudah mengenal proses menabung sejak kecil.

Anehnya, ketika dewasa, seharusnya proses menabung bisa semakin mudah dan advanced pada kenyataannya tidak pernah sukses. Apa yang salah ya? Jawabannya adalah karena kita diajarkan menabung tapi tanpa tujuan sehingga proses menabung menjadi hal yang seringkali disabotase oleh diri sendiri.

Kalau minggu lalu kita membahas tentang Tips Cara Mengatur Gaji Bagi Pekerja Migran Indonesia, kali ini QM Financial akan memberikan tips bagi setiap pembaca khususnya pekerja migran Indonesia untuk bisa menabung dengan tujuan.

Tentukan Tujuan Menabung

#TujuanLoApa merupakan jargon serta pertanyaan yang seringkali dilontarkan lead trainer QM Financial, Ligwina Hananto setiap kali menjadi narasumber pelatihan keuangan. Dengan tahu tujuanmu apa maka kamu bisa dengan mudah menentukan langkah finansial seperti apa yang akan diambil. Tujuan keuangan sederhananya merupakan mimpi yang ingin kamu raih.

Tujuan keuangan harus memiliki 3 elemen yaitu Judul + Jumlah Uang + Jangka Waktu.

Contohnya tujuan keuangan Dana Darurat sebesar 3x gaji per bulan atau pengeluaran rutin per bulan yang akan tersedia dalam satu tahun. Dana Darurat merupakan Judul dari tujuan keuangan.  Jumlahnya adalah sebesar 3x gaji bulanan dan jangka waktunya 12 bulan atau satu tahun.

Dari artikel Tips Cara Mengatur Gaji Bagi Pekerja Migran Indonesia, kita bisa melihat bahwa gaji per bulan sebesar HKD4.000 dan pengeluaran rutin HKD2.800. Akan lebih mudah untuk menyediakan Dana Darurat dengan dasar pengeluaran rutin per bulan HKD2.800 sehingga total jumlahnya adalah HKD8.400. Kalau kau ingin mencapai Dana Darurat sebesar HKD8.400 dalam waktu 12 bulan maka kamu bisa menabung sebanyak HKD700 per bulan. Mudah bukan?!

Sisa uang gaji per bulan yang dapat ditabung sebesar HKD1.000 (lihat artikel Tips Cara Mengatur Gaji Bagi Pekerja Migran Indonesia), artinya setelah menabung untuk Dana Darurat HKD700 maka masih ada HKD300 yang bisa digunakan untuk tujuan keuangan lainnya sehingga akan lebih banyak tujuan keuangan yang dapat diraih dengan sumber dana yang terbatas.

Jadi, kamu sudah bisa menentukan tujuan keuangan (mimpi) yang ingin diraih? Gambar berikut mungkin bisa membantu kamu juga untuk mengerti cara menabung dengan tujuan.

Tertarik untuk mengundang QM Financial untuk memberikan program edukasi keuangan di perusahaan kamu? Sila WA ke 0811 1500 688 (NITA/MIA)

-QM Admin-


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch