Articles, Practical Tips

Belanja Cerdas di Era Digital

Siapa sih yang belum pernah belanja seumur hidupnya? Tentu saja semua pernah melakukan transaksi memperoleh sebuah barang atau jasa dengan membelinya alias belanja. Dan terutama perempuan punya kecenderungan hobi berbelanja bahkan sebagian menganggap belanja bisa menjadi alternative hiburan tersendiri. Apalagi kalau pusat perbelanjaan atau situs belanja mengadakan program diskon, bisa dipastikan mereka yang senang belanja tidak akan melewatkannya.

Belanja memang kebutuhan tetapi bukan berarti kamu menjadi boros. Kamu harus menjadi konsumen yang cerdas dan berbelanja dengan cara yang pintar. Lalu, bagaimana cara berbelanja yang cerdas? Simak tipsnya berikut:

Kebutuhan VS Keinginan. Belakangan ini, saya sering sekali melihat di linimasa media sosial tentang gerakan untuk menghabiskan semua produk yang sehari-hari dipakai. Kesadaran untuk memakai sampai habis baru membeli sebenarnya sudah saya terapkan sejak mulai bekerja. Hal ini juga pada akhirnya memberikan gambaran yang jelas mengenai barang apa saja yang memang dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan. Coba deh kamu juga lakukan gerakan beli hanya bila sudah habis dan butuh,  karena hal ini juga akan berdampak dengan kondisi keuanganmu. Kamu hanya membelanjakan uangmu untuk hal yang memang menjadi kebutuhanmu dan bukan hanya hasrat semata.

baca juga: Berkunjung Ke Negeri Lee Min Ho

Multifungsi dan Timeless. Agar tidak boros, sebaiknya kamu memilih barang yang multifungsi dan timeless. Misalnya membeli busana yang dapat dikenakan sepanjang tahun dengan desain klasik  agar kamu dapat memakainya tanpa harus berbelanja busana baru lagi. Kalau pun terpaksa harus membeli, coba pertimbangkan untuk membeli busana second atau menyewa pakaian dengan keanggotaan tertentu. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan busana baru tanpa perlu menjadi penyumbang karbon untuk bumi.

Riset. Sebelum berbelanja, buatlah terlebih dahulu daftar barang apa saja yang ingin kamu beli. Hal ini diterapkan agar kamu tidak boros dan belanja sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan. Bandingkan harga barang yang ingin dibeli baik lewat toko fisik maupun toko digital. Perhatikan juga ongkos kirim apabila kamu berbelanja melalui platform digital.

Ada Uangnya. Untuk bisa berbelanja dan tanpa menjadi merana setelahnya, kamu perlu memastikan kalau punya uangnya. Jangan delusional atau halu, kalau tidak ada uangnya, tahan diri sampai kamu memiliki uangnya. Buat rekening belanja terpisah yang bisa kamu namakan Magical Shopping Account untuk membiayai hobi belanjamu. Boleh belanja hanya bila ada saldo yang cukup di rekening ini!

Manfaatkan Reward Point, Voucher dan Diskon. Supaya Magical Shopping Account dapat dimaksimalkan untuk belanja, manfaatkan reward point  yang dihasilkan dari transaksi kartu kredit maupun ewallet. Kamu juga bisa membeli voucher agar pembayaran belanjaan menjadi hemat. Perhatikan juga diskon yang ditawarkan, dan ingat untuk berhitung secara cermat agar diskon maksimal memberikan keuntungan bagi kamu.

Selamat Berbelanja dan Selamat Hari Konsumen Nasional!

-Honey Josep-


Satu tanggapan untuk “Belanja Cerdas di Era Digital”

  1. […] Cari pembanding Sebelum kamu memutuskan membeli barang apa pun di online shop, carilah pembanding baik harga maupun kualitas pelayanan sebelum dan sesudah belanja. Cek lagi apakah barang yang sama memiliki harga yang lebih murah di situs lain. Cari tahu juga adakah penawaran menarik di offline store. Semakin sering kamu mencari pembanding, semakin kamu mengabaikan barang yang ternyata hanya keinginan saja. baca juga: Belanja Cerdas di Era Digital […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch