Articles, #QMTraining, Event Review, Training

3 Strategi Sehat Finansial

Selama ini, citra yang terbentuk jika bekerja di bank adalah berpendapatan besar. Anggapan tersebut menimbulkan asumsi bahwa dengan besarnya pendapatan maka pengelolaan keuangan pribadi akan menjadi lebih mudah sehingga sehat finansial terwujud. Tetapi pada kenyataannya, profesional muda mengalami kesulitan mengelola keuangan pribadi yang disebabkan oleh gaya hidup konsumtif.

Ligwina Hananto, lead financial trainer memberikan pelatihan strategi sehat finansial bagi 30 karyawan Bank Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG) Divisi Account Service dan Credit Operation.

3 Strategi Menuju Sehat Finansial Setiap Bulan Bahkan Masa Tua

Strategi Arus Kas. Agar sehat finansial, cashflow merupakan elemen penting dalam yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan pribadi pada suatu periode. Langkah awal untuk dapat menerapkan strategi arus kas, kamu harus melakukan financial check up dengan melengkapi dokumen Neraca dan Arus Kas. Dari data keuangan tersebut, ada 5 rasio keuangan yang dapat mengkonfirmasi kesehatan finansial seseorang.

RASIO KEUANGAN PRIBADI

NO Rasio Keuangan Batasan Keterangan
1 Liquidity Min 4x Aset Lancar / Pengeluaran Bulanan
2 Liquid Asset to Net Worth Min 15% Aset Lancar / Net Worth
3 Debt to Asset Max 50% Total Utang / Total Aset
4 Debt Service Max 30% Total Cicilan Utang / Penghasilan Bulanan
5 Net Investment Asset To Net Worth Min 50% Asset Investment / Net Worth
6 Saving Min 10% Tab+Inv+Sisa Penghasilan per bulan/Penghasilan bulanan

Baca juga: 5 Resep Masalah Cashflow

Strategi Investasi. Apakah kamu sudah melakukan investasi? Apakah kamu tahu jenis investasi apa yang sedang kamu lakukan? Setidaknya ada 2 jenis strategi investasi yang dapat dilakukan agar sehat finansial, Akumulatif dan Generatif. Investasi akumulatif dilakukan untuk mencapai tujuan finansial dan juga tujuan keuangan yang nilainya besar sehingga kamu mengharapkan pertumbuhan dana yang cepat tapi disesuaikan dengan profil risikomu. Sedangkan investasi generatif merupakan investasi membangun aset yang bisa menghasilkan uang (passive income).

Baca juga: Kamu tahu investasi apa yang sedang dijalankan?

Strategi Aset Aktif. Aset aktif adalah aset yang kamu dapatkan tanpa harus bekerja, sehingga memberikan penghasilan pasif. Memiliki aset aktif juga merupakan salah satu wujud dari strategi investasi generatif. Kemudian strategi aset aktif dibagi menjadi 3, yaitu Surat Berharga, Properti dan Bisnis.

Baca juga: #FinClic Aset Aktif

Nah, bagaimana, cukup mudah bukan untuk menerapkan 3 strategi sehat finansial?

Kamu punya kebutuhan pelatihan finansial seperti apa? Sila hubungi tim QM Project di 0811 1500 688 untuk mendiskusikan program sesuai kebutuhanmu. Atau mengikuti kelas finansial online di event.qmfinancial.com

-Nita Kurniawati-


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch