Articles, #finclic, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Practical Tips, puasa, ramadhan, THR, Topic of The Month, Topik Terkini, zakat

#FinClic Pengeluaran di Bulan Puasa

Sebenarnya semua orang sudah tahu di bulan puasa apa yang terjadi tapi banyak yang tidak sadar sebegitu besarnya perubahan yang terjadi di dalam kehidupan saat menjalankan puasa penuh selama 30 hari.

Pengeluaran Yang Berubah Di Bulan Ramadan:

Pengeluaran Sehari-hari. Karena sedang berpuasa 30 hari penuh, maka pengeluaran yang terasa perbedaannya adalah pengeluaran sehari-hari yang digunakan di bukan bulan puasa. Misalnya kalau kamu pekerja kantoran, ada pengeluaran untuk makan harian dan biaya meeting di café otomatis akan hilang. Seharusnya terjadi penghematan di pengeluaran rutin tapi harus kamu sadari bahwa pengeluaran tersebut hanya bergeser menjadi pengeluaran untuk berbuka puasa di rumah. Banyak yang mengeluh kalau pengeluaran rutin di bulan puasa lebih besar maka perlu diperhatikan apakah ada pengeluaran rutin lainnya yang turun. Nah anggaran pos pengeluaran yang turun ini dipindahkan untuk menambahkan pos berbuka puasa di rumah.

Lapar mata. Apabila kamu dalam keadaan lapar karena berpuasa sehari penuh, disarankan untuk tidak berbelanja makanan karena akan berbelanja lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Buka bersama (bukber). Tidak semua undangan berbuka bersama harus dihadiri dan tidak semua buka puasa harus diisi dengan makan. Jadi, bisa saja dalam satu hari kamu mendatangi 2 lokasi berbuka bersama yang berbeda sehingga boleh dong kamu makan di lokasi pertama dan di lokasi kedua, cukup bersilahturahmi. Kamu perlu tahu kalau pengeluaran bukber merupakan pengeluaran lifestyle. Sehingga saat kamu merasa sudah berhemat cukup banyak karena tidak makan siang di bulan Ramadan tetapi merasa pengeluaran tetap besar bisanya ini terjadi karena kamu tidak mengendalikan badai bukber yang ada. Kamu bisa menentukan bukber mulai dari biaya transportasi, frekuensi bukber dan anggaran bukbernya.

Belanja Kebutuhan Idul Fitri. Nah ini nih yang cukup bikin keuangan agak tercekik karena Tunjangan Hari Raya (THR) belum masuk tapi kamu sudah harus belanja kebutuhan Lebaran. Kamu bisa menggunakan uang untuk pengeluaran bulanan terlebih dahulu utnuk memenuhi kebutuhan Hari Raya atau menunggu sebentar saja sampai THR masuk ke rekening untuk berbelanja.

Oh ya, ingat juga untuk zakat di bulan Ramadan ya! Kalau kamu ingin lebih banyak tahu mengenai zakat, ikutan aja kelas Financial Clinic Online Series (FCOS) Islamic Financial Planning, Jumat 17 Mei 2019. Pendaftaran: event.qmfinancial.com

-Honey Josep-


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch