Kompensasi dan Benefit, Korporasi

5 Tip Merencanakan Outing Kantor So Everyone Is Happy!

So, setelah membaca manfaat dan beberapa ide outing kantor di artikel-artikel sebelumnya, sekarang jadi kepikiran untuk ajak karyawan-karyawan di perusahaan Anda untuk liburan juga?

Kalau iya, coba ikuti beberapa tip mempersiapkan outing kantor berikut ini, agar tepat sasaran, bermanfaat, and make sure everyone is happy.

 

5 Tip Mempersiapkan Outing Kantor yang Seru Abis!

5 Tip Merencanakan Outing Kantor So Everyone Is Happy!

1. Ketahui kebutuhan karyawan

Yang pertama harus diketahui adalah apa sih yang dibutuhkan oleh karyawan? Mau outing kantor sekadar jalan-jalan aja untuk refreshing? Atau jalan-jalan sembari memperkuat bonding satu sama lain? Atau mau jalan-jalan untuk mencari inspirasi dan referensi?

Untuk itu, mungkin pihak perusahaan bisa mengadakan dialog dengan para karyawan untuk mendapatkan masukan dan mendengarkan pendapat mereka. Bisa langsung saja ajak diskusi, atau bagi angket, polling, atau kuesioner. Prinsipnya, gali informasi.

Memang akan sulit sih untuk bisa memenuhi keinginan setiap karyawan. Pasti deh beda-beda. Ini nggak masalah sih sebenarnya. Pihak perusahaan bisa mengambil saja opini paling populer atau opsi yang paling banyak dipilih.

 

2. Tentukan agenda

Selanjutnya, tentukan agenda; mau berangkat kapan–bisa disesuaikan dengan workload di kantor–naik apa, dan kalau menginap, siapkan juga akomodasi dengan saksama.

Makanannya jangan lupa untuk juga diperhatikan. Karena perut kenyang itu jaminan kebahagiaan semua orang. Kalaupun diajak senang-senang, tapi makanannya tak memuaskan, pasti ada yang terasa kurang. #heyitrhymes!

Jika ada karyawan yang mau mengajukan diri menjadi relawan untuk mengoordinasi acara outing kantor ini, tentunya akan sangat baik. Kalaupun enggak, perusahaan bisa memanfaatkan jasa mereka yang profesional dan biasa mengelola event-event outing kantor. Banyak kok, di luar sana.

Kalau tujuan outing-nya adalah lebih ke learning new things, have new experiences, atau untuk mempererat bonding, barangkali pihak perusahaan juga akan perlu untuk menyiapkan acara apa saja yang akan diadakan selama outing kantor tersebut. Apakah perlu ada games yang seru, workshop dan training, atau mungkin perlu ada acara kompetisi olahraga kecil-kecilan?

Buat rencana matang–termasuk itinerary–selama outing kantor berlangsung sedetail mungkin.

 

3. Set your budget

And of course, set your budget! Sudah punya rencana matang, sudah pula membayangkan acara yang seru saat outing kantor, tapi ternyata bujet tak memungkinkan, pastinya nggak lucu deh.

Beberapa perusahaan sudah mempunyai anggaran khusus untuk bisa mengajak karyawannya untuk outing kantor. Beberapa ada yang mengambil dari laba bersih bisnis yang dijalankan. Semuanya tentu kembali ke kebijakan masing-masing.

Asalkan ingat, jangan sampai mengganggu cashflow utama ya. Bahaya kalau sampai ini terjadi.

 

4. Siapkan kejutan

Everyone loves surprises! Kejutan akan terasa semakin menyenangkan jika diberikan di saat-saat yang juga membahagiakan.

Beberapa perusahaan tidak mengumumkan adanya outing kantor ke seluruh karyawan. Hanya beberapa saja yang berkepentingan yang tahu. Sehingga agenda outing pun menjadi agenda yang ditunggu-tunggu dengan penasaran. Bakalan ke mana ya tahun ini? Atau acaranya apa ya outing besok?

Di perusahaan lain, mungkin sudah menyiapkan acara outing kantor dengan gegap gempita. Karyawan sudah pada tahu juga mau diajak ke mana. Tapi akan lebih seru jika menyisipkan kejutan untuk karyawan di sana-sini juga. Misalnya, pada kesempatan outing tersebut, umumkan juga siapa karyawan dengan performa terbaik, atau rookie worker of the year. Tentu saja, harus ada hadiahnya.

Atau yang simpel aja deh, adakan doorprize. Pasti acaranya tambah seru!

 

5. Have fun!

Yang terakhir, jangan lupa untuk have fun! Karena ya, inti dari semua agenda outing kantor adalah bersenang-senang, apalagi kalau diadakan di luar kantor. Kesempatan banget untuk refreshing, lebih saling mengenal satu sama lain, dan tentu saja, untuk menstimulasi kreativitas dan mencari inspirasi baru.

Semuanya harus dilakukan dengan fun!

So, ajak karyawan untuk having fun. Misalnya, kasih peraturan nggak boleh ngomongin kerjaan selama outing kantor berlangsung. Ha! Pasti menyenangkan. Atau, hanya boleh pegang hape satu jam saja dalam sehari. Selebihnya harus benar-benar hadir dalam acara.

Buatlah acara outing kantor ini menjadi tak terlupakan. Apalagi kalau ada training-training juga dalam agendanya. Kemas acaranya secara fun, agar lebih tepat sasaran. Sehingga saat para karyawan kembali ke kantor, mereka tak hanya merasa refreshed tapi juga punya value yang baru dalam diri mereka.

Anda tertarik untuk menyelenggarakan training keuangan pada karyawan sebagai salah satu agenda outing kantor? Sila WA ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas terbaru.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch