Articles, Practical Tips

Untuk Bumi, Anak dan Cucu

Cobalah berhenti sejenak dari semua aktivitas yang sedang kamu lakukan apabila memungkinkan. Tutuplah matamu dan rasakan dengan inderamu yang lain keadaan di sekelilingmu. Kulitmu akan merasakan hembusan angin, hidungmu mungkin mencium suatu aroma dan telingamu mendengar bunyi-bunyian. Kemudian, bayangkan kulitmu merasakan hawa panas yang membuat perih atau hawa dingin yang menusuk. Atau, bayangkan hidungmu mencium aroma busuk sampah. Semua yang kamu bayangkan bisa terjadi karena lingkungan yang mulai rusak.

Kalau selama ini kamu tahu bagaimana caranya menghemat uang yang bertujuan untuk menekan pengeluaran, sekarang saatnya kamu beralih melakukan penghematan untuk bumi yang lebih sehat, untuk hidup anak cucumu.

baca juga: Bumi hijau, Udara dan Air Bersih

Kamu ingin ikut dalam gerakan menyelamatkan bumi sambil menghemat uang? Yuk lakukan hal berikut:

Barang pribadi. Mulailah berhemat dari penggunaan barang pribadi seperti sikat gigi yang terbuat dari bambu dan menggunakan sabun batang organik. Bagi perempuan, bisa menggunakan menstrual pad atau menstrual cup saat haid datang. Kalau dihitung, penggunaan menstrual cup seharga Rp350.000 tapi dapat bertahan sampai dengan 10 tahun lebih hemat ketimbang menggunakan pembalut sekali pakai yang menghasilkan sampah lebih banyak.

Hemat Energi Listrik. Masih ingat cerita film Sexy Killer yang dibuat oleh Ekspedisi Indonesia Biru? Listrik menjadi salah satu sumber energi utama di dalam kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan manusia ditopang oleh listrik. Ada kebiasaan baik dan sederhana agar kamu menggunakan listrik dengan lebih bijak seperti mematikan perangkat elektronik saat tidak digunakan, menggunakan lampu hemat energi dan mengatur suhu pendingin ruangan maksimal di 24 derajat.

Hemat Energi Air. Melakukan penghematan air bisa dilakukan sekarang dan segera tanpa menunggu teknologi daur ulang air yang canggih seperti negara tetangga kita, Singapura. Hal sederhana seperti memastikan keran tertutup saat menggosok gigi atau saat tidak terpakai sudah bisa menghemat literan air yang ada di bumi. Air sisa aktivitas memasak seperti mencuci sayuran dapat ditampung dan digunakan untuk menyiram tanaman lho! Kamu bisa mulai menghitung berapa penghematan yang dihasilkan dari gaya hidup ramah lingkunganmu.

Hemat Energi BBM. Penggunaan BBM di kota besar yang ada di Indonesia memberikan kontribusi buruk bagi udara dan kondisi lalu lintas. Kamu bisa mulai menggunakan transportasi umum yang fasilitasnya sudah lebih beragam saat ini khusunya di kota Jakarta, mulai dari bus, KRL, MRT sampai LRT. Atau untuk jarak yang dekat, kamu bisa mempertimbangkan berjalan kaki atau bersepeda, tentunya lebih hemat dan lebih sehat bukan?!

Hindari plastik sekali pakai. Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk berhemat sambil menyelamatkan bumi adalah menghindari pemakaian plastik sekali pakai mulai dari tas belanja, sedotan, sampai air mineral. Plastik tidak dapat terurai dan akan tetap menjadi sampah plastik selama ratusan tahun maka kurangi konsumsi pemakaian plastik.

Let’s make a difference!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch