Articles

Pensiun, Sudah Siapkan Apa?

Sudah berapa lamakah kamu bekerja di korporasi? Saya sudah bekerja selama kurang lebih 15 tahun di beberapa perusahaan. Biasanya, dengan lamanya seseorang menjadi karyawan, ada terlintas untuk berhenti dan bahkan menginginkan pensiun dini. Membayangkan dirimu di sebuah tujuan wisata tanpa perlu mengkhawatirkan tentang tanggung jawab pekerjaan dan keuangan pribadi menjadi merana pastinya adalah impian hampir sebagian besar orang saat pensiun dini. Bila kamu ingin pensiun dini, apa yang sudah siapkan?

Setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu siapkan agar kamu siap pensiun:

  1. Punya Rencana Keuangan Yang Komprehensif
    Kalau kamu ingin pensiun dini, sebaiknya sejak mendapatkan pekerjaan pertama, kamu membuat perencanaan keuangan secara komprehensif. Dimulai dari membuat Blueprint of Your Money. Kamu bisa mulai membuat persiapan pensiun dini berupa Dana Pensiun dan Aset Aktif sejak menjadi first jobber. Bila kamu ingin bisa pensiun dini, jangan terlena untuk menikmati hidup saat ini saja. Tahukah kamu bahwa untuk mempersiapkan Dana Pensiun bisa dimulai hanya setengah harga sepatumu? Mulailah lakukan financial check up untuk mengetahui kondisi keuanganmu yang menjadi amunisi untuk pensiunmu nanti.
  2. Punya Good Money Habit.
    Penting bagi kamu yang ingin pensiun dini untuk memiliki good money habit agar kondisi keuanganmu senantiasa sehat. Agar bisa punya good money habit, kamu harus menyadari kalau punya kebiasaan keuangan jelek. Langkah selanjutnya, kamu membuat tujuan yang berisi kalau sudah mengubah kebiasaan tentang keuangan, hasilnya apa? Kemudian, kamu perlu berdamai dengan “musuh”. Apa “musuh” sampai kamu tidak memiliki good money habit? Apakah kamu senang belanja? Suka makan? Enggak usah dilawan tapi cukup berdamai dengan dibatasi seberapa sering dengan besaran tertentu yang tidak boleh dilanggar.
  3. Membereskan Utang
    Agar hatimu tenang saat pensiun dini, ada baiknya utangmu sudah beres saat mas apensiun tiba. Kamu bisa mulai membuat daftar utang apa saja yang sedang diambil dan harus dilunasi sebelum kamu berada di masa pensiun dini.
  4. Proteksi
    Salah satu rekomendasi yang penting dari perencanaan keuangan adalah proteksi. Fungsi proteksi adalah jika terjadi suatu kemalangan yang dapat menyebabkan kesulitan finansial maka kamu bisa menggunakan proteksi untuk turut menjaga dirimu dan keluarga. Semua orang tanpa terkecuali membutuhkan proteksi berupa asuransi kesehatan. Karena kamu ingin pensiun dini, ada baiknya kamu menambah proteksi berupa asuransi jiwa dan asuransi aset.
  5. Rencana saat pensiun
    Benarkah kamu sudah siap untuk pensiun dini di mana kamu terbiasa untuk beraktivitas dan sibuk setiap harinya? Jadi meskipun kamu sudah merencanakan pensiun dini untuk menikmati hidup, ada kemungkinan kamu akan kehabisan aktivitas-aktivitas untuk dinikmati. Lama kelamaan kamu bisa merasakan kebosanan. Kamu perlu memastikan kalau kamu akan punya beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa memberikan kesibukan untuk jangka waktu yang lama. Kau bisa mulai membuat daftar dari hobi yang mau kamu tekuni saat pensiun. Siapa tahu, bisa jadi ketika menekuni hobi justru itu menjadi bisnis yang menghasilkan. Mengerjakan hal yang sangat kamu suka dan mendapatkan uang darinya memberikan sensai yang berbeda. Hobi yang menjadi bisnis terasa lebih menyenangkan karena standarnya adalah kepuasan hati. Kalau buat saya, pensiun dini bukan berarti berhenti bekerja sama sekali. Pensiun dini bagi saya adalah berhenti mengerjakan hal yang tidak saya sukai dan mulai mengerjakan hal yang disukai tanpa perlu khawatir tentang keuangan.

Jadi, apa yang sudah kamu siapkan untuk pensiun?

Kalau kamu ingin belajar lebih mendalam untuk mempersiapkan Dana Pensiun, ikuti saja kelas finansial online melalui aplikasi zoom. Jadwal dan pendaftaran Financial Clinic Online Series (FCOS) bisa dilihat di event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch