Articles

Hemat uang dengan metode meal prep

Halo planners!

Apakah kamu merasa pengeluaran rutin untuk membeli makanan terasa besar? Appakah hal tersebut terjadi karena kamu terlalu sering membeli makanan dibandingkan memasak sendiri? Biasanya membeli makanan lebih  mahal sehingga membuat banyak uang yang harus kamu keluarkan. Terutama bagi kamu yang masih lajang dan hidup sendiri, menyiapkan makanan bisa menjadi masalah tersendiri. Karena merasa malas dan repot memasak, akhirnya lebih memilih untuk membeli makanan di luar. Padahal, malanan yang dibeli belum tentu terjamin kebersihannya.

Ada juga orang-orang yang hobi makan dan seringkali memuaskan hasrat dengan jajan, entah makanan besar atau camilan. Kebanyakan karena godaan nafsu saja sehingga kamu jadi memilih jajanan yang menggoda selera padahal tidak tahu kualitas dan asal usulnya.

Misalnya, gorengan yang dijual di pinggir jalan. Walau tidak semua penjual licik, kamu harus tetap waspada dengan bahan yang dipakai. Ada pedagang gorengan menggunakan plastik yang dimasukkan ke dalam minyak panan agar gorengan terasa renyah. Padahal hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, plastik yang meleleh dapat menjadi zat karsinogenik (zat pemicu kanker).

Itu baru bicara kebersihan, kandungan gizi dan kesehatan tubuh. Bagaimana dengan pengeluaran? Misalkan dengan uang Rp100ribu, kamu makan di warung sederhana dengan biaya sekali makan Rp15ribu. Artinya kamu bisa makan di warung sederhana sebanyak dua sampai tiga hari. Padahal kalau dialokasikan untuk memasak sendiri, mungkin dengan uang sebesar Rp100ribu kamu bisa makan selama satu minggu penuh.

Karena borosnya pengeluaran makanan, kamu bisa beralih menjalani gaya hidup hemat sekaligus sehat dengan meal preparation (meal prep) seperti yang dilakukan oleh Twelvi Febrina. Dia berhasil menghemat jutaan Rupiah hanya dengan metode meal prep sehingga bisa membiayai hobinya keliling dunia.

Mari berkenalan lebih lanjut dengan meal prep yang terbukti dapat menghemat pos pengeluaran rumah tangga!

Apa itu Meal Prep?

Meal Prep merupakan metode belanja makanan dan menyiapkan makanan untuk sepekan dengan cara memasak banyak dan menyimpan makanan di dalam lemari pendingin. Teknik ini sebenarnya mirip frozen food yang dijual di pasar swalayan tetapi meal prep lebih sehat karena makanan yang diapkan tanpa menggunakan bahan pengawet dan garam yang berlebihan. Meal prep hanya menggunakan freezer  untuk membuat makanan menjadi tahan lebih lama.

Bagi kamu yang ingin muli melakukan meal prep, kamu bisa menyiapkan pada satu hari khusus misalnya Sabtu atau Minggu. Meal prep disiapkan untuk satu minggu ke depan. Setelah dimasak, makanan dapat langsung dibagi ke dalam kotak- kotak makanan atau disimpan di dalam freezer.

Efisiensi waktu dan tenaga

Meal prep dapat dijadikan alternatif menyiapkan bekal tanpa repot sebelum berangkat ke kantor di pagi hari. Konsep meal prep membantu kamu yang ingin makanan selalu ada tersedia dan tidak mau repot serta membuang waktu untuk memasak setiap mau makan. Waktu dan tenaga, mulai dari berbelanja sampai mencuci peralatan masak menjadi lebih efisien. Kalau setiap sesi memasak kamu membutuhkan 45 menit maka selama seminggu kamu akan menghabiskan waktu lima jam hanya untuk memasak dan bersih-bersih. Belum lagi mencari ide mau masa kapa hari ini dan belanja ke pedagang sayur keliling langganan. Coba bandingkan dengan metode meal prep dengan dua sampai empat jam sibuk berbelanja dan masak di akhir pekan.

Less Waste Cooking

Dengan melakukan meal prep, kamu artinya juga sedang berusaha untuk hidup minim sampah. Meal prep mengolah bahan makanan yang sama untuk satu minggu ke depan sehingga tidak ada bahan makanan yang rusak, membusuk dan terpaksa dibuang menjadi sampah.

Hemat pengeluaran

Tidak dapat dipungkiri lagi kalau meal prep punya manfaat yang besar dalam menghemat pengeluaran. Hanya dengan bermodalkan Rp100ribu kamu bisa makan untuk satu minggu. Belanja bahan makanan pun semakin hemat karena seua bahan makan terpakai. Dengan demikian kamu bisa mengalokasikan sisa uang yang biasanya untuk makan di luar untuk memenuhi tujuan keuanganmu agar lebih cepat tercapai.

Semoga kamu berhasil untuk berhemat melalui mela prep ya ditambah dengan bonus sehat!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch