Articles, Human Capital, Korporasi

5 Peluang Kerja yang Akan Tercipta di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke lokasi ibu kota baru di Kalimantan tak sekadar wacana lagi. Direncanakan untuk mulai pindah di tahun 2024, maka Indonesia harus mulai bersiap sejak sekarang. Karena, tak hanya sekadar memindahkan tempat tinggal presiden saja, tetapi buanyak hal juga akan ikut terpengaruh dengan kepindahan ibu kota ini. Salah satunya adalah seputar peluang kerja.

Ya, ini wajar. Karena di mana banyak orang berkumpul, di situ bisa tercipta ide bisnis. Dan, apalah arti ide, konsep, dan sistem dalam bisnis kalau di dalamnya enggak ada aset yang bernama sumber daya manusia. Saat ada peluang bisnis tercipta, maka di situ pulalah tercipta banyak peluang kerja.

 

Di antara banyaknya peluang kerja yang mungkin tercipta di lokasi ibu kota yang baru, berikut 5 peluang kerja yang kemungkinan akan paling seru diminati calon pelamar

1. Karyawan provider internet

Kerja Lembur demi Uang Tambahan? Yay or Nay?

Apalah arti lokasi pusat pemerintahan yang baru di sebuah negara kepulauan kalau tanpa didukung oleh layanan internet yang mumpuni?

Ibu kota baru yang harus punya jaringan teknologi informasi yang kuat. Beberapa provider juga sepertinya sudah mulai melirik untuk melebarkan sayap untuk membuka kantor di lokasi ibu kota baru. Ini berarti mereka akan membuka peluang kerja baru untuk menjadi aset sumber daya manusia bisnis mereka di Kalimantan Timur, mulai dari teknisi, administrasi, hingga petugas call center.

 

2. Pemasar properti

Meski konon, bagi para ASN yang bersedia ikut pindah bersama dengan pindahnya ibu kota baru ke Kalimantan Timur sudah disediakan tempat tinggal, namun bisnis properti tampaknya juga akan menjadi salah satu peluang yang potensial untuk dikembangkan.

Bayangannya sih, di beberapa lokasi pasti akan berkembang pula pemukiman-pemukiman anyar, yang akan dihuni oleh orang-orang yang akan mengais rezeki di ibu kota yang baru. Tentu saja, para pebisnis properti akan butuh dukungan para pemasar, agen, dan juga kontraktor untuk bisa menjalankan bisnis ini dengan lancar.

Peluang kerja yang cukup menjanjikan, bukan?

 

3. Barista

5 Peluang Kerja yang Akan Tercipta di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Harus ada penjual kopi kekinian di ibu kota baru! Harus! Enggak bisa enggak! Kopi kekinian is lyfe! Eh, boba juga sih. Ya sudah, berarti peluang kerja yang diramalkan bakalan seru di lokasi ibu kota baru ini, selain barista, adalah peramu boba.

Karena, apalah arti hidup tanpa kopi kekinian dan boba? Sampai di sini, siapa setuju? Tuh kan, banyak yang ngacung.

Mal, bioskop, dan yang lainnya boleh ditunggu untuk dibangun dan mulai beroperasi, tapi warung kopi kekinian dan boba harus sudah ada sejak ibu kota baru diresmikan. Seenggaknya bisa mengobati kesepian para ASN yang baru pindah, dan juga mereka-mereka yang baru datang ke lokasi ibu kota baru untuk mencari rezeki.

Tentunya, hal ini akan lebih lengkap jika ditambah dengan adanya para abang driver ojol, yes? Jadi, tolong, pindahkan para barista, peramu boba, dan abang driver ojol ke lokasi ibu kota baru juga, please.

 

4. Chef dan tukang masak

Tak hanya barista dan peramu boba, tolong pindahkan juga para chef dan pemasak okonomiyaki, ayam geprek, makaroni ngehe, sate taichan, corndog, nugget pisang, martabak 8 rasa, cilok, telur gulung, es kepal dan lain sebagainya itu ke lokasi ibu kota yang baru.

Seperti halnya kopi kekinian, jajanan kekinian pasti bisa menjadi penghibur sementara ibu kota masih dalam proses dibangun, berbenah, hingga bisa berfasilitas lengkap seperti Jakarta.

Chef atau tukang masak juga diperlukan jika ada pelaku bisnis katering yang melayani permintaan makan siang nasi box untuk para karyawan. Bakalan banyak ASN ataupun karyawan yang datang ke Kalimantan Timur untuk bekerja, maka ini bisa jadi peluang kerja bagi mereka yang memang berprofesi sebagai chef atau tukang masak.

 

5. Ekspedisi

Kota yang sibuk dengan aktivitas penduduk yang kian padat, tentu akan butuh pasokan kebutuhan hidup sehari-hari yang jumlahnya banyak. Dengan demikian, jasa ekspedisi pasti sangat diperlukan di lokasi ibu kota yang baru. Agen-agen, administrasi, hingga supir ekspedisi akan sangat diperlukan, agar pengiriman dan penerimaan barang-barang kebutuhan ini lancar.

So, tertarik untuk ikut mengadu nasib ke ibu kota yang baru? Peluang kerja di perusahaan ekspedisi bisa jadi pilihan.

 

Nah, gimana nih? Kira-kira tertarik untuk mencoba peluang kerja yang mana nih? Ataukah, ada peluang kerja lain yang bakalan seru juga di lokasi ibu kota yang baru, di Kalimantan Timur? Share di kolom komen ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch