Articles, Human Capital, Korporasi

Semangat Kerja Hilang? Ini Dia 3 Tip Terbaik Membangun Resiliensi

Seseorang yang sukses dan tangguh dalam bekerja, enggak semata-mata ditentukan oleh seberapa banyak gaji yang diterimanya, prestasi kerja yang dibuatnya, seberapa besar ide segar yang berhasil ia realisasikan. Tetapi juga ditentukan oleh seberapa sanggup ia bangkit kembali setelah mengalami semangat kerja hilang, setelah mengalami masalah yang membuatnya terpuruk.

Kemampuan untuk bangkit kembali, berdaya lenting atau bangkit, dalam kamus psikologi dikenal dengan istilah resilien. Menurut Dr. Karen Reivich dan Dr. Andrew Shatte, dua orang ilmuwan dan coach yang bergerak di proyek resiliensi, resiliensi merupakan kemampuan bagi individu untuk bisa beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit.

Jadi, semisal kita mengalami semangat kerja hilang, maka kemampuan kita untuk memulihkan diri ini sejujurnya yang malahan menunjukkan seberapa tangguh kita dalam pekerjaan kita.

So, buat yang sekarang lagi mengalami semangat kerja hilang, jangan biarkan diri sendiri semakin terpuruk. Coba lakukan 3 tip terbaik membangun resiliensi dari ahlinya berikut ini, agar kita kembali produktif dan kembali aktif berkontribusi di perusahaan tempat kita bekerja.

 

3 Tip terbaik membangun resiliensi agar segera bangkit dari semangat kerja hilang

1. Salurkan emosi

Latih diri untuk dapat meregulasi emosi saat sedang mengalami semangat kerja hilang, kesal, cemas, sedih, marah, dan emosi negatif lainnya, sehingga dapat mempercepat proses kita menemukan solusi dari masalah yang kita hadapi.

Dalam hal ini, kita mesti segera mendapatkan cara cepat dan tepat untuk mengekspresikan segala emosi negatif itu, dengan cara sehat. Misalnya, ditulis. Yes, tulisan atau coretan dipercaya bisa menjadi media untuk mencurahkan isi hati hingga tuntas. Tulislah segala unek-unek yang ada, walaupun kemudian di-delete ataupun dibuang. Yang penting, semua ganjalan sudah dikeluarkan.

Atau, kita juga bisa berteriak di tempat sepi untuk melampiaskan segala emosi negatif yang membuat semangat kerja hilang. Bisa juga dengan melakukan kegiatan seni atau olahraga yang dapat mengeluarkan energi negatif dalam waktu singkat.

 

2. Bangun optimisme

Semangat Kerja Hilang? Ini Dia 3 Tip Terbaik Membangun Resiliensi

Orang yang optimis adalah orang yang memiliki harapan pada masa depan dan percaya bahwa mereka dapat mengontrol arah hidupnya.

Masih menurut Dr. Reivich dan Dr. Shatte, orang optimis itu cenderung akan lebih sehat secara fisik, dan lebih jarang mengalami depresi, juga lebih produktif dalam bekerja. Mereka juga cenderung untuk bebas dari beban masalah, terutama yang akan datang. Yah, ada sih masalah, tapi biasanya mereka akan dengan cepat menemukan solusi jitu untuk mengatasinya. Termasuk dalam hal keuangan pribadinya.

Saat kita melakukan kesalahan, hal itu akan kita anggap sebagai pembelajaran ke depannya. Kesalahan itu akan membuat kita menjadi lebih berusaha optimal dan berhati-hati dalam melangkah agar tak jatuh lagi di kesalahan yang sama.

 

3. Tingkatkan aspek positif dalam diri

Semangat Kerja Hilang? Ini Dia 3 Tip Terbaik Membangun Resiliensi

Orang yang selalu berusaha untuk meningkatkan aspek positif dalam dirinya cenderung akan lebih mudah mengatasi permasalahan hidup, serta berperan dalam meningkatkan kemampuan interpersonal dan pengendalian emosi.

Orang yang mampu meningkatkan aspek positif dalam hidup, akan mampu membedakan risiko yang realistis dan tidak realistis, serta bisa menyusun kembali tujuan hidupnya dengan bekerja, meski mengalami semangat kerja hilang.

Jadi, ayo, mau self pukpuk dulu? Boleh. Tapi segera bangkit, dan perbaiki apa-apa yang salah. Apa sih yang menyebabkan kita mengalami semangat kerja hilang? Apa masalah kita sebenarnya? Beban kerja yang terlalu berlebih? Rekan kerja yang kurang kooperatif? Ataukah, kita sebenarnya sedang dirundung masalah keuangan pribadi?

Hmmm, kalau yang terakhir yang menjadi penyebab semangat kerja hilang, well, seharusnya sih enggak perlu bingung lagi untuk mencari solusinya. Kan sudah banyak kelas finansial online dari QM Financial yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari topik dasar, seperti mengatur cash flow demi bebas utang dan bisa mengelola gaji dengan baik, hingga segala pengetahuan tentang berbagai jenis investasi demi mewujudkan mimpi pensiun dini, semua ada.

Ayo belajar keuangan sebagai salah satu jalan untuk meningkatkan aspek positif dan upaya membangun resiliensi diri kita sendiri.

Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688. Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info terbaru.

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch