Articles

Mengelola Gaji Rp111juta per bulan

Halo planners!

Siapa yang mengikuti setidaknya satu akun media sosial gosip? Mendapatkan berita gosip tanah air hanya melalui genggaman ponsel memang menjadi opsi bagi saya yang tidak punya banyak waktu untuk menonton televisi. Hari ini saat saat saya sedang melihat akun media sosial saya, ada sebuah berita gosip yang menampilkan berita dari sebuah media online yang berjudul, “Tidak cukup dengan gaji Rp111juta, anggota DPRD DKI: Idealnya gaji kami Rp500juta”. Artikel ini menceritakan ketidakpuasan seorang anggota DPRD DKI Jakarta berinisial J yang menilai gaji yang diterimanya saat ini jauh dari ideal. J berdalih bahwa untuk membantu tujuh juta warga DKI Jakarta, gaji Rp111juta tidak cukup. Hmm, apakah ketujuh juta warga DKI semuanya memiliki keluhan yang sama di bidang yang ditangani J? Bukankah ketujuh juta warga DKI juga termasuk anak-anak?

Tentu saja sebagai warga kota yang baik dan membayarkan pajak untuk menggaji J, saya jadi sedikit kesal apalagi saya juga mengerti tentang personal financial planning. Sebenarnya, berapa pun gaji yang kamu hasilkan apabila tidak dikelola dengan baik dan benar maka tidak akan pernah cukup! Benarkah gaji Rp111juta tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan? Mari berhitung, karena angka tidak akan pernah berbohong!

Mari kita belajar mengelola gaji yang besarnya Rp111juta per bulan!

Cicilan Utang

30% dari gaji Rp111juta adalah sebesar Rp33.300.000. Nilai ini cukup untuk mencicil KPR rumah dan kendaraan bermotor lho! Bayangkan kalau kamu tidak memiliki cicilan utang, maka kamu bisa memaksimalkan gaji Rp111juta untuk menabung atau berinvestasi sehingga tujuan keuanganmu lebih cepat tercapai.

Menabung atau berinvestasi

Sisihkan minimal 10% dari penghasilanmu untuk dialokasikan ke dalam pos menabung atau berinvestasi. Tujuan keuangan apa saja yang bisa dicapai dengan uang sejuimlah Rp11.100.000? Jawabannya, BANYAK!

Uang sejumlah Rp11.100.000 bisa kamu tabung atau investasikan untuk mencapai tujuan keuangan berupa Dana Pensiun dan Dana Pendidikan Anak.

Bila kamu saat ini berusia 25 tahun serta memutuskan untuk pensiun pada usia 55 tahun dan berharap menikmati masa pensiun sampai umur 85 tahun dengan biaya hidup Rp3juta per bulan maka biaya hidupmu akan naik menjadi Rp15juta per bulan. Dengan demikian total dana pensiunmu adalah sebesar Rp4,1Miliar. Jumlah Dana Pensiun senilai Rp4,1Miliar ini bisa kamu kumpulkan dengan menabung Rp11,4juta per bulan. Dengan gaji Rp111juta per bulan seharusnya menabung untuk Dana Pensiun menjadi lebih mudah.

Kalau kamu tidak memiliki gaji Rp111juta, kamu tetap masih bisa mempersiapkan Dana Pensiunmu dengan berinvestasi Rp463ribu per bulan di produk keuangan yang memberikan imbal hasil secara jangka panjang 16% per tahun.

Atau, dengan gaji Rp111juta, kamu bisa mempersiapkan Dana Pendidikan Anak utuk satu anak dari jenjang TK sampai Universitas dengan menabung saja Rp3.944.000 atau berinvestasi rutin Rp1.324.000 per bulan.

Pengeluaran Sosial

Untuk pos pengeluaran sosial, minimal kamu bisa menyisihkan 2,5% sampai 10% dari penghasilan yang Rp111juta yaitu sejumlah antara Rp2.775.000 sampai dengan Rp11.100.000 untuk zakat/perpuluhan/sedekah.

Pengeluaran Lifestyle

Bersenang-senang atas jerih payahmu menghasilkan uang? Tentu saja boleh! Kamu diperbolehkan menggunakan penghasilanmu untuk hura-hura maksimal sebesar 20% yaitu Rp22.200.000juta per bulan! Bisa apa dengan Rp22.200.000 juta? Bisa backpacker-an ke Singapura atau Malaysia setiap minggu lho! Ke Korea sebulan sekali? Bisa! Atau bisa juga dengan tidak kemana-mana selama dua sampai empat bulan, kamu sudah bisa umroh bahkan naik haji!

Pengeluaran Rutin

Setelah semua pengeluaran di atas kamu jumlahkan, masih tersisa Rp33juta yang dapat digunakan untuk membiayai semua pengeluaran rumah tangga. Biasanya pos pengeluaran rumah tangga berkisar 30% sampai 60% dari penghasilan. Ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran bulanan, seperti substitusi barang kebutuhan rumah tangga, memanfaatkan promo penawaran dan lainnya.

Gimana, masih mengeluh bahwa penghasilanmu tidak cukup? Ayo berhitung dan belajar untuk mengaturnya dengan baik agar bermanfaat!

Masih kesulitan untuk mengatur gaji? Yuk ikuti kelas finansial online (FCOS) khususnya kelas basic khusunya Blueprint of Your Money + How To Manage Your Cashflow setiap awal bulan melalui aplikasi zoom yang jadwal dan pendaftarannya bisa melalui event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch