Articles

Selamat Hari Dokter Nasional

Belakangan ini saya tertarik mengikuti serial drama dari negeri Paman Sam yaitu The Good Doctor yang diperankan oleh Freddie Highmore sebagai dr. Shawn Murphy yang merupakan seorang berkebutuhan khusus namun memiliki kemampuan sebagai ahli bedah yang mumpuni. Latar belakang Shawn memilih menjadi ahli bedah adalah karena peristiwa meninggalnya kelinci kesayangan serta adiknya yang selalu menjadi pelindungnya saat Shawn mengalami KDRT oleh ayahnya dan di-bully oleh anak lainnya.

Shawn berkata, “The day when the rain smell like ice cream, my bunny went to heaven in front of my eyes. The day that the copper pipes in old building smell like burnt food, my brother went to heaven in front of my eyes. I couldn’t saved them, it’s sad neither one had the chance to became an adult. They should have became adults, they should have had children of their own and love those children and I want to make that possible for other people.”

Kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk menjadi dokter atau yang sudah berprofesi sebagai dokter, tentu saja memiliki motivasi awal seperti Shawn yaitu untuk membantu orang lain yang menderita sakit dan menyelamatkan nyawa manusia.

Sebut saja, dr. Lo Siauw Ging di Solo yang melayani pasiennya dengan gratis atau semampu pasien bahkan mencarikan dana bagi pasiennya yang butuh penanganan lebih lanjut tetapi tidak memiliki uang.

Di Malang, dr. Gamal Albinsaid yang membangun bank sampah sebagai asuransi kesehatan bagi para pasiennya yang kurang mampu. Ada juga dr. Lie A Darmawan yang melayani pasien di daerah yang sulit dijangkau, kesulitan tenaga kesehatan ataupun peralatan medis dengan membangun rumah sakit apung di atas kapal laut.

Dalam memperingati Hari Dokter Nasional setiap 24 Oktober 2019, ayo atur keuanganmu sebagai dokter agar kuat dan bisa membantu lebih banyak orang dengan cara berikut,

Dana Darurat

Profesi dokter merupakan pekerjaan self employed yang artinya kamu perlu memiliki Dana Darurat minimal 12x besarnya pengeluaran bulanan. Dana Darurat berfungsi untuk menjadi bumper saat terjadi kondisi darurat dan setiap orang perlu memilikinya tergantung profesi dan tahapan hidupnya.

Proteksi

Apabila kamu sebagai dokter dan merupakan penghasil nafkah utama dalam keluarga, kamu wajib memiliki proteksi berupa asuransi jiwa. Untuk memilih asuransi jiwa yang tepat, kamu bisa memperhatikan Uang Pertanggungan (UP) yang akan didapatkan bila risiko kematian terjadi. Besaran UP tersebut harus mampu menggantikan nilai penghasilan yang kamu hasilkan untuk jangka waktu tertentu dan dapat digunakan untuk kebutuhan keluarga yang ditinggalkan.

Selain proteksi berupa asuransi jiwa, kamu juga perlu memiliki perlindungan berupa asuransi kesehatan. Walaupun kamu bekerja sebagai tenaga kesehatan dan bisa mendapatkan pelayanan gratis saat menderita sakit namun kamu tetap harus memiliki asuransi kesehatan untuk hal-hal yang tidak dilindungi dari rumah sakit.

Aset Aktif

Walau sibuk berprofesi sebagai dokter, kamu harus ingat untuk mengumpulkan aset aktif yang dapat menghasilkan penghasilan saat kamu memutuskan untuk pensiun nanti.

Dana Pensiun

Pernahkah kamu memikirkan apa yang akan kamu lakukan saat sudah pensiun dari profesi dokter di masa depan? Sama halnya seperti profesi lainnya yang memiliki batas, kamu perlu memikirkan apa yang akan kamu lakukan saat pensiun nanti. Apakah kamu akan tetap mempertahankan gaya hidup yang selama ini dijalani atau bahkan meningkatkan gaya hidup di saat pensiun? Mempertahankan atau meningkatkan gaya hidup relatif lebih mudah dibandingkan menurunkan kenyamanan dari gaya hidup yang biasanya dijalani. Mempersiapkan Dana Pensiun amatlah penting agar kamu bisa memutus rantai sandwich generation yang selama ini banyak terjadi terutama di masyarakat Indonesia.

Semoga dengan kondisi keuangan yang baik dan kuat, kamu sebagai dokter dapat memiliki kepuasan batin di kala menolong pasien dan Selamat Hari Dokter Nasional!

Kamu ingin belajar merencanakan keuangan dengan baik? Ikuti saja kelas finansial online (FCOS) melalui aplikasi zoom. Jadwal kelas dan pendaftaran melalui event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch