Articles

Belanja Bijak Saat Pesta Belanja Online Tiba

Halo planners!

Siapa di antara kalian yang menerima surat elektronik berisikan tentang promo dan diskon pesta belanja 11.11? Saya juga baru menyadari kalau pesta belanja online digelar oleh semua e-commerce bahkan fintech dan promonya sangat menarik. Bayangkan kamu bisa membeli makanan hanya seharga Rp11, menarik bukan?! Pesta belanja online ini juga bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja barang yang selama ini menjadi incaran.

Tapi, agar tidak bocor ambyar dalam berbelanja online, sebaiknya kamu menyimak tips berikut:

Punya Anggaran Belanja

Saat pesta belanja online tiba, penjual tentunya menawarkan sejumlah barang berkualitas bagus dengan penawaran harga yang menarik. Agar tidak kalap dalam berbelanja, maka penting untuk memiliki anggarannya. Anggaran belanja ini bisa kamu persiapkan jauh jauh hari agar kamu benar benar memiliki uang untuk berbelanja dan tidak delusional merasa memiliki uang yang menganggur untuk dibelanjakan.

Membuat Daftar Belanja

Setelah memiliki anggaran belanja, salah satu cara agar pengeluaran tetap terkendali dan mencegah membeli barang yang tidak dibutuhkan adalah dengan cara membuat daftar belanja. Buat daftar belanja yang berisikan kebutuhan terlebih dahulu barulah kemudian diisi dengan daftar barang yang menjadi keinginan. Daftar belanja juga berperan penting agar kamu lebih fokus dalam berburu barang yang dibutuhkan dengan harga termurah.

Membandingkan Harga

Untuk mendapatkan barang incaran dengan harga miring, kamu perlu rajin untuk membandingkan harga pelapak satu dengan pelapak lainnya. Dengan membandingkan harga, akan membentu kamu untuk lebih cermat dalam memilih penjual yang menawarkan barang incaran dengan harga termurah.

Ikuti program flash sale

Program ini merupakan sebuah program di mana produk tertentu akan ditawarkan dengan harga super murah namun dengan jumlah terbatas. Ketepatan waktu merupakan kunci sukses dalam berburu produk flash sale. Tapi ingat, kamu hanya diperbolehkan untuk berbelanja barang yang ada di dalam daftar belanja. Kalau di program flash sale tidak ada barang yang masuk ke daftar belanjaan maka kamu tidak perlu berbelanja saat flash sale.

Manfaatkan kode promo atau cashback

Setelah selesai berburu barang diskon dan promo, untuk membantu kamu semakin hemat, kamu bisa mengaplikasikan kode promo atau cashback yang dapat digabungkan.

Berhati hati dengan transaksi pembayaran

Metode pembayaran seperti apa yang kamu gunakan untuk berbelanja saat pesta belanja online tiba? Apakah tunai, tranfer bank, menggunakan e-wallet, kartu debit atau bahkan kartu kredit? Apa pun metode pembayaran yang kamu pilih, pastikan kalau kamu membayar terutama transaksi elektronik secara aman ya! Untuk metode pembayaran dengan kartu kredit, berani gesek berani bayar ya! Pastikan kamu memang memiliki uang yang cukup untuk membayarkan tagihan kartu kredit di bulan depandengan jumlah penuh  yang berisikan barang belanjaan saat pesta belanja online. Sebab tidak ada solusi magis untuk membereskan utang kartu kredit. Satu satunya solusi adalah membayar utang kartu kredit dengan nilai penuh setiap kali tagihan datang.

Buat Magical Shopping Account

Karena pesta belanja online ini sifatnya selalu diadakan setiap tahun, yuk buat magical shopping account yang jumlahnya kamu tentukan sesuai dengan harga barang incaranmu di rekening terpisah. Sisihkan penghasilanmu setiap bulan dan masukkan ke dalam magical shopping account ini. Semoga tahun depan kamu bisa berbelanja dengan lebih leluasa karena sudah memiliki uang yang cukup di magical shopping account yang kamu miliki.

Review Belanjaan

Nah ini dia langkah terakhir yang seringkali menjadi momen penyesalan setelah selesai belanja. Menyesal karena sudah berbelanja di luar daftr belanjaan, menyesal tidak mendapatkan barang incaran dengan harga paling murah atau justru menyesal karena melepaskan barang dengan tawaran menarik? Review belanjaan ini hanya untuk melihat apakah keuangan kamu sudah terkendali karena kamu menerapkan langkah langkah belanja di atas. Percaya deh, dengan review belanjaan, kamu akan sadar bahwa kamu ternyata bisa berbelanja sesuai dengan daftar belanjaan dan anggaran yang kamu miliki. Kamu juga akan bangga terhadap dirimu sendiri karena ternyata kamu bisa mengendalikan diri untuk berbelanja hanya sesuai kebutuhan dan bukan keinginan semata.

Nah, mudah bukan tips agar keuangan tetap terkendali walau gempuran promo dan diskon pesta belanja online ada di mana-mana?

Kalau kamu ingin belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi, yuk ikuti kelas finansial online (FCOS) melalui aplikasi zoom. Jadwal kelas dan pendaftaran melalui www.event.qmfinancial.com

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch