Articles

Hari Ayah Nasional

Halo planners!

Saya baru menyadari kalau hari ini tanggal 12 November merupakan peringatan Hari Ayah Nasional. Bermula dari “Sayembara Menulis Surat Untuk Ibu”yang diadakan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) di Solo Jawa Tengah pada 2014 silam, sejarah Hari Ayah Nasional terjadi. PPIP merupakan sebuah paguyuban satu hati lintas agama dan budaya mempertanyakan, “Kapan diadakan Sayembara Menulis Untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah?”. Mereka pun mulai mencari tahu tentang kapan peringatan Hari Ayah. Paguyuban ini bahkan juga melakukan audiensi dengan DPRD Surakarta. Dan setelah kembali melakukan kajian panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia pada 12 November 2016 yang digabung dengan Hari Kesehatan Nasional dengan mengambil semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat dan Papah Jaya”.

Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku “Kenangan Untuk Ayah”yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Usai deklarasi, PPIP mengirimkan piagam deklarasi Hari Ayah dan buku tersebut kepada Presiden serta bupati di empat penjuru Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Usai deklarasi ini, setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Selain ucapan, tidak ada salahnya lho kamu memberikan kado untuk ayah, meski saat ditanya pasti ayah tidak menginginkan apa-apa. Tapi siapa yang tidak senang dapat kado kejutan bukan?

Berikut siasat finansial untuk memberikan hadiah bagi ayah di hari khusus ini,

Fine Dining

Pada Hari Ayah Nasional yang spesial, boleh juga mengajak ayah untuk menikmati makanan di restoran mewah. Sediakan anggarannya ya, maksimal 20% dari penghasilanmu per bulan. Ini artinya apabila pos pengeluaran lifestyle-­mu sudah mencapai 20% dari penghasilanmu bulan ini maka kamu harus berhemat untuk enggak jajan dulu! Ikhlas saja, kan kamu ingin memberikan yang terbaik buat ayah, sama halnya seperti ayah yang sudah mencari nafkah selama ini untuk membiayai semua kebutuhan kamu dan keluarga!

Road trip

Kamu masih ingat film Kulari ke Pantai, sebuah kisah seru road trip Mama Uci bersama putrinya Sam mulai dari Jakarta hingga Banyuwangi? Cobain deh road trip bareng ayah ke tempat yang pernah kalian kunjungi dulu atau bahkan baru sama sekali. Konon, melakukan perjalanan bersama bisa menguatkan bonding  antara orangtua dan anak.

Hadiah

Ada begitu banyak pilihan untuk memberikan hadiah bagi ayah di Hari Ayah, mulai dari produk grooming, hadiah yang dipersonalisasi, sampai hadiah konyol yang akan membuatnya tertawa. Tapi ingat, belilah hadiah yang sesuai dengan anggaran keuangan kamu ya! Jangan sampai sesudah merayakan Hari Ayah, kamu malah terlilit utang yang y=ujung-ujungnya juga menyusahkan ayah.

Bicara keuangan

Hari Ayah ini juga dirasa tepat untuk membahas keuangan lebih serius seperti Dana Pensiun dan persoalan waris. Jujur deh, kamu sebagai anak sungkan bukan untuk bicara soal keuangan kepada orang tua? Semoga di Hari Ayah ini kamu berhasil untuk membahas segala sesuatu finansial dengan baik bersama ayah.

Selamat Hari Ayah Nasional!

-Honey Josep-

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch