Personal

3 Destinasi Liburan Akhir Tahun Lokal yang Eksotis Beserta Bujet ala Backpacker

Liburan akhir tahun tiba! Mau ke mana kita? Mau ke destinasi liburan luar negeri apa dalam negeri saja? Dua-duanya? Boleh saja! Asal ada dananya.

Mari kita jalan-jalan ke dalam negeri dulu. Ada 3 destinasi liburan pulau (kepulauan) eksotis yang selalu ada dalam bucket list setiap traveler yang menyukai keindahan alam yang terbentang, dengan dominasi pemandangan laut.

So, barangkali ini bisa jadi inspirasimu untuk liburan akhir tahun, tapi masih pengin mengeksplorasi negara sendiri.

3 Destinasi Liburan Akhir Tahun yang Eksotis

1. Kepulauan Karimunjawa

Destinasi liburan akhir tahun: Karimunjawa

Nggak ada yang bisa menandingi keindahan hamparan pasir putih dan air jernih yang bermandikan cahaya matahari, seperti yang bisa kamu temukan di destinasi liburan eksotis satu ini.

Sejak tahun 2011, Karimunjawa resmi ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa oleh pemerintah daerah Jepara. Kepulauan yang berluas daratan 7.120 ha ini merupakan rumah bagi ribuan terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan ratusan jenis spesies fauna laut, dengan 200-an di antaranya merupakan ikan hias. Ada pula beberapa jenis spesies fauna langka juga, yaitu elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Karimunjawa sebenarnya terdiri atas 27 pulau, namun hanya 5 pulau saja yang berpenghuni, yaitu Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk, dan Genting.

Di Karimunjawa kamu bisa:

  • Wisata laut. Destinasi liburan satu ini cocok banget sebagai tempat pelepas stres, apalagi kalau kamu adalah penggemar keindahan pantai dan laut. Kamu bisa berjemur, berlayar, bermain jetski, hingga naik banana boat di sini.
  • Wreck dive. Kamu yang suka menyelam, kamu bisa mencoba tantangan ini. Enggak cuma terumbu karang yang bisa ditemui, tetapi kamu juga bisa menjelajahi bangkai kapal yang sudah lama karam di bawah sana. Suasananya yang sunyi dan misterius pasti akan membuat adrenalinmu mengalir kencang. Konon, ada kapal pengangkut batu bara milik Belanda karam juga di sini 60 tahun yang lalu. Kamu bisa melakukan wreck dive ini di Pulau Kemojan.
  • Berenang bersama hiu. Pasti seru! Kamu bisa berlayar ke Pulau Menjangan, di mana terdapat lokasi penangkaran hiu. Kamu bisa berenang di antara ikan-ikan yang terkenal ganas ini–pastinya ditemani pemandu. Jadi, tetap aman.
  • Snorkeling. Ini sih agenda wajib, terutama di area Pulau Menjangan yang terkenal dengan terumbu karang warna-warni dan berbagai jenis ikan serta fauna lainnya.

Untuk bisa menikmati suasana di destinasi liburan yang eksotis ini, jika kamu berangkat dari Jakarta maka kamu perlu menyiapkan:

  • Tiket kereta ekonomi Jakarta – Semarang PP Rp500.000
  • Tiket bus Semarang – Jepara PP Rp100.000
  • Tiket kapal feri Jepara – Karimunjawa PP Rp192.000
  • Penginapan di Karimunjawa (Homestay) Rp150.000/malam/kamar
  • Makan di Karimunjawa Rp30.000/sekali makan
  • Tour laut Rp250.000
  • Jangan lupa siapkan anggaran untuk keperluan darurat juga ya.

Seorang teman mampu backpacker-an dari Jakarta ke Karimunjawa, menginap selama 3 malam hanya dengan Rp2.000.000 saja. Hmmm …. Murah banget kan?

2. Taman Nasional Wakatobi

Destinasi liburan akhir tahun: Wakatobi

Destinasi liburan akhir tahun berikutnya yang patut untuk dipertimbangkan adalah Taman Nasional Wakatobi ini. Surga bawah laut yang termasukd alam pusat segitiga karang dunia atau the heart of coral triangle center ini terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Berbentuk kepulauan, Wakatobi memiliki 4 pulau besar dan beberapa pulau kecil.

Apa saja yang bisa kamu nikmati di destinasi liburan satu ini?

  • Pemandangan laut. Of course! Begitu sesampainya di sana, kehangatan sinar matahari dan udara pantai akan langsung menyambutmu. Wakatobi memang terkenal dengan sejuta pesona laut yang dimilikinya. Selain kamu bisa jalan-jalan di pantai di atas pasir putihnya, kamu juga bisa menyelam untuk menikmati lebih dari 750 spesias terumbu karang. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan ribuan biota laut lain, dari mulai ikan hias, lumba-lumba, bahkan paus.
  • Peninggalan sejarah. Wilayah ini merupakan bekas daerah jajahan Belanda dan Portugis. Karena itu, peninggalan sejarahnya banyak. Di sini ada 15 benteng yang bisa kamu kunjungi untuk wisata sejarah, yaitu Tindoi, Wabuebue, Koba, Liya, Mandati Tonga, Wantinti, dan sebagainya. Juga ada Masjid Tua dan Rumah Adat Bontona, kalau kamu pengin jelajah wisata budaya.
  • Kuliner. Wakatobi punya Kasoami, olahan singkong yang dimakan bersama sup ikan kuning. Must try! Selain itu pastinya menu seafood adalah yang terbaik! Cobain Udang Ronggeng-nya ya!

Untuk bisa menikmati suasana di destinasi liburan yang eksotis ini, jika kamu berangkat dari Jakarta maka kamu perlu menyiapkan:

  • Tiket pesawat ekonomi Jakarta – Makassar PP Rp2.500.000 (kalau dapat tiket promo, ya bisa lebih murah lagi pastinya)
  • Tiket kapal laut Makassar – Wakatobi PP Rp500.000
  • Penginapan (homestay) Rp250.000/malam/kamar
  • Makan di Wakatobi Rp50.000/sekali makan
  • Sewa alat diving dan lain-lain Rp700.000
  • Anggaran untuk keperluan darurat

3. Kepulauan Raja Ampat

3 Destinasi Liburan Akhir Tahun Lokal yang Eksotis Beserta Bujet ala Backpacker

Destinasi liburan eksotik yang ketiga ini merupakan urutan pertama incaran para penyelam dunia. Enggak heran sih, Raja Ampat memiliki koleksi terumbu karang terlengkap di dunia. Ya bayangkan saja, 75% terumbu karang dunia ada di sini!

Raja Ampat juga merupakan salah satu lokasi segitiga emas biota laut, bersama Wakatobi, yang disebut dengan Coral Triangle, yang menyatukan spesies laut dari Indonesia, Filipina, dan New Guinea.

Raja Ampat memiliki 537 jenis karang, 1.309 jenis ikan, 669 jenis moluska, dan 500 lebih jenis hewan karang.

Kepulauan ini berada di Provinsi Papua Barat, berupa daerah kabupaten yang beribukota di Waisai. Terdiri atas 1.500 pulai kecil, dengan 4 pulau besar, yakni Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Oh, ada satu lagi pulau yang lebih kecil–dan bisa dikunjungi karena keindahannya–yaitu Kofiau.

Di Raja Ampat, kamu bisa:

  • Menjelajah dasar laut, of course. Siapkan uang ya, karena konon setiap area ada “pemilik”-nya masing-masing, dan mengenakan biaya. Jangan kaget kalau kurs-nya pakai Euro.
  • Snorkeling, kalau kamu bukan penyelam. Dengan cara ini pun, kamu masih bisa menikmati keindahan bawah airnya yang luar biasa.

Untuk bisa menikmati suasana di destinasi liburan yang eksotis ini, jika kamu berangkat dari Jakarta maka kamu perlu menyiapkan:

  • Tiket pesawat ekonomi Jakarta – Sorong PP Rp6.000.000
  • Tiket kapal laut Sorong – Waisai PP Rp250.000 (cek jadwal ya, karena hanya berangkat 2x dalam sehari)
  • Menginap di Waisai (BnB) Rp500.000/malam/kamar
  • Makan di lokasi Rp50.000/sekali makan
  • Tour Rp1.000.000
  • Biaya tak terduga

Jika kamu berencana untuk istirahat sejenak di Sorong, sebelum ataupun sesudah dari Waisai, maka tambahkan juga anggaran akomodasi dan juga makannya ya.

Tip penting jika kamu pengin menghabiskan liburan akhir tahun di Raja Ampat: bawalah uang tunai sesuai kebutuhan, karena ATM sangat terbatas di Waisai. Penduduk memasang tarif seenak udel, jadi tawarlah jika memang bisa menawar.

Jadi, sudah diputuskan, liburan akhir tahun mau ke mana? Yang pasti, cek dan ricek kembali untuk setiap biayanya, karena yang ditulis di sini adalah per tanggal artikel ini dibuat. Harganya bisa berubah sewaktu-waktu.

Atau, masih pikir-pikir lagi, lantaran dana liburan belum bisa terkumpul akhir tahun ini? Makanya, tetapkan tujuan finansialmu dan bikin rencana liburanmu dengan lebih baik lagi. Tenang saja, masa liburan akan datang lagi.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch