Articles, Dana Pendidikan, Personal, Tujuan Finansial

3 Pertimbangan Penting Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Justru Sering Dilupakan

Sudah tahu berapa uang masuk dan uang bulanan yang harus disetorkan ke sekolah-sekolah di tahun 2020 mendatang? Mulai dari preschool, TK, SD, SMP, SMA, hingga yang tahun depan mulai kuliah? Merasa takut? Merasa was-was, jangan-jangan sebetulnya enggak siap biaya pendidikan anak yang angkanya fantastis itu?

Fear not!

Karena sebenarnya, kita punya buanyak sekali pilihan! Kita punya privilege untuk memilih sekolah yang terbaik, yang paling sesuai untuk anak-anak kita. Dan pilihan itu banyak.

Semua kembali ke diri kita sendiri, sebagai orang tua. Karena sejatinya, mahalnya sesuatu kadang ditentukan oleh lengkap tidaknya fasilitas atau fitur yang ditawarkan. Seperti hotel, semakin lengkap fasilitasnya maka semakin mahal. Tinggal kita sebagai tamu yang menentukan kan, kebutuhan kita selama liburan seperti apa?

Sekolah juga menawarkan fasilitas, kurikulum, suasana, dan metode yang berbeda. Tentu ada plus minusnya sendiri-sendiri. Yang terlengkap, belum tentu sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, siapa yang menentukan kebutuhan? Seharusnya sih anak-anak, karena merekalah yang akan menjalani sekolah nantinya. Tetapi, bisa jadi, anak masih belum mengerti akan kebutuhannya sendiri. Nah, tugas orang tualah untuk mengambil alih, untuk menyesuaikan fasilitas sekolah dengan kebutuhan anak.

Salah seorang teman memilih menyekolahkan anaknya di sebuah sekolah yang tidak menawarkan ekstrakurikuler yang terlalu lengkap. Menurutnya, anaknya butuh pembimbingan secara fokus. Sehingga untuk minat dan bakat ia merasa lebih cocok untuk mencari pembimbingan dari lembaga-lembaga nonformal yang diampu oleh orang yang lebih profesional, ketimbang “hanya” dibimbing oleh guru-guru di sekolah dalam ekstrakurikuler. Waktunya pun bisa dipilih di hari Sabtu, saat sekolah libur. Jadi hari-harinya lebih leluasa, dan fokus pastinya.

Seorang teman yang lain lebih memilih menyekolahkan anaknya di sekolah berbasis alam, karena ia sendiri bertempat tinggal di area padat penduduk dan sibuk, dengan dominasi warga yang individualistis. Ia merasa, sekolah alam cocok untuk anaknya, agar si kecil terdidik lebih peka terhadap lingkungan.

See? Masing-masing punya kebutuhan yang berbeda. Kebutuhan inilah yang mestinya difasilitasi. Baru kemudian menyiapkan biaya pendidikan anak sesuai kebutuhan.

Ada baiknya, orang tua–terutama para orang tua zaman sekarang yang cerdas–mulai menanggalkan pertimbangan-pertimbangan kuno untuk memilih sekolah dan lebih memperhatikan hal-hal yang lebih esensial ketimbang sekadar label dan gengsi.

Apa saja?

3 Pertimbangan untuk Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak

1. Tentukan kebutuhan

3 Pertimbangan Penting Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Justru Sering Dilupakan

Ini dia yang pertama. Jika si kecil belum bisa mengerti kebutuhannya sendiri, maka tugas orang tualah untuk membantunya.

Mengapa?

Karena seharusnya sih, orang tualah yang tahu betul karakter anak masing-masing. Bagaimana cara si kecil belajar, bagaimana caranya menghadapi situasi-situasi tertentu, dan seterusnya. Setiap karakter anak mempunyai kebutuhan yang berbeda.

Inilah yang seharusnya menjadi pegangan orang tua untuk mencarikan sekolah yang tepat.

Misalnya nih. Saya sendiri merasa tidak perlu menyekolahkan anak di sekolah alam, karena pada dasarnya lingkungan sekitar saya masih memungkinkan anak-anak saya bereksplorasi dengan bebas. Sekali waktu, saya ajak melipir ke rumah saudara yang masih banyak sawah di sekitarnya. Saya biarkan anak-anak main ke sungai (asal dipesan untuk selalu berhati-hati), berkeliaran di kebon pisang, dan seterusnya.

Nah, kalau sudah ketemu kebutuhan, maka proyeksikan kebutuhan ini jauh ke depan, hingga membentuk value yang kita harapkan tertanam pada diri si anak.

2. Tanamkan value pada anak sejak sebelum mulai sekolah

3 Pertimbangan Penting Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Justru Sering Dilupakan

Peer pressure is real indeed. Kadang ini enggak bisa dihindari, dan justru terjadi berawal dari sekolah.

So, tugas orang tua memang berat. Selain harus bisa membantu anak mengenali kebutuhannya sendiri dan memproyeksikannya menjadi bekal masa depannya kelak, orang tua juga harus dapat menanamkan value yang baik sejak sebelum anak mulai bersekolah. Dan, kemudian mencari sekolah yang sesuai dengan value yang ditanamkan ini, serta menyiapkan biaya pendidikan anak yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pernah ada cerita viral di media sosial, mengenai seorang anak TK yang mengadu pada ibunya, bahwa ia nggak diperbolehkan masuk ke geng temannya lantaran ia belum pernah mengunjungi Disneyland.

Speechless sih baca ceritanya. Tapi hal ini nyata terjadi. Dan, untuk menghadapinya, anak perlu bimbingan dari orang tua–yang juga sudah mempunyai value yang sama.

Selalu ingat, bahwa monkeys see monkeys do. Bagaimana anak berperilaku, akan bercermin pada orang tuanya. So, tetapkan value seperti apa yang akan ditanamkan pada anak sejak dini.

3. Sesuaikan dengan kemampuan

3 Pertimbangan Penting Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Justru Sering Dilupakan

Saya sendiri tidak begitu terpengaruh dengan berbagai share biaya pendidikan anak di media sosial. Selain karena saya tinggal di daerah–biaya pendidikan sekolah di sini (meski tetap relatif) tidak setinggi Jakarta, saya juga yakin akan dapat memilihkan sekolah yang sesuai dengan kemampuan kami.

Pilihan jenis sekolah kan banyak sekali, dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Kalau seumpama enggak mampu menyekolahkannya di sekolah berfasilitas lengkap, ya berarti harus siap dengan rencana cadangan.

Memberikan yang terbaik, pastinya menjadi cita-cita orang tua untuk anaknya. Tapi harus juga melihat kemampuan kita sendiri.

So, pada dasarnya, dalam hal pertimbangan untuk menyiapkan biaya pendidikan anak memang kembali pada diri orang tua sendiri. Menyiapkan biaya pendidikan anak ini bisa dibilang adalah seni untuk mengenali kebutuhan dan penyesuaian dengan kemampuan.

Pengin belajar lebih banyak mengenai bagaimana menyiapkan biaya pendidikan anak? QM Financial punya kelas finansial online-nya lo! Sila dicek jadwalnya ya, dan segera daftar!

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Satu tanggapan untuk “3 Pertimbangan Penting Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Justru Sering Dilupakan”

  1. […] mengetahui kebutuhan dan juga posisi investasi untuk dana pendidikan anak secara pasti, kita lantas bisa kembali mereview target.Jika memang memungkinkan dan juga mengingat […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch