Articles, Cash Flow, Personal

Nongkrong di Kafe Tapi Dompet Nggak Jebol? Ini 5 Tipnya!

Hari gini, kayaknya kurang gaul banget kalau enggak punya agenda tetap buat nongkrong di kafe; buat sekadar ngobrol sama besties, atau buat kerja. Nah, buat yang freelancer atau pekerja remote tuh. Pasalnya, kerja di rumah rentan ngantuk. Kalau cari suasana enak di kafe, kerjaan juga cepet beres.

Tapi oh tapi … kalau sekali nongkrong di kafe habis ratusan ribu, oh la la …! Gaji sebulan bisa jadi sudah habis separuh buat nongkrong doang. Apa kabar cicilan kendaraan? Apa kabar tagihan sewa kos atau apartemen? Belum lagi buat makan dan transportasi.

Nggak jadi bekerja demi imbalan, yang ada tekor dong.

Terus gimana?

Coba lakukan beberapa hal berikut demi mengendalikan kondisi keuangan tapi tetap bisa nongkrong di kafe.

5 Tip Hemat Nongkrong di Kafe

Nongkrong di Kafe Tapi Dompet Nggak Jebol? Ini 5 Tipnya!

1. Siapkan bujet dari porsi 20% pengeluaran lifestyle

Di QM Financial, kami membagi pengeluaran pribadi umumnya dalam 5 kelompok, yaitu pengeluaran untuk cicilan dan tagihan, investasi atau tabungan, pengeluaran rutin, pengeluaran sosial, dan pengeluaran lifestyle. Masing-masing punya porsi–dibuat standar sih–tapi bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Nongkrong di kafe masuk ke kelompok pengeluaran kelima, yaitu pengeluaran lifestyle yang berporsi 20% dari penghasilan. Nah, kalau kamu memang punya agenda tetap untuk nongkrong di kafe, maka buatlah bujet sekian persen dari 20% penghasilan tersebut. Tentunya kan, keperluan lifestyle kamu enggak hanya nongkrong di kafe saja kan? So, dari pos pengeluaran lifestyle ini, bagilah ke dalam beberapa pos lagi sesuai pengeluaranmu.

2. Jangan nongkrong dengan perut yang kosong banget

Perut kosong itu bikin kalap. Enggak hanya nongkrong di kafe, belanja groceries bulanan saja haram dilakukan dengan perut kosong. Bisa kalap pisan! Apalagi buat nongkrong.

Jadi, sebelum berangkat ke kafe, makan dulu saja dari rumah. Makan apa pun deh, kalau bisa ya masak sendiri. Biar hemat. Tapi juga jangan terlalu kenyang, biar ada ruang sedikit buat diisi di kafe nanti.

Pun kalau berencana untuk kerja di kafe. Sebisa mungkin perut diisi dulu dari rumah. So, di kafe nanti mungkin hanya tinggal pesan kopi dan makanan kecil saja.

Ada seorang teman, kalau kerja di kafe cukup pesan kopi seduhan basic aja, dan appetizer yang berat. Menurutnya, itu lebih murah ketimbang pesan makan siang plus minumnya. Kalau terpaksa harus makan siang, ya dia keluar dari kafe dan lebih suka mencari warung-warung yang lebih murah. Baru setelah makan siang itu, dia mencari kafe lagi untuk kerja–kalau enggak ya, langsung pulang saja.

Toh, pekerjaan sebagian besar sudah diselesaikan di kafe. Di rumah tinggal beresin, dan bisa rebahan deh.

5 Langkah Mengurangi Kasbon Karyawan yang Bisa Dilakukan oleh Manajemen Perusahaan

3. Pilih menu promo bulanan atau mingguan

Nah, kadang kafe juga menawarkan berbagai promo. Kadang ada menu bulanan dalam bentuk paket yang ditawarkan dengan potongan harga. Manfaatkan kesempatan ini deh, jangan disia-siakan.

Lumayan banget kan, misalnya satu porsi makanannya dibanderol Rp60.000 dan minumannya Rp30.000, setelah jadi paket promo kita tinggal bayar Rp55.000.

Wah! Lumayan bangat!

4. Bawa tumbler sendiri berisi air mineral

Jurus hemat nongkrong di kafe keempat ini juga ala-ala teman yang lebih suka pesan appetizer berat tadi.

Katanya, kadang yang bikin “bocor” itu adalah air mineral. Masa air mineral aja mesti beli juga di kafe? Mendingan bawa tumbler sendiri dari rumah dan diisi air putih.

Katanya lagi, kalau seumpama ditegur sama pengelola kafe ya bilang saja, “Bawa tumbler sendiri, demi menghemat sampah plastik!”

Bisa aja, ngelesnya.

Yes, memang biasanya kalau di kafe kita akan dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Tapi, biasanya kalau bawa tumbler sendiri berisi air mineral mah nggak masalah.

7 Jebakan Gaya Hidup Kekinian yang Bisa Bikin Jebol Dompet

5. Pesan bareng lalu sharing

Ini bisa dilakukan kalau kita nongkrong di kafe ramai-ramai. Food sharing is caring! Ha!

Ketimbang pesan sendiri-sendiri mending sharing, terus patungan deh. Nongkrongnya seru, plus hemat pula.

Nah, gimana? Lumayan kan tip hemat nongkrong di kafe ini? Kamu punya tip lain? Boleh lo, kalau mau ditulis di kolom komen.

Yash, boleh saja kok bersenang-senang, tapi juga ingat, kalau kita pun masih punya banyak keinginan dan cita-cita yang harus diwujudkan. Betul nggak?

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.

TOPICS


Satu tanggapan untuk “Nongkrong di Kafe Tapi Dompet Nggak Jebol? Ini 5 Tipnya!”

  1. […] berkomitmen untuk mengurangi pos-pos lain yang sekiranya bisa dikurangi ataupun ditunda. Misalnya, kurangi dulu nongkrong di kafe, bawa bekal makan siang dari rumah alih-alih selalu pesan makanan online, dan berbagai cara […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch