Articles, Cash Flow, Personal, Tujuan Finansial

7 Tip Konsisten Menjalankan Resolusi Keuangan

‘Janji manis’ resolusi keuangan yang sudah kamu buat akan sekadar janji beneran ketika akhirnya diabaikan dengan berbagai alasan. Meski kamu sudah membuatnya serealistis mungkin.

Karena itu, kamu butuh beberapa langkah nyata (lagi) agar jalan untuk mencapai tujuan keuanganmu semakin jelas tahun ini. Jangan lagi melakukan kesalahan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Resolusi keuangan enggak akan menjadi hal klise kalau benar-benar kamu jadikan sebagai goals penting untuk dicapai tahun ini. Pasti bisa deh kamu capai, jika kamu memang benar-benar berniat mewujudkannya.

Coba lakukan beberapa langkah berikut.

7 Tip Konsisten Resolusi Keuangan

1. Nggak usah bikin terlalu banyak

Keinginan dan cita-citamu mungkin saja banyak. Tapi kan, enggak semuanya harus terwujud tahun ini. Pilihlah resolusimu dengan bijak. Kamu bisa memilih dari yang paling urgent dulu, atau dari yang paling mudah kamu capai dulu.

Akan lebih baik jika kamu enggak terlalu banyak membuat resolusi keuangan–tetapi realistis–ketimbang semua-mua kamu inginkan tercapai.

Kesehatanmu lo!

7 Tip Konsisten Menjalankan Resolusi Keuangan

2. Yang penting: catat!

Catat. Catat. Catat.

Zaman sekarang, mencatat enggak harus selalu dengan menulis. Kamu bisa mencatatnya di aplikasi smartphone. Bisa kamu catat di media sosial–sekalian saja biar dunia tahu apa goalsmu tahun ini (selain biar bisa diaminkan, sekalianlah pamer). Kamu juga bisa merekamnya, kalau malas mengetik.

Ada banyak cara memang untuk me-reminder dirimu sendiri, dan manfaatkanlah sebaik-baiknya.

3. Ceritakan pada beberapa orang di sekitarmu

Selain kamu bisa mencatatnya sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan pada orang-orang di sekitarmu.

Ceritakanlah apa yang menjadi keinginanmu untuk tahun ini sebagai resolusi keuangan. Selain mereka bisa mengaminkannya, sekaligus mereka bisa membantumu mewujudkan resolusimu itu.

Kadang, kita juga jadi “punya rasa malu” kalau misal kita sengaja melanggar janji kita sendiri, kalau sudah ada orang lain yang tahu kan? Mereka jadi bisa ikut menegur, kalau misalnya kita enggak konsisten melakukan resolusi kita.

5 Jenis Utang yang Paling Sering Menjebak dan Bikin Masalah

4. Lakukan refleksi sesering mungkin

Refleksi terhadap resolusi keuangan yang sudah kamu buat ini enggak perlu menunggu akhir tahun kan, sebenarnya? Kamu bisa melakukannya kapan pun kamu mau.

Misalnya saja, kamu lakukan di setiap akhir bulan–untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kamu sudah menjalankan resolusimu itu. Catat, apa saja yang masih kurang optimal, dan apa yang masih bisa dilakukan. Catat pula, apa saja yang sudah berhasil kamu lakukan.

Dengan melakukan refleksi sesering mungkin, kamu akan tahu apa yang salah lebih cepat sehingga bisa mengambil langkah antisipatif.

5. Rencanakan step by step

Well, mungkin kamu memang punya resolusi keuangan yang banyak tahun ini, karena semuanya penting. Ya, enggak masalah juga.

Sekarang, langkah berikutnya adalah membuat rencana step by step. Kamu bisa memecahnya dalam resolusi bulanan, kalau perlu.

Misalnya saja, tahun ini, dana darurat sebesar 30 juta sebagai targetmu. Maka, rencanakan per bulan, kamu harus menabung berapa di instrumen tabungan/investasi apa. Jadikanlah target tabunganmu ini sebagai resolusi bulanan.

5 Langkah Mengurangi Kasbon Karyawan yang Bisa Dilakukan oleh Manajemen Perusahaan

6. Boleh saja kasih reward pada diri sendiri

Kalau kamu sukses memenuhi resolusimu–baik yang tahunan maupun bulanan–kamu boleh saja memberi dirimu sendiri sebuah reward. Enggak perlu terlalu mewah atau mahal juga kan?

Misalnya, membiarkan diri sendiri maraton nonton film di bioskop di weekend, setelah kamu berhasil melunasi utang kartu kredit. Belinya tiket tapi jangan pakai kartu kredit lagi ya. Sama aja dong!

Tapi di samping itu, kamu juga bisa memberi dirimu sendiri punishment, jika sampai tak mencapai target resolusi keuangan yang sudah kamu tentukan. Enggak usah terlalu berat juga kok. Misalnya saja, minggu ini enggak boleh makan di luar, karena minggu kemarin udah nongkrong saban hari sama teman-teman.

Pastikan masing-masing reward dan punishment memang bermanfaat untuk dirimu sendiri ya! But then again, jangan terlalu keras pada diri sendiri juga.

7. Semangat!

Nah, ini yang terakhir ini nih yang paling penting. Semangat!

Jaga semangatmu untuk menjalani tahun 2020. Persiapkan diri, bahwa halangan itu pasti akan selalu ada. Enak bets kalau enggak ada, mungkin bukan hidup tuh namanya.

Optimis, bahwa di akhir tahun semuanya akan dalam kondisi baik-baik saja, selama kamu sudah berusaha.

Yes, artikel ini adalah artikel terakhir dalam seri resolusi tahun baru–terkhusus resolusi keuangan dalam situs QM Financial ini di bulan Januari 2020. Semoga tahun ini menjadi tahun yang baik buat kita semua ya!

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch