Personal, Investasi

5 Jenis Investasi pada Diri Sendiri yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pandemi

Sudah lebih dari satu bulan, kita melakukan karantina diri—mengurung diri sendiri di dalam rumah dan enggak keluar jika tidak ada keperluan mendesak. Alih-alih mengeluh terus lantaran bosan di rumah, QM Financial pengin bertanya, apakah kamu sudah memanfaatkan kesempatan ini untuk investasi pada diri sendiri?

Well, mungkin kamu tak pernah sempat melakukannya sebelumnya kan? Sibuk kerja, sibuk urus sekolah anak, dan segudang kesibukan lain membuatmu lupa bahwa kita juga perlu investasi pada diri sendiri. Yups, karena investasi itu enggak melulu berbentuk saham, reksa dana, properti, logam mulia, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis investasi yang harus kita lakukan demi kemajuan diri sendiri juga.

Kalau mengutip Kakek Warren Buffett sih begini:

The best investment you can make, is an investment in yourself. The more you learn, the more you’ll earn.

Nah, tuh. Si empu perinvestasian saja bilang, bahwa kita jangan sampai lupa investasi pada diri sendiri, karena toh manfaatnya enggak akan berhenti di saat ini saja, tapi sampai jauh ke depan. Bahkan bisa mengubah hidup kita, dan membuat kita mencapai mimpi lebih cepat. Nggak jauh dengan membuat rencana dan tujuan keuangan kan?

Apalagi sekarang, mungkin kamu punya waktu lebih banyak ketimbang sebelumnya? Ketimbang mengeluh gabut atau bosan di rumah saja, mendingan manfaatkan untuk investasi pada diri sendiri.

So, apa saja bentuk investasi pada diri sendiri yang dapat kita lakukan di masa karantina pandemi virus korona seperti sekarang? Banyak. Simak artikel ini sampai selesai ya.

5 Jenis Investasi pada Diri Sendiri yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pandemi

5 Jenis Investasi pada Diri Sendiri yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pandemi

1. Baca buku

Buku adalah sumber ilmu. Katanya sih begitu, dan rasanya pepatah ini benar adanya. So, kalau kamu pengin investasi pada diri sendiri, kamu bisa memulainya dari sini.

Kamu bisa memilih antara memperdalam pengetahuan dan keahlian yang selama ini sudah kamu geluti, ataupun bisa menambah lagi keahlian yang lain–yang kemarin-kemarin kamu sudah pengin tapi enggak ada waktu untuk ngulik lantaran kesibukanmu.

Enggak harus beli buku baru. Kamu bisa pinjam juga di perpustakaan digital, seperti iPusnas. Banyak koleksi buku dalam bentuk buku digital yang bisa dipinjam secara gratis di sana. Kalau sudah selesai, kamu bisa kembalikan dan pinjam buku lain lagi.

2. Olahraga dan perbaiki pola hidup

Rasanya sih, investasi pada diri sendiri yang satu ini adalah yang paling ‘mahal’ sekarang ini ya–di masa pandemi ini.

So, ayo, mumpung ada kesempatan dan juga alasan yang sangat kuat–buat yang kemarin-kemarin menunda olahraga–sekarang mulai deh bikin niat, jadwal, dan komitmen untuk rutin. Sebelum mulai work from home, ada dong waktu sebentar buat sekadar jalan pagi keliling kompleks (jangan lupa tetap pakai masker, dan physical distancing ya), atau kalau mau olahraga di rumah juga bisa banget kan? Bisa sontek deh video-video di Youtube. Mau yoga, zumba, aerobik, whatever … ada semua kok!

Sekalian, jaga pola makan. Yang dulu-dulu pokoknya asal kenyang dan makan terburu-buru, coba deh mulai kebiasaan mindful eating dan perbanyak buah serta sayurnya.

Rebahan boleh, tapi atur waktu supaya tetap aktif.

5 Hal tentang Pajak Pekerja Lepas atau Freelancer

3. Gabung di komunitas online yang berfaedah

Memang sih, banyak grup WhatsApp yang justru menjadi “sumber” hoaks. Yang kayak gini, mending dikurangi sajalah. Akan lebih baik, jika kamu mencari circle baru, komunitas baru dengan orang-orang yang juga punya positive vibes, untuk berbagi semangat, dan mungkin ilmu.

Cari saja komunitas hobi yang sesuai dengan minatmu. Biasanya akan banyak ilmu praktis nih dari komunitas atau grup seperti ini.

Jauh lebih baik ketimbang grup-grup unfaedah itu kan? Selain menjadi investasi pada diri sendiri, ini juga akan lebih baik bagi kesehatan mentalmu lo!

4. Cari peluang penghasilan baru

Mungkin penghasilanmu agak berkurang saat ini ya? Well, kamu enggak sendirian. Banyak banget yang lain yang juga terdampak kok. Yang lebih parah lebih banyak lagi.

Makanya, coba yuk, coba cari peluang untuk bisa menambah penghasilanmu. Kan lumayan, bisa menambah panjang napas sampai benar-benar berlalu semuanya.

Coba amati peluang yang ada. Sekarang yang lagi banyak dicari adalah apa-apa yang bisa dibeli online dan diantar ke rumah pembeli langsung. Mulai dari sembako, sayur-sayuran, buah-buah, obat, bahkan kemarin juga lihat ada jasa servis hape online juga. Kalau butuh servis, si tukang servisnya ke rumah.

Kamu hobi masak? Hobi baking? Bisa banget tuh dicari peluang untuk menjualnya secara online. Bahkan tetangga kanan kiri di rumah pun pasti banyak yang mau membeli dari kamu.

Bisnis online seperti ini, walaupun nanti pandemi berakhir, juga bisa kamu lanjutkan lo!

Memulai 2020 dengan Keuangan yang Sehat

5. Ikut kelas-kelas online

Berbagai kelas atau kursus sekarang juga dialihkan menjadi kelas online. Begitu juga dengan kelas finansial di QM Financial. Sekarang semakin banyak kelas ditawarkan lo! Beberapa di antaranya malah khusus diadakan untuk membantu kalian mengatur keuangan di masa pandemi. Seperti mengatur cash flow kembali agar sesuai dengan pola hidup yang sekarang, atau bagaimana caranya tetap berinvestasi meski dalam masa sulit.

Kamu bisa mengecek jadwal kelas finansial online di web QM Financial ini, dan pilih sesuai kebutuhanmu ya!

Nah, banyak kan yang bisa kamu lakukan demi investasi pada diri sendiri?

Memang ada banyak hal yang terhambat di saat-saat seperti ini, tetapi banyak hal lain pula yang bisa dilakukan. Salah satunya upgrade diri sendiri. Tetap semangat #dirumahaja ya! Demi kebaikan bersama.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial adalah sebuah perusahaan perencana keuangan independen yang terus berkembang. Jika Anda memiliki passion dalam perencanaan keuangan, Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch