Personal, Cash Flow

Physical Distancing, Weekend, dan Tanggal Tua: Ngapain Enaknya?

Lagi physical distancing–yang berarti harus lebih banyak dan bakalan lebih lama lagi tinggal di rumah–weekend, dan tanggal tua pula. Duh, sedih amat yak?

Tapi kondisi seperti ini, disyukurilah bahwa sebentar lagi masih gajian (meskipun mungkin enggak penuh terbayarkan, atau uang makan ditiadakan). Orang lain banyak yang kehilangan pekerjaan, atau dirumahkan tanpa gaji.

Oh well, jadi kudu wajib harus mengurangi keluhan soal “tanggal tua” nih ya? Kalau gitu, mari kita cari kegiatan asyik yang bikin kita (seolah) lupa bahwa kita sedang melakukan physical distancing saat weekend dalam tanggal tua pula. Yuk, cus!

7 Kegiatan buat Kamu yang Lagi Physical Distancing saat Weekend di Tanggal Tua

Physical Distancing, Weekend, dan Tanggal Tua: Ngapain Enaknya?
belajar belanja, susun menu, masak sendiri!

1. Coba resep baru

Kamu hobi masak? Kalau iya, sekaranglah saatnya kamu cobain satu per satu resep koleksimu. Berimprovisasilah dengan bahan-bahannya, sesuaikan dengan yang ada di kulkas.

Nggak hobi masak? Ya, sekarang juga saatnya untuk mencoba memasak. Mulailah dari resep-resep yang gampang dan antigagal. Kamu bisa mencari di Youtube, Instagram, atau download aplikasi kumpulan resep-resep.

Ini akan jadi keterampilan yang sangat berguna saat physical distancing seperti ini lo. Jadi, coba deh, mumpung ada waktu. Siapa tahu ke depannya, kamu juga bisa hemat banyak karena enggak terlalu banyak jajan di luar.

2. Tata ulang perabotan

Nggak bosen dengan suasana yang gitu-gitu melulu? Mumpung lagi di rumah aja dan melakukan physical distancing, coba deh atur ulang perabotan.

Geser-geser kursi, ganti sarung cushion, ubah sedikit letak meja, dan seterusnya. Sekalian tata ulang, semprotkan disinfektan di permukaan-permukaan yang sering tersentuh tangan.

Suasana yang baru akan membawa semangat kerja naik lagi di hari Senin nanti. Work from home pun jadi fresh, enggak ngebosenin dan ide-ide segar pun mengalir deh.

7 Tip Mulai Kerja di Rumah Agar Tetap Efektif

3. Coba Do-It-Yourself yang ada di Youtube

Banyak hal kamu temukan di Youtube, ya kan? Salah satunya video-video tutorial DIY, alias do it yourself. Banyak banget, mulai dari bikin lilin aromaterapi sendiri, bikin toilet bombs sendiri, sampai bikin rak buku dari kayu atau kardus-kardus bekas juga ada.

Coba deh, dicari dan praktikkan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah. Kalau bisa jadi barang yang fungsional lagi, selain kita sudah mencintai bumi dengan mendaur ulang barang, kita juga bisa berhemat kan, enggak perlu beli perkakas atau barang-barang yang bisa kita buat sendiri itu?

4. Karaokenan

Mau senang-senang enggak mesti pergi ke tempat karaoke kok. Kamu kan, bisa karaokenan sendiri di rumah. Sama serunya, karena kamu juga bisa nyanyi bareng sama teman-teman ala-ala konser di rumah yang sering diadakan oleh artis-artis top itu.

Tinggal pakai aplikasi web conference aja, undang beberapa teman, diskusi mau nyanyi lagu apa, dan langsung eksekusi! Seru banget pasti!

5 Jenis Investasi pada Diri Sendiri yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pandemi

5. Habiskan timbunan buku

Siapa nih yang hobi banget beli buku, pemburu buku diskonan, tapi ditimbun aja enggak dibaca-baca?

Yak, kalau kamu punya hobi impulsif satu ini, sekarang saatnya kamu mulai menghabiskan timbunan bukumu satu per satu. Buku dibeli kan untuk dibaca, ya kan? Bukan hanya untuk dipajang.

Akan lebih baik lagi, jika nanti setelah kamu berhasil membaca dan satu per satu mengurangi timbunan buku, buku-bukunya juga disumbangkan ke perpustakaan-perpustakaan yang kekurangan koleksi buku.

Menyalurkan hobi, sambil berdonasi, asyik kan?

6. Main board games

Main games di smartphone mungkin sudah biasa. Karena selama physical distancing kamu juga melakukannya, mungkin sekarang pun kamu sudah bosan.

Kalau di rumah ada anak-anak, atau keponakan-keponakan, atau mungkin ada teman-teman sekos yang tahun ini juga enggak bisa mudik, kamu bisa rame-rame main board games loh! Mulai dari monopoli, ular tangga, ludo, halma, dan sebagainya.

Hayo, kapan terakhir kali seru-seruan main kayak gini? Sudah lama banget pasti!

Enggak hanya board games, kamu juga bisa main catur, atau main kartu. Asal enggak pakai taruhan ya, itu mah dosa!

Physical Distancing, Weekend, dan Tanggal Tua: Ngapain Enaknya?

7. Berkebun

Selama physical distancing, ada baiknya kamu juga kenalan dengan beberapa hobi baru yang mengasyikkan–seperti berkebun misalnya.

Zaman sekarang, berkebun itu enggak mesti harus punya halaman atau lahan yang luas lo. Kamu bisa membuat taman vertikal di sepanjang dinding, atau coba bikin hidroponik yang bahkan bisa kamu pelihara di jendela kamar kosmu.

Cobalah menanam tanaman-tanaman yang mudah perawatannya, misalnya seperti sukulen yang bentuknya lucu-lucu, atau lidah buaya. Lidah buaya ini gampang banget hidup, dan daunnya juga punya banyak khasiat yang menyehatkan. Jadi, kamu bisa coba dari tanaman satu ini.

See? Biarpun lagi physical distancing, weekend, dan tanggal tua, kamu tetap bisa bersenang-senang. Hemat, tapi tetap bahagia, plus kalau bisa berfaedah. Apa pun bisa kamu lakukan, asal hati senang.

Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Satu tanggapan untuk “Physical Distancing, Weekend, dan Tanggal Tua: Ngapain Enaknya?”

  1. […] kan, lagi physical distancing? Nggak boleh keluar kalau enggak mendesak? Well, sebenarnya untuk sekadar jalan-jalan kaki aja demi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial adalah sebuah perusahaan perencana keuangan independen yang terus berkembang. Jika Anda memiliki passion dalam perencanaan keuangan, Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch