Articles, Practical Tips

7 Peluang Usaha Baru di Masa New Normal

Selalu ada dua sisi di setiap hal. Begitu juga dengan pandemi kali ini; di satu sisi, ekonomi terpuruk karena banyak aktivitas terhenti, tetapi di sisi lain muncul banyak peluang usaha baru yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan kita yang baru juga.

QM Financial telah mengamati beberapa peluang yang menggeliat di tengah perjuangan pemulihan ekonomi beberapa waktu terakhir, dan menemukan beberapa peluang usaha baru yang sangat menarik ini.

Kamu tertarik? Coba yuk, lihat! Siapa tahu bisa jadi ide bisnis yang baru untukmu, sehingga kamu mungkin bisa mendapatkan penghasilan baru atau tambahan dari peluang usaha ini.

7 Peluang Usaha Baru di Masa New Normal

5 Cara Menyusun Menu Buka Puasa Hemat dan Sehat untuk Sekeluarga

1. Penyedia makanan sehat dan praktis

Tuntutan kondisi yang berubah dewasa ini memaksa masyarakat untuk lebih picky dalam menentukan apa yang mereka konsumsi setiap harinya. Picky dalam arti baik, karena sekarang kita semua semakin sadar akan pentingnya kesehatan, kebersihan, dan kandungan nutrisi dari setiap makanan yang kita makan.

Tujuannya apa lagi kalau bukan demi menjaga kesehatan diri sendiri. Namun, seiring dengan hal tersebut, masyarakat modern juga butuh kepraktisan; sesuatu yang enggak ribet, cepat bisa dinikmati, dan tentu saja, terjangkau. Hmmm, sungguh tuntutan yang sangat kompleks. Betul?

So, di sini muncullah peluang usaha baru, seperti usaha katering sehat. Sebelum ini, sudah muncul usaha katering diet, misalnya khusus untuk diet keto atau diet mayo. Sekarang, harus ada pilihan baru lagi. Tak terbatas untuk diet, tetapi menyediakan makanan sehat yang lebih general.

Juga muncul peluang usaha baru untuk toko online khusus buah, sayuran organik, minuman herbal, dan sebagainya. Kata kuncinya ada pada “bisa dipesan online dan bisa diantar”.

Kamu tertarik?

2. Perlengkapan home gym

Seiring kesadaran untuk menjaga kesehatan, maka keinginan untuk bisa rutin berolahraga pun bertumbuh. Sayangnya, masyarakat sudah sangat menurun kepercayaannya terhadap higienitas tempat publik, sehingga di masa new normal ini, mereka prefer untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat private, atau yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Banyak orang mulai memiliki home gym; memakai salah satu sudut rumah untuk berolahraga secara mandiri–dengan bantuan Youtube atau video conference.

Jika kamu tahu ada vendor atau supplier yang bisa diajak kerja sama untuk jualan alat-alat home gym, kamu bisa mencoba mengambil peluang usaha baru ini.

7 Cara Mengelola Utang di Tengah Masa Sulit

3. Alat kesehatan dan kebersihan

Masih dalam rangka meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan, semakin banyak orang yang pengin beli ini-itu yang dapat membantu mereka menjaga kesehatan.

Seperti robot vacuum cleaner, yang belakangan laris manis. Atau alat-alat masak untuk vegetarian. Sepeda, juga salah satunya. Nggak perlu lagi menyebutkan masker, face shield (sekarang pun muncul face shield untuk anak-anak yang lucu-lucu banget), sampai kotak bekal makan yang diklaim menjamin makanan tetap sehat dan nutrisinya nggak hilang.

Nah, ini juga bisa jadi peluang usaha baru buat kamu yang kebetulan punya sumber dayanya.

4. Grocery online

Sudah beberapa waktu belakangan, WhatsApp group RT, RW, sampai grup wali murid sekolah anak saya mendadak jadi pasar online. Berbagai kebutuhan ditawarkan, mulai dari bahan-bahan makanan, telur, sembako, sampai sayuran. Bisa dipesan secara online, dengan harga yang lebih miring ketimbang supermarket, dan diantar sampai di rumah.

Niqmat mana lagi yang harus didustakan, bagi ibu-ibu rumah tangga yang nggak mau ribet seperti saya?

Ini juga bisa jadi peluang usaha baru yang sangat menjanjikan di masa new normal. Sekalian saja buka pasar di media sosial dan marketplace, kalau perlu, supaya bisa menjangkau pasar lebih luas.

5 Tip Belanja Kebutuhan Hidup di Masa Pandemi

5. Logistik dan delivery service alias kurir

Seiring pula dengan bertumbuhnya kebiasaan baru masyarakat yang lebih suka belanja online, muncul pula peluang usaha baru layanan jasa pengantaran barang dan logistik.

Jika kamu punya sarana dan prasarana yang cukup memadai, kamu bisa ambil peluang ini. Enggak perlu jauh-jauh ke luar kota dulu juga kok. Kamu bisa mulai dari dalam kota dulu, dalam radius berapa kilometer dari domisilimu. Seiring waktu, semoga kamu bisa menambah armada, sehingga bisa melayani hingga ke mana saja. Amin!

6. Online/virtual event organizer

Ternyata ngurusin kelas online dan webinar dengan jumlah peserta ratusan itu perlu effort yang sama besarnya dengan mengurus seminar offline loh!

Di masa pandemi dan new normal, banyak bisnis dan perusahaan yang mengonversi aktivitas offline menjadi online. Misalnya, seminar, talkshow, sampai bazar, semua dijadikan online. Belum lagi, sekarang juga ada virtual wedding; acara pernikahan yang bisa dihadiri secara streaming (selain ada juga yang mengadakan resepsi drive thru). Ada juga sekarang virtual tour; yang memungkinkan peserta tour menjelajah daerah secara virtual dengan dipandu oleh tour guide.

Semuanya itu butuh event organizer yang terampil. Kamu merasa mampu? Mengapa enggak mengambil peluang usaha baru ini?

7 Peluang Usaha Baru di Masa New Normal

7. Pengembang bisnis online

Banyak pebisnis yang harus segera pivoting bisnisnya dari offline menjadi online di masa new normal. Kalau sebelumnya, go-digital hanya menjadi opsi, sekarang menjadi bentuk keharusan.

Sayangnya, enggak semua siap. Banyak pemilik bisnis yang masih kesulitan untuk menyesuaikan diri. Jika kamu merasa punya kemampuan, kamu bisa mencoba peluang usaha baru ini, membantu mereka untuk meng-go digital-kan bisnisnya. Kamu bisa mencari vendor web developer, mencari admin untuk marketplace dan media sosial, dan menawarkan berbagai strategi digital marketing untuk membantu para pebisnis ini.

Hmmm, lumayan menggiurkan kan?

Nah, semoga kamu bisa ambil bagian dalam berbagai aktivitas pemulihan ekonomi pasca pandemi, dengan beberapa peluang usaha baru di atas. Atau, kamu punya ide lain? Boleh juga ditulis di kolom komen, sebagai tambahan.

Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch