Personal, Cash Flow

Single Happy, 5 Privilege Ini Hanya Kamu yang Punya

Menjadi seorang single happy, alias jomlo bahagia, itu sebenarnya banyak keuntungannya. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang lajang, yang tak dapat dilakukan oleh mereka yang sudah berpasangan, bahkan sudah menikah, termasuk dalam hal keuangan.

Menjadi seorang single happy itu privilege.

Nggak percaya? Coba simak terus artikel ini sampai selesai ya. Barangkali pada akhirnya nanti, kamu lebih tercerahkan tentang mengapa menjadi single happy itu sebenarnya adalah privilege.

5 Alasan Mengapa Jadi Single Happy Itu Privilege Secara Finansial

5 Alasan Mengapa Jadi Single Happy Itu Privilege Secara Finansial

1. Kebutuhan lebih sedikit

Bagaimanapun, kebutuhan satu orang itu lebih sedikit dan praktis–biasanya–ketimbang kebutuhan dua orang yang harus dipikirkan bersama.
Menjadi seorang lajang, berarti kamu hanya perlu memikirkan kebutuhanmu sendiri, dan kemudian menemukan cara dan solusi terbaik untuk memenuhinya. Kamu enggak perlu pusing memikirkan kebutuhan orang lain juga (baca: pasanganmu), dan tak perlu pula repot mengatur prioritas, karena semua prioritas akan jadi milikmu sendiri.

Tentu laporan keuanganmu juga akan lebih simpel. Semua berorientasi pada kebutuhanmu sendiri sebagai single happy, dan kamu bisa fokus pada cita-citamu sendiri juga.

2. Keputusan di tangan sendiri

Semua keputusan finansial tentu ada di tanganmu sendiri, jika kamu seorang single happy. Membuat tujuan keuangan seperti apa pun, semua bisa kamu putuskan tanpa repot-repot berdiskusi dengan yang lain.

Mau beli rumah dulu? Bisa. Mau bangun dana darurat sambil jalan? Ayo. Mau buat tabungan/investasi yang akan kamu gunakan untuk keliling dunia? Bisa saja, karena kamu enggak harus punya ongkos jalan untuk dua orang.

Semua keputusan bisa kamu buat sendiri, untuk kebaikanmu sendiri.

5 Tujuan Keuangan yang Seharusnya Dimiliki Demi Kualitas Hidup yang Lebih Baik

3. Utang jadi tanggung jawab pribadi

Pernah ada kasus nih, teman sendiri. Sebelum berkeluarga, yang bersangkutan sudah berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengelola keuangan pribadinya secara sehat. Minim utang, dan bisa investasi dengan maksimal. Begitu menikah, ternyata pasangannya punya warisan utang keluarga. Tak ada pilihan lain, warisan utang ini pun menjadi bebannya juga.

Privilege bagi seorang single happy adalah kalaupun utang, hal itu juga menjadi tanggung jawab pribadi. Sudah utang, ya pasti harus berani bayar. Meski risiko ditanggung sendiri, tapi the good side-nya adalah kamu juga tak harus berbagi tanggung jawab atas utang yang dibuat oleh pasanganmu.

Utangmu ya utangmu sendiri. Tentu dengan begini, kamu lebih mudah membuat rencana yang matang untuk dapat melunasinya kembali. Dengan kebutuhan yang tidak begitu banyak, pun kebebasan untuk membuat keputusan dan keterampilan mengatur keuangan yang baik, utang bisa jadi hal yang cukup mudah untuk dikelola.

4. Dapat mengambil risiko investasi lebih besar dengan imbal optimal pula

Kebutuhan belum banyak, belum ada keluarga yang menjadi tanggungan, bisa membuat kamu merencanakan investasi semaksimal mungkin untuk masa depanmu.

Kamu boleh saja mengambil investasi berisiko tinggi karena mengharapkan imbal yang juga besar, demi bisa mewujudkan tujuan keuanganmu yang juga membutuhkan biaya yang sangat besar.
Karena kebutuhan yang mungkin tidak sebanyak mereka yang berpasangan, seorang single happy bisa mengalokasikan lebih banyak dana ke pos investasi untuk dikembangkan semaksimal mungkin.

Mulai Investasi, Berikut 5 Hal yang Harus Selalu Menjadi Pertimbangan Sebelumnya

5. Lebih banyak waktu untuk mengembangkan diri

Saat ini, mungkin satu-satunya keluarga yang kamu miliki adalah keluarga yang membesarkanmu. Dengan statusmu sebagai single happy, kamu juga lebih leluasa untuk berbagi dengan mereka. Kamu bisa lebih leluasa untuk fokus membantu mereka.

Selain itu, kamu juga lebih banyak waktu untuk mencari peluang mendapatkan penghasilan sampingan, selain pekerjaan utama yang sekarang kamu lakukan. Kamu juga punya lebih banyak waktu untuk fokus mengembangkan dirimu sendiri dengan menambah berbagai keterampilan dan hobi sesuai minatmu.

Jadi, gimana? Jadi jomlo nggak selalu menyedihkan kan? Justru, ini jadi privilege luar biasa yang harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin.

Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah menambah keterampilanmu mengelola uang. Yuk, belajar mengelola keuangan dengan lebih baik lagi! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch