Articles

Rencana Bisnis: Apa Sih Pentingnya Dibuat, Apalagi di Masa Pandemi COVID-19?

Rencana bisnis menjadi hal tak terpisahkan dalam proses membangun bisnis. Bahkan sampai ketika kita berniat untuk ekspansi ataupun mengembangkan bisnis, business plan ini adalah hal yang penting.

Mengapa Rencana Bisnis ini Penting Dimiliki oleh Para Pemilik Bisnis?

Ada banyak alasan mengapa kita harus membuat rencana bisnis, dari jangka pendek hingga jangka panjang.

Simak dulu yuk, video berikut ini!

Mengontrol Bisnis

Dengan adanya rencana bisnis, kita dapat menentukan apa yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan, sehingga kita pun dapat menyusun prioritas operasionalnya.

Sudah lazim kalau manusia itu banyak mau, termasuk dalam pengelolaan bisnis. Akan tetapi, enggak mungkin semua keinginan itu dicapai dalam waktu bersamaan. Betul? Karenanya, kalau ada rencana bisnis, kita akan dapat memilah, mana yang bisa dijalankan dulu dan mana yang bisa dilakukan berikutnya.

Dengan begitu, kita pun dapat mengontrol jalannya bisnis hingga dapat mencapai tujuan.

Memulai Bisnis di Masa Pandemi COVID-19 dan New Normal, Kenapa Enggak?

Menyesuaikan dengan Kebutuhan Pasar

Setiap eranya, pasar memiliki kecenderungan kebutuhannya masing-masing. Misalnya, di tahun 2010-an One Direction sangat berpengaruh. Segala hal yang berbau One Direction, akan laris. Sekarang? Apa saja yang berbau BTS, bisa jadi tren terbaru.

Dengan membuat, menyesuaikan, dan melihat pada rencana bisnis, para pemilik bisnis dapat mengulik peluang inovasi baru yang sesuai dengan minat pasar.

Rencana bisnis akan membantu pemilik dan pengelola bisnis untuk dapat membaca tren, industri, pasar, dan kompetitor perusahaan.

Bentuk Manajemen Risiko

Risiko dan kesalahan biasa terjadi, termasuk dalam bisnis. Risiko dan kesalahan kecil, masih okelah sebagai mmedia pembelajaran. Namun, kesalahan besar yang berujung gagalnya bisnis? Ya, tunggu dulu. Meski kata ‘rugi’ seharusnya sudah menjadi hal yang biasa bagi pemilik bisnis, tapi tetep dong, harus diminimalkan.

Nah, dengan business plan yang jelas, maka hal ini akan dapat meminimalkan risiko dan kegagalan.

Apalagi di masa krisis akibat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Kamu perlu punya rencana bisnis yang sesuai dengan kondisi, agar bisa bertahan sampai masa krisis berakhir.

Masa Krisis, Ini Pentingnya Menyiapkan Karyawan untuk Menghadapinya

‘Modal’ untuk Mencari Modal

Rencana bisnis, apalagi yang komprehensif, merupakan ‘modal’ untuk mencari (tambahan modal) dan menarik investor.

Rasanya akan mustahil bagi investor untuk mau menginvestasikan dana pada bisnis yang rencananya nggak jelas, ya kan? Bisa-bisa modal tak kembali, boro-boro bisa memberi keuntungan atau bisnis bisa bertumbuh.
So, apakah sekarang kamu sedang mempertimbangkan untuk ekspansi? Buat business plan-mu.

Kapan Saat yang Tepat bagi Pemilik Bisnis untuk Membuat Rencana Bisnis?

Video-Video untuk Belajar Membuat Rencana Keuangan Kamu Sendiri

Business plan ini harus dibuat di awal ketika kita mulai berbisnis. Dengan demikian, kita jadi punya bekal data dan informasi lengkap mengenai industri yang hendak kita masuki. Fakta dan data inilah yang akan menjadi pedoman kita mengoperasikan bisnis kita.

Namun, di tengah prosesnya, kadang kita juga perlu menyesuaikan rencana bisnis yang telah dibuat. Terutama jika terkait dengan kondisi yang berubah–seperti saat pandemi ini. Kita harus melakukan adaptasi bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan, kebiasaan, dan kondisi yang tidak sama lagi seperti sekarang. Buat business plan yang baru, yang lebih baik dan sesuai dengan situasi sekarang.

Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis yang Sesuai?

Nah, ini nih. Mendingan langsung belajar saja di kelas finansial online QM Financial. Kelas bisnis memang tak selalu ada di setiap bulan, tetapi kamu bisa cek jadwalnya. Segera daftar ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch