Personal, Tujuan Finansial

3 Tujuan Keuangan untuk Si Lajang

Hidup sebagai lajang itu sungguh luar biasa. Banyak privilege yang bisa kamu miliki dan alami sebagai seorang lajang. Termasuk di dalamnya soal keuangan. Tapi, bukan berarti lantas kamu bisa hidup tanpa rencana. Bisa-bisa nanti pada akhirnya, kamu rasanya nggak mencapai apa-apa padahal sudah bekerja cukup lama. Karena itu, punya tujuan keuangan itu penting.

Iya, privilege inilah yang kadang memang menjebak sebagian besar hidup para lajang. Gejala-gejala “penyakit” seperti YOLO, “mumpung masih muda”, “duit-duit sendiri ini”, dan sejenisnya bisa membuatmu jadi lengah, dan akhirnya mengorbankan masa depanmu sendiri.

Terus, kalau sudah sampai ke fase quarter life crisis, baru deh, merasa gagal.

Duh, makanya yuk, justru mumpung masih lajang, miliki deh tujuan keuangan. Supaya nantinya kualitas hidupmu membaik di masa depan, banyak cita-cita yang bisa tercapai, dan yang paling penting, bisa hidup sejahtera, mandiri, yang tak perlu merepotkan orang lain termasuk anak cucu kelak.

Mau kan, hidup kayak gitu? Kalau mau, ini dia beberapa tujuan keuangan yang seharusnya kamu miliki selagi kamu masih lajang.

3 Tujuan Keuangan Terbesar yang Perlu Dimiliki oleh Lajang Sejak Dini

Strategi Mengembalikan Dana Darurat

1. Dana darurat

Dana darurat adalah tujuan keuangan pertama yang sebaiknya dimiliki oleh lajang. Mengapa? Mari kita kembali ke fungsi dana darurat itu sendiri, yang merupakan bumper penyelamat ketika kita berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Ya, misalnya seperti di saat pandemi dan “musim” PHK seperti sekarang.

Adanya dana darurat sebagai jaring penyelamat akan membuat kita merasa jauh lebih aman. Dengan dana darurat, kita bisa menyambung hidup sampai beberapa waktu, sampai kondisi membaik.

Berapa banyak idealnya dana darurat? Untuk lajang, setidaknya 4 kali pengeluaran rutin bulanan. Tetapi, kalau kamu saat ini berprofesi sebagai freelancer, maka dana daruratmu harus jauh lebih besar, yaitu sebesar 12 kali pengeluaran rutin bulanan. Mengapa? Karena sebagai freelancer, penghasilan kamu akan tidak tetap–baik dari segi jumlah maupun dari segi waktunya.

Milikilah dana darurat sedini mungkin. Coba yuk, simak video berikut tentang dana darurat.

2. Dana pensiun

Siapa yang enggak mau menjalani hidup di masa pensiun yang sejahtera? Buat kamu yang saat ini bersemangat muda, pensiun rasanya memang masih jauh sekali, benar kan? Tetapi, jangan terlena. Waktu itu berjalan sangat cepat loh. Padahal untuk bisa mempersiapkan dana pensiun yang memadai itu hanya waktulah yang akan menjadi temanmu.

Artinya, semakin dini kamu memulai, akan semakin baik.Pernah menghitung kebutuhan hidup di masa pensiun? Kalau sudah pernah, mungkin kamu akan merasa shock, lantaran nominalnya sangat besar. Padahal di saat yang sama, kamu kan sudah tidak produktif bekerja lagi. Dari mana kamu bisa mendapatkan biaya hidup jika sudah tidak bisa bekerja?

Jangan bilang biar dibiayai oleh anak ya. :)

So, dana pensiun menjadi tujuan keuangan berikutnya yang harus dimiliki oleh lajang. Jangan menganggapnya masih terlalu jauh. Justru mumpung kamu masih muda, maka kamu sebaiknya mulai punya rencana ini.

Punya Rumah di Usia 20-an: Memangnya Harus?

3. Dana rumah pertama

Punya rumah di usia 20-an? Kenapa tidak? Sudah banyak loh, yang sukses melakukannya.

Rumah adalah simbol kemapanan. Rumah juga berarti masa depan. Mau kamu tinggali sendiri atau kamu sewakan sebagai investasi, atau mungkin kamu pilih rumah petak ataupun apartemen, semua tentu kembali ke kebutuhanmu. Tetapi, sekarang, yang penting kamu merencanakan untuk punyai properti terlebih dulu.

Harga properti naik dari tahun ke tahun. Banyak orang yang kesulitan untuk bisa mewujudkan cita-cita memiliki rumah idaman lantaran tidak punya rencana yang komprehensif. Di sinilah sebaiknya kamu belajar dari kesalahan yang sudah dilakukan oleh orang lain.

3 Tujuan Keuangan untuk Si Lajang

Di samping ketiga tujuan keuangan di atas, tentu boleh saja jika kamu ingin menambahkan berbagai tujuan keuangan yang lain. Selain sebagai tujuan hidup, tujuan keuangan seperti ini juga bisa menjadi motivasi tambahan untukmu agar tak pernah berhenti berusaha loh. Kebayang enggak sih, kalau orang hidup tanpa punya tujuan keuangan? Motivasi bisa gampang luntur, belum lagi aset juga tidak akan terbangun dengan optimal–keburu kita tua deh.

Nah, buat kamu yang masih lajang dan pengin membuat rencana serta tujuan keuangan, yuk, belajar mulai sekarang! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch