Personal, Cash Flow

Rencana Keuangan, Mengapa Kita Perlu Memilikinya? Ini 5 Alasannya!

Mengapa kita perlu membuat dan mempunya rencana keuangan? Iya, apa pentingnya rencana keuangan?

Sebagian dari orang yang tak punya rencana keuangan berdalih, bahwa rencana hanya akan membatasi ruang gerak kita. Yang lain lagi berpendapat, ah, rencana itu selalu berubah. So, why should we make a plan in the first place?

Mungkin bener sih, rencana akan selalu berubah, tapi tidak untuk keuangan. Justru rencana ada agar tidak terlalu banyak perubahan, dan kita bisa fokus pada tujuan, if it comes to financial. Coba simak yang berikut ini yuk.

Alasan Mengapa Kita Perlu Memiliki Rencana Keuangan

Rencana Keuangan, Mengapa Kita Perlu Memilikinya?

1. Banyak kebutuhan

Kebutuhan kita itu banyak. Setuju kan? Dan selalu, kebutuhan itu selalu lebih besar ketimbang sumber daya yang ada. Sudah dari sononya diatur seperti itu, kayaknya sih.

So, apa yang bisa kita lakukan? Ya mengatur sumber daya yang ada agar bisa mencukupi semua kebutuhan yang ada. Maunya kan, semua terpenuhi, ya kan? Dengan rencanalah kita bisa melakukannya.

Dengan rencana keuangan yang komprehensif, penghasilan berapa pun jadi bisa-bisa aja tuh dipakai untuk memenuhi semua kebutuhan. Bahkan sampai jauh ke depan.

2. Jalan untuk mencapai tujuan

Ibaratnya, kita membuat itinerary sebelum traveling. Kita jadi membuat alur perjalanan, mau lewat mana saja, atau lebih baik lewat mana yang paling mudah dan cepat. Kita juga bisa memprediksi, sekiranya ada halangan atau masalah di tengah jalan. Mau ke Bandung, kita tahu kalau rute A bakalan banyak ketemu macet, maka kita mencari alternatif jalur yang lain yang lebih lancar.

Demikian pula fungsi rencana keuangan. Selain bisa menentukan arah untuk mencapai tujuan, kita juga bisa memproyeksikan masalah yang mungkin terjadi dan bersiap dengan solusi yang paling pas.

Cara Menyusun Skala Prioritas Ketika Bujet Keuanganmu Terbatas

3. Memberi rasa aman

Adanya rencana keuangan yang komprehensif akan memberikan kita rasa aman, terutama jika kita terpaksa harus menghadapi kondisi yang tak pasti.

Seperti sekarang ini, misalnya, ketika pandemi terjadi. Semua orang perlu beradaptasi agar bisa survive. Tetapi, mereka yang sudah memiliki rencana keuangan yang komprehensif pasti akan lebih tenang menghadapi krisis. Kenapa lebih tenang? Ya, karena dana darurat pasti aman, budgeting juga sudah biasa, pun sudah punya beberapa aset aktif, yang bisa jadi jaring pengaman sampai krisis berlalu. Harus hidup lebih hemat dan bijak lagi? Nggak masalah, karena sudah terbiasa mengelola keuangannya dengan baik.

Rencana berubah? Ya, enggak masalah. Memang harus disesuaikan dengan kondisi kan? Kondisi berubah, kebiasaan berubah, rutinitas berubah, kan hal yang biasa. Rencana juga disesuaikan, supaya survive bersama.

4. Salah satu jurus mengelola utang

Kadang kita memang perlu meminjam dana, terutama untuk tujuan-tujuan besar. Nggak ada yang salah dengan hal tersebut.

Namun, utang akan dapat jadi bumerang kalau kita mengambilnya tanpa membuat rencana keuangan yang matang terlebih dahulu, terutama terkait pembayarannya kembali. Yah, namanya utang, ya harus dibayar. Pinjam, ya harus dikembalikan. Tapi tanpa punya rencana, rasanya bakalan sulit banget untuk bisa mengelola utang dengan baik.

Produk Investasi Seperti Apa yang Paling Pas untukmu?

5. Tentu saja, untuk masa depan!

Of course ini alasan yang paling besar. Kita harus punya rencana untuk masa depan!

Pastinya, kamu punya mimpi-mimpi, cita-cita, harapan untuk hidup lebih baik di masa depan; menikah, berkeluarga, punya rumah sendiri, keliling dunia, menjalani masa pensiun sejahtera, bisa jadi beberapa mimpi dan cita-citamu.

Kamu boleh saja bermimpi apa pun, menargetkan apa pun untuk hidupmu di masa depan. Tapi, tanpa di-backup dengan rencana keuangan yang komprehensif, rasanya kok ya agak mustahil untuk diwujudkan semua. Mengapa? Balik lagi ke poin pertama di atas: karena kita akan selalu punya banyak kebutuhan. Tanpa rencana, boro-boro bisa meraih mimpi di masa depan, buat jalani hari ke hari saja mungkin akan kesulitan.

Nah, masih ragu untuk membuat rencana keuangan kamu sendiri? Enggak sulit kok, malahan sederhana dan pasti bisa kamu lakukan, karena yang tahu apa yang kamu inginkan adalah dirimu sendiri. Sehingga membuat rencana keuangan untuk diri sendiri itu seharusnya akan lebih mudah.

Yuk, belajar membuat rencana keuangan kamu sendiri! Ikuti kelas-kelas finansial online QM Financial, pilih sesuai kebutuhanmu.

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


Satu tanggapan untuk “Rencana Keuangan, Mengapa Kita Perlu Memilikinya? Ini 5 Alasannya!”

  1. […] inilah pentingnya kita melakukan review terhadap rencana keuangan yang sudah kita buat. Well, mari kita ngobrolin tentang pentingnya review ini pada artikel kali […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch