Articles

Pentingnya Laporan Keuangan Bisnis untuk Pengembangan Usaha

Laporan keuangan bisnis adalah hal yang sangat penting, terutama jika kamu hendak naik kelas dari berdagang menjadi berbisnis. Laporan keuangan ini juga yang menjadi perbedaan mendasar antara berdagang dan berbisnis.

Apa Itu Laporan Keuangan Bisnis?

Sudah Menyiapkan Laporan SPT Tahunan? Lakukan 5 Hal Ini Sebelumnya

Laporan keuangan bisnis adalah catatan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi dalam periode tertentu untuk keperluan bisnis.

Untuk perusahaan yang besar, pembuatan laporan keuangan bisa jadi proses yang cukup panjang, melalui proses audit dan diuji liabilitasnya. Tetapi untuk bisnis kecil enggak harus serumit itu juga. Yang penting, arus kas keluar dan masuk, begitu juga dengan stok, aset, serta kewajiban tercatat semua dengan detail dan jelas, sehingga terlihat neraca secara keseluruhan. Dengan demikian, jika ada ketidakseimbangan, bisa langsung diketahui dengan cepat.

Pentingnya Laporan Keuangan Bisnis

3 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan Pribadi for Dummies

Tolok Ukur Kinerja

Laporan keuangan bisnis bisa menjadi alat untuk mengukur kinerja bisnis yang sudah kamu jalankan, karena dalam laporan bisnis akan ada catatan kas keluar dan masuk, juga ada catatan aset serta kewajiban yang harus dilakukan.

Dari sini kemudian terlihat berapa laba yang didapatkan oleh bisnis dalam jangka waktu tertentu. Dengan diketahuinya laba, kamu bisa mengukur seberapa berhasilnya kamu dalam berusaha. Dari catatan itu pula, kamu bisa tahu, bagian mana yang perlu diperbaiki.

Untuk Menghitung Laba

Dalam laporan keuangan, tercatat dengan jelas semua aktivitas transaksi yang terjadi selama periode tertentu, sehingga akan lebih mudah juga bagi kita untuk menghitung laba bisnis yang kita dapatkan.

Pastinya, kamu berharap bisnismu mendatangkan laba dong ya? Kalau enggak, ya, namanya bukan bisnis dong. Nah, laba ini tidak hanya serta merta didapat dari hasil jualan dikurangi hasil kulakan saja dalam bisnis, tetapi ada perhitungan yang komprehensif meliputi semua proses bisnis yang terjadi.

Tanpa laporan keuangan, rasanya cukup sulit lho bisa menentukan laba dengan akurat.

Kenapa Membuat Laporan Arus Kas Pribadi Itu Penting? Ini 5 Alasannya!

Untuk Menentukan Gaji/Komisi Pemilik Bisnis

Sebagai pemilik bisnis, kamu punya hak atas gaji atau komisi dari jerih payahmu mengelola bisnismu itu. Iya dong, boleh saja kalau mau diambil. Kan kamu sudah bekerja keras. Nah, meskipun nanti gaji atau komisi kamu itu dikembalikan lagi ke modal, itu tentunya adalah keputusanmu sendiri.

Untuk menentukan gaji atau komisi si pemilik bisnis, laporan keuangan bisnislah yang menjadi acuan. Nggak boleh dong sembarang jumput. Jumput sikit jumput sikit, lama-lama habis deh modal.

Untuk Menambah Modal

Laporan keuangan bisnis merupakan salah satu “senjata” bagi pemilik bisnis untuk menambah modal, sekiranya ia mempertimbangkan untuk mencari investor lagi.

Misalnya, pengin mengajukan pinjaman modal ke bank, maka apa yang ada dalam laporan keuangan bisnislah yang akan menjadi bahan pertimbangan pertama bagi pihak bank untuk meloloskan pengajuan pinjaman tersebut.
Jika laporan keuangannya ternyata kurang menjanjikan, apalagi prospek bisnis ke depan juga kurang meyakinkan, bisa jadi pengajuan pinjaman modal akan ditolak.

Untuk Ekspansi

Dari mencermati laporan keuangan bisnis, kamu sebagai pemilik bisnis bisa merencanakan ekspansi ke arah yang lebih baik. Dari kondisi keuangan bisnis, kamu bisa menentukan strategi bisnis seperti apa yang kamu butuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Tentunya, kamu mau dong, bisnis berkembang, ya kan?

Nah itu dia beberapa pentingnya laporan keuangan bisnis untuk dibuat. Apakah kamu sekarang sudah memiliki laporan keuangan bisnis? Ataukah, kamu masih berdagang, karena kamu belum punya laporan keuangan bisnis yang komprehensif?

Sebenarnya juga tak ada salahnya dengan berdagang. Yang penting kan, kamu sudah mulai usaha. Sedikit demi sedikit, tingkatkan saja manajemen dan juga keterampilanmu untuk mengelola bisnis dan mengembangkannya supaya lebih baik lagi.

Financial Dialogue Laporan keuangan bisnis

Ikutan Financial Dialogue Vol. 05 yuk! Temanya cocok banget buat kamu, para pemilik bisnis, yang pengin naik kelas, yaitu Life & Money: Dari Dagang Menjadi Bisnis.

Menghadirkan berbagai pakar multidisiplin, mulai dari Ligwina Hananto – Lead Financial Trainer QM Financial dari perspektif finansial, Mo Sidik – Standup Comedian, Founder Ketawa Comedy Club, Online Seller, serta Kania A. Anggiani — Entrepreneur & Mom of 2 dari perspertif bisnis, dan William Budiman – Founder Aethra Learning Center, Positive Psycology Practitioner dari perspektif psikologis. Event ini akan diadakan di hari Sabtu, 28 November 2020, pukul 13.00 – 15.00 WIB via Webinar Zoom. Segera daftarkan dirimu untuk ikutan Financial Dialogue vol. 05 ini ya, supaya enggak kehabisan tempat! ya!

Jangan lewatkan diskusi seru ini!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch