Personal, Investasi

3 Alasan Pentingnya Berinvestasi bagi ASN yang Paling Utama

Sebagai PNS, pastinya sudah ada benefit jaminan pensiun yang dimiliki, pun berbagai tunjangan lain yang diberikan bersama gaji pokok. Namun, masalahnya, apakah yakin jumlah jaminan pensiun yang diberikan benar-benar bisa memungkinkan kita untuk menjalani masa pensiun sejahtera? Di sinilah muncul alasan pentingnya berinvestasi bagi PNS khususnya, dan ASN pada umumnya.

Yah, kalau untuk ASN PPPK, alias Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, sih sudah pasti besar alasan pentingnya berinvestasi ini, karena sebagai PPPK, kita tidak menerima fasilitas jaminan pensiun seperti halnya PNS yang sudah pegawai tetap.

Namun, yang kadang terjadi adalah karena sudah merasa memiliki jaminan dana pensiun, seorang PNS jadi merasa tak perlu lagi memikirkannya. Nah, inilah mindset yang kurang tepat.

Dana pensiun memang bisa jadi alasan utama pentingnya berinvestasi bagi ASN, tetapi lebih daripada itu ada banyak alasan lain yang menjadikan investasi ini penting untuk dilakukan.

Pentingnya Berinvestasi bagi ASN

3 Alasan Pentingnya Berinvestasi bagi ASN yang Paling Utama

Inflasi

Yes, inflasi adalah hal yang sangat nyata. Dan, ini terjadi di mana pun, di setiap negara, termasuk Indonesia yang merupakan negara berkembang. ASN pun tidak akan kebal terhadap efek inflasi.

Inflasi adalah kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang, demikian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pada umumnya, hal ini bisa terjadi ketika terjadi pertumbuhan ekonomi yang kemudian memengaruhi daya beli masyarakat, maka di situlah terjadi inflasi.

Inflasi akan membuat nilai uang kita naik dari tahun ke tahun. Sayangnya kalau uang kita hanya disimpan di tabungan saja, maka lama kelamaan akan habis tergerus oleh inflasi ini. Di sinilah pentingnya berinvestasi bagi kita, termasuk ASN.

6 Instrumen Investasi yang Harus Diketahui oleh Investor Pemula Sebelum Mulai Menanam Dana

Cita-cita, mimpi, dan tujuan hidup

Setiap dari kita pasti punya cita-cita, keinginan, harapan yang ingin diwujudkan jauh ke depan, juga tujuan hidup. Hidup sebagai pensiunan ASN yang sejahtera, hanyalah salah satunya.

Punya banyak keinginan dan cita-cita itu bagus, dan jangan hanya berhenti dengan punya keinginan saja, tetapi mesti berusaha untuk mewujudkannya.

Untuk membiayai semua keinginan itu, tentu akan dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Kita akan butuh suatu instrumen yang bisa membuat uang kita bertumbuh lebih cepat. Ingat loh, kita semua kan enggak punya banyak waktu untuk bisa produktif terus. Kita punya keterbatasan energi, pikiran, dan waktu di sini.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan ini adalah dengan berinvestasi.

Sebagai Karyawan, Kamu Harus Mulai Investasi Sekarang! Ini 5 Produk Investasi yang Cocok!

Jadi warisan

Pastinya, sebagai ASN, kita menginginkan yang terbaik untuk keluarga kita. Memilih jalan untuk menjadi seorang ASN pun sudah menjadi bentuk tanggung jawab kita untuk dapat membiayai kebutuhan keluarga, bukan?
Adanya jaminan pensiun biasanya juga menjadi alasan terbesar mengapa seseorang bergabung untuk menjadi pegawai pemerintah. Kita ingin ada sesuatu yang bisa diwariskan dan diberikan pada keluarga, meski nantinya kita sudah tak bisa bekerja lagi.

Tahukah kamu, bahwa investasi juga bisa diwariskan pada anak cucu hingga turun temurun? Sering banget melihat share teman-teman, ada yang menemukan surat pernyataan kepemilikan investasi saham milik orang tuanya yang sudah berusia beberapa puluh tahun, dan belum pernah diklaimkan. Iya, zaman dulu kan investasi belum seperti sekarang, yang dengan mudah kita lakukan secara online. Seorang investor yang ikut menanam modal melalui saham saat itu harus datang ke perusahaan sekuritas, dan kemudian diberikan surat pernyataan kepemilikan saham yang harus disimpan dan dibawa ketika hendak mengklaim keuntungannya.

Kalau dikonversikan dengan nilai nominal uang sekarang, ada loh yang bernilai sekian miliar rupiah. Sungguh warisan yang luar biasa, bukan?

Di samping 3 alasan terbesar pentingnya berinvestasi bagi ASN di atas, ada pula alasan pengendalian diri sendiri yang harus kita lakukan. Tantangan zaman sekarang itu ya salah satunya adalah pola hidup konsumtif. Ini juga bisa muncul ketika kita merasa aman secara finansial secara terlalu berlebihan, sehingga lupa bahwa masa depan kita masih panjang dan perlu untuk dipikirkan.

Dengan berinvestasi, kita bisa berlatih mengendalikan diri dan bisa memanfaatkan uang untuk hal yang lebih berfaedah, yang nantinya kita juga yang diuntungkan.

Nah, sudah yakin tentang pentingnya berinvestasi kan?

Kesemua hal tersebut bisa dipelajari bersama QM Financial dalam sebuah training karyawan yang dikemas interaktif dengan silabus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688. Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch