Dimana saya bisa membeli Reksadana?

Ada 3 cara untuk membeli Reksadana, dan ibarat membeli kopi, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing:

  1. Membeli Langsung ke Manajer Investasi
    Supaya bisa dengan potongan kecil-kecil, kita bisa membeli kopi langsung ke petani nya. Membeli Reksadana langsung melalui Manajer Investasi sangat menarik karena bisa dimulai dengan Rp 100ribu – Rp 500ribu saja.

    Kelemahannya, sebagian besar Manajer Investasi belum memiliki sistem Customer Service yang baik. Fokus bisnis mereka memang : mengelola investasi.

  2. Membeli melalui Bank sebagai Agen Penjual
    Inilah supermarket di mana kita bisa memilih sendiri beragam jenis kopi yang tersedia di lorong-lorong supermarket. Bank bertindak sebagai agen penjual bagi para Manajer Investasi. Sinergi yang baik karena Bank sudah memiliki sistem Customer Service dan pelaporan yang baik. Misalnya pada beberapa Bank, Anda dapat menerima ’financial statement’ setiap akhir bulan yang memuat perkembangan dana Anda dalam Reksadana dan produk lainnya. Biaya pembelian Reksadana di Bank biasanya sama dengan di Manajer Investasi.

    Kelemahannya, pembelian melalui Bank harus dalam jumlah yang cukup besar. Pembelian minimum Rp 5 juta, bahkan ada Bank yang memilih untuk menjual Reksadana dengan minimum Rp 50 juta – 100 juta.

  3. Lewat asuransi Unitlink
    Malas pergi ke petani kopi, bingung cari kopi di lorong-lorong supermarket, pilihan terakhir adalah pergi ke Department Store dengan toko yang tersebar di mana-mana. Seperti inilah fungsi asuransi unitlink. Namun untuk membeli kopi itu, Anda juga diharuskan membeli payung (=asuransi) yang jadi dagangan utama Dept. Store tersebut. Semuanya dibuat lebih simpel, Anda diurus penjaga Dept. Store yang handal, tetapi… tentu ada biaya yang lebih tinggi dan kopi-nya pun dibatasi hanya yang tersedia di Dept. Store tersebut.

Anda harus memastikan bahwa Anda mengerti betul kopi macam apa yang Anda beli. Anda harus mengerti betul Reksadana dengan hasil investasi seperti apa yang Anda butuhkan. Juga apakah payung (=asuransi) yang Anda beli memang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai terkecoh iming-iming ’tabungan investasi’ atau return yang fantastis, padahal Reksadana itu adalah produk investasi yang jelas-jelas memiliki resiko berkurang / hilangnya nilai investasi kita.

TOPICS


Komentar ditutup.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch