Korporasi

Workaholic Atau Gila Kerja: 3 Yay dan 3 Nay untuk Kesehatan Mental dan Dompet

Articles, Kompensasi dan Benefit, Korporasi

Workaholic Atau Gila Kerja: 3 Yay dan 3 Nay untuk Kesehatan Mental dan Dompet

  September 19, 2019

Atas nama dedikasi pada perusahaan, profesionalitas, perfeksionisme, dan komitmen, seseorang bisa menjadi begitu gila kerja. Workaholic, istilah kerennya. Bagus dong? Iya, bagus banget. Perusahaan mana yang enggak suka punya karyawan yang selalu bisa memenuhi semua target KPI–karyawan terbaik dan teladan, yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk bekerja demi kepentingan perusahaan. Kalau perusahaan maju, kan si karyawan […]

Read more

Saat Rekan Kerja Tak Berkompeten, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kita Sendiri Enggak Stres di Tempat Kerja

Articles, Human Capital, Korporasi

Saat Rekan Kerja Tak Berkompeten, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kita Sendiri Enggak Stres di Tempat Kerja

  September 18, 2019

Dalam sebuah organisasi perusahaan, para karyawan secara individu akan dituntut untuk mampu bekerja dalam tim, untuk mencapai target bersama. Tentunya, ini bukan usaha yang sederhana sih, karena bagaimanapun karakter karyawan pastilah punya keunikan masing-masing. Namun, perbedaan itu kadang bikin asyik. Bener nggak? Eh tapi, bagaimana kalau rekan kerja kita ternyata tidak sekompeten itu untuk diajak […]

Read more

Pembagian Beban Kerja Karyawan: 5 Akibat Jika Sampai Tak Seimbang

Articles, Human Capital, Korporasi

Pembagian Beban Kerja Karyawan: 5 Akibat Jika Sampai Tak Seimbang

  September 17, 2019

Di surat perjanjian kerja atau di peraturan perusahaan, biasanya memang sudah ada bab atau bahasan mengenai job description, yang meliputi daftar tugas apa saja yang menjadi tanggung jawab dan wewenang seorang karyawan. Namun, pada praktiknya kadang ada saja pembagian beban kerja yang dirasa tak seimbang. Indikasi ketidakseimbangan pembagian beban kerja antarkaryawan ini cukup mudah terlihat, […]

Read more

Gaji Besar Versus Kepuasan Kerja: Pilih Mana?

Articles, Kompensasi dan Benefit, Korporasi

Gaji Besar Versus Kepuasan Kerja: Pilih Mana?

  September 16, 2019

Dalam suatu obrolan, seorang teman ikrib (saking akrabnya) pernah bilang begini, “Buat kerja, seenggaknya harus salah satu lu dapet: kalau lu gak suka sama kerjaannya, lu harus punya gaji besar. Tapi, kalau duitnya dikit, setidaknya lu mesti hepi ngerjainnya. Ya, syukur-syukur dapet dua-duanya. Kalau enggak ada, ya ngapain?” Setuju enggak kira-kira dengan kata-kata di atas? […]

Read more

Rekan Kerja Punya Gaji Lebih Besar Padahal Jabatan Sama - Protes atau Diam Saja?

Articles, Kompensasi dan Benefit, Korporasi

Rekan Kerja Punya Gaji Lebih Besar Padahal Jabatan Sama – Protes atau Diam Saja?

  September 13, 2019

Besar kecil gaji yang diterima bisa memengaruhi semangat kerja seseorang. Gaji lebih besar seharusnya bisa membuat seseorang menjadi lebih terpacu untuk bekerja lebih giat dan lebih produktif lagi. Gaji kecil, apalagi jika nggak sebanding dengan beban dan tanggung jawab, wah … hampir bisa dipastikan akan menurunkan semangat kerja karyawan. Apalagi jika kemudian kita tahu, kalau […]

Read more

5 Langkah Mengurangi Kasbon Karyawan yang Bisa Dilakukan oleh Manajemen Perusahaan

Articles, Kompensasi dan Benefit, Korporasi

5 Langkah Mengurangi Kasbon Karyawan yang Bisa Dilakukan oleh Manajemen Perusahaan

  September 12, 2019

Betapa miris, ketika seharusnya karyawan bisa pulang dengan senyum lebar saat gajian tiba, ternyata harus menghadapi kenyataan bahwa hanya sekian persen saja gaji yang dapat diterimanya lantaran ada potongan kasbon. Karena itu, perlu ada tindakan khusus untuk dapat mengurangi kasbon karyawan ini. Memang kasbon biasanya diambil lantaran karyawan butuh uang secara mendadak dan mendesak. Perusahaan, […]

Read more

Kasbon Karyawan: Jebakan Atas Nama Pinjaman Tanpa Bunga

Articles, Kompensasi dan Benefit, Korporasi

Kasbon Karyawan: Jebakan Atas Nama Pinjaman Tanpa Bunga

  September 11, 2019

Maunya sih memberikan fasilitas demi menunjang dan membantu memperbaiki kesejahteraan karyawan. Tapi kadang fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh perusahaan ini justru membuat karyawan jadi terjebak. Salah satunya adalah kasbon karyawan. Pernah dengar cerita. Seorang teman setiap kali gajian enggak pernah ceria seperti layaknya teman-teman sekerja yang lain. Diajak ngopi cantik, merayakan saldo ATM yang bertambah (meski […]

Read more

Articles, Liputan, Training, Training

7 Langkah Siap Pensiun Dini

  September 11, 2019

Apa definisi pensiun dini bagimu? Apakah karena kamu merasa sudah jenuh bekerja di korporasi dengan jam kerja yang ketat, Lelah menghadapi tantangan lalu lintas sehari-hari, karir yang mentok. Kehilangan keberdayaan terhadap pekerjaan yang tengah dijalankan, ingin memiliki waktu yang lebih leluasa maka kamu memikirkan untuk pensiun dini? Keinginan untuk pensiun dini tidak menjadi masalah kalau kamu pikirkan sejak usia yang masih muda. Karena itu artinya kamu memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan kebutuhan pensiun dini. Misalnya kamu  berusia 28 tahun dan sudah lima tahun bekerja serta berniat pensiun di umur 45 tahun. Ini artinya kamu memiliki waktu sekitar tujuh belas tahun untuk mempersiapkan kebutuhan hidup semasa pensiun.

Read more

5 Cara Perusahaan Mengatasi Karyawan Toxic Agar Tak Menghambat Kinerja Tim

Korporasi, Human Capital

5 Cara Perusahaan Mengatasi Karyawan Toxic Agar Tak Menghambat Kinerja Tim

  September 10, 2019

Adanya karyawan toxic dalam sebuah perusahaan bisa sangat merugikan bagi tim. Aura negatif yang disebarkan bisa memengaruhi kinerja anggota tim yang lain, sehingga performa yang seharusnya baik-baik saja bisa memburuk. Pastinya hal ini tidak diinginkan oleh perusahaan, pun oleh karyawan lain yang tergabung dalam tim. Apalagi jika proses kerja anggota yang lain tergantung oleh output […]

Read more

Pengin Kerja di BUMN, Ketahui Dulu 5 Fakta Ini!

Articles, Human Capital, Korporasi

Pengin Kerja di BUMN, Ketahui Dulu 5 Fakta Ini!

  September 6, 2019

Sejumlah BUMN membuka lowongan kerja besar-besaran lagi tahun ini. So, buat kamu-kamu para fresh graduate yang pengin kerja di BUMN, segera siap-siap pantengin website perusahaan incaran kamu, dan jangan lupa juga untuk follow akun-akun media sosial resminya. Menurut situs Detik Finance, tak kurang dari 11.000 karyawan baru dibutuhkan dalam seleksi program perekrutan bersama BUMN tahun […]

Read more

1 2 3 4 5 9

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch