100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Konsultasi, Practical Tips, Review

Akhir Tahun Saatnya Review Rencana Keuangan!

Wah enggak terasa ya kalau kita akan meninggalkan tahun 2018 hanya dalam hitungan hari!

Kira-kira sudah melakukan apa saja selama kurun waktu kurang lebih hampir satu tahun lamanya?

Apakah sudah membuat dan menjalankan rencana keuangan yang sudah dirancang?

Ibarat membangun rumah, pertama pasti kita akan membuat rancangannya berupa cetak biru atau blueprint. Selanjutnya, dari cetak biru tersebut, kita mulai menunjuk arsitek, membeli material bangunan yang dibutuhkan dan mulai membangun sampai menjadi rumah utuh.

Begitu juga halnya dengan keuangan. Kalau kamu sudah mulai menjalankan rencana keuanganmu, selamat! Berarti kamu sudah maju selangkah menuju “rumah keuangan” yang kamu impikan!

Selain menjalankan rencana keuangan yang sudah dirancang, penting juga untuk melakukan review terhadap plan yang sedang berjalan.

Ketika me-review plan, berikut hal yang perlu diperhatikan:

Kemampuan Investasi. Coba deh kamu cek kembali kemampuan untuk berinvestasi. Kalau kamu pekerja kantoran, kenaikan gaji yang terjadi di tahun ini harusnya bisa menambah porsi besaran investasi bulanan sehingga tujuan keuangan lebih cepat tercapai. Begitu juga dengan bonus tahunan yang sebagian dapat dialokasikan untuk menambah porsi investasi tahunan. Untuk lebih akurat mengecek kemampuan investasi yang sebenarnya, kamu perlu melihat bagaimana arus kas keuanganmu. Apakah penghasilanmu setelah dikurangi dengan pengeluaran bulananmu apakah masih ada sisa yang bisa diinvestasikan untuk tujuan keuangan tertentu? Kamu juga perlu mengecek apakah kamu sudah rutin berinvestasi sesuai jadwal bulanan maupun tahunan.

Baca juga: Punya Gaji Besar Tapi Nggak Punya Tabungan ? Ada Yang Salah, Nih!

Kinerja Produk. Ketika kamu membuat plan, pastinya kamu juga sudah memilih produk investasi apa yang akan digunakan beserta dengan imbal hasil yang diharapkan. Kalau kamu berinvestasi sesuai dengan plan, maka akan sangat mudah untuk mengukur kinerja produk investasi yang digunakan. Lain halnya kalau kamu kadang investasi, kadang tidak maka akan sulit mengukur kinerja produk investasi yang kamu gunakan. Saat menentukan produk investasi apa yang akan digunakan, kamu tentunya sudah tahu kira-kira imbal hasil yang akan didapatkan per tahun, maka itulah yang menjadi tolak ukur kinerja produk investasimu. Kalau return investasimu sesuai dengan harapan berarti itu hal yang baik. Bagaimana kalau ternyata imbal hasil produk investasi tidak sesuai dengan rencana keuangan dan bahkan kinerja lebih buruk dari produk sejenis, apa yang harus dilakukan? Nah kalau untuk ini, kamu perlu analisa yang lebih mendalam dengan menggunakan jasa perencana keuangan profesional.

Baca juga: #FinClic Saham VS Reksadana

Kamu butuh layanan profesional berkaitan dengan review plan? Sila hubungi WA 0811 1500 688 dengan MIA atau NITA.

– Honey Josep –


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch