Articles

5 Jenis Training Karyawan yang Penting Diberikan oleh Perusahaan

Sudah semacam menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk bisa mengelola aset dan kemudian mengembangkannya sesuai arah bisnis. Termasuk di dalamnya adalah mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia, alias karyawan. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk tujuan pengembangan ini adalah dengan memberikan training karyawan sesuai kebutuhan.

Di sebagian besar perusahaan, pelatihan atau training karyawan ini biasanya memang sudah menjadi agenda rutin dan wajib, bahkan menjadi salah satu budaya perusahaan. Ada training karyawan yang diadakan secara langsung oleh HR perusahaan, atau bisa juga bekerja sama dengan para ahli atau lembaga dari luar perusahaan.

Mengapa sih perlu ada training karyawan? Ada banyak sekali manfaat training karyawan yang bisa diambil, baik oleh perusahaan maupun oleh karyawan itu sendiri. Di antaranya:

  • Perusahaan akan mempunyai karyawan-karyawan dengan skill yang dapat diandalkan
  • Dengan karyawan yang terampil, maka target bisnis perusahaan akan lebih mudah dicapai
  • Melatih karyawan untuk mengenali seluk beluk pekerjaannya sendiri di kantor, sehingga ia dapat mengelola diri sendiri agar lebih produktif
  • Membantu meningkatkan komunikasi yang baik antar karyawan–baik dengan atasan, rekan kerja, maupun bawahan, jika ada.
  • Membantu meningkatkan rasa percaya diri karyawan
  • Memperbarui tingkat keterampilan karyawan sesuai perkembangan yang ada, misalnya soal teknologi, dan tren-tren kerja dewasa ini.

Apakah Anda juga bermaksud untuk mengadakan training karyawan dalam waktu dekat? Well, mungkin Anda ingin mendapatkan gambaran, berikut adalah beberapa training karyawan yang umum diselenggarakan di perusahaan-perusahaan.

 

5 Jenis Training Karyawan yang Biasanya Diadakan di Perusahaan-Perusahaan

 

5 Jenis Training Karyawan yang Penting Diberikan oleh Perusahaan

1. Training untuk orientasi perusahaan

Training orientasi perusahaan biasanya dilakukan pada saat ada rekruitmen karyawan baru, apalagi kalau dalam jumlah yang cukup banyak.

Training orientasi perusahaan ini bertujuan memperkenalkan perusahaan Anda secara keseluruhan, biasanya meliputi:

  • Penjelasan mengenai misi dan visi perusahaan
  • Budaya dan lingkungan perusahaan
  • Struktur organisasi besar
  • Kebijakan-kebijakan perusahaan, dan lain sebagainya

 

2. Training product knowledge

Training kedua yang juga biasa diadakan adalah mengenai product knowledge. Biasanya training ini diadakan terutama untuk karyawan yang akan berhubungan langsung dengan produk bisnis perusahaan, misalnya para sales, staf marketing, ataupun para staf yang terlibat dalam proses produksi.

Banyak yang menggolongkan training karyawan ini dalam jenis training onboarding, yaitu training lanjutan dari orientasi, yang biasanya diadakan per divisi dengan fokus pada job description masing-masing.

Namun, training product knowledge ini tak hanya bisa diberikan pada karyawan-karyawan baru saja, tetapi juga bisa diberikan pada karyawan lama untuk penyegaran kembali ataupun jika ada hal-hal baru terkait produk yang sudah dikembangkan.

 

3. Training manajerial

Training karyawan yang bersifat manajerial akan berkaitan dengan peningkatan soft skill yang akan lebih melatih sifat, sikap, dan cara kerja karyawan. Training satu ini sangat penting diadakan secara berkala, demi meningkatkan budaya kerja yang lebih efisien.

Ada lo penelitian yang menyebutkan, soft skill karyawanlah yang justru menentukan kesuksesan bisnis perusahaan dan meningkatkan turnover.

Karena itu, di beberapa perusahaan, jenis training ini dianggap sebagai training yang sangat penting dan nggak boleh absen dari agenda rutin perusahaan.

 

4. Training teknis

Training teknis berkaitan dengan SOP–atau Standard Operational Procedure–pekerjaan masing-masing karyawan, dalam menjalankan job description masing-masing.

Training karyawan jenis ini juga sering dimasukkan ke jenis training onboarding, yaitu jenis training di dalam divisi tertentu, yang dilakukan oleh atasan terhadap karyawan atau staf yang dianggap perlu untuk tahu prosedur-prosedur pelaksanaan tugas. Lama berlangsungnya training teknis ini bisa sangat lama, yaitu sampai si karyawan benar-benar sudah dianggap terampil sehingga bisa diserahi tanggung jawab penuh untuk menjalankan tugasnya.

 

5. Training keuangan

Satu lagi jenis training karyawan yang juga penting diberikan oleh perusahaan adalah training keuangan.

Mengapa training karyawan ini seharusnya juga menjadi agenda wajib perusahaan? Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa penurunan produktivitas kerja di banyak perusahaan di Amerika Serikat ternyata ada hubungannya dengan kondisi keuangan pribadi karyawan. Faktanya, banyak karyawan terlilit utang hingga masalah ini mengganggu kinerja mereka di kantor.

Selain itu training keuangan bagi karyawan juga bermanfaat untuk:

  • mengurangi tingkat kecurangan dan utang
  • meningkatkan komitmen bisnis karyawan
  • meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

 

Nah, bagaimana dengan perusahaan Anda? Sudahkah memberikan kelima jenis training karyawan di atas bagi sumber daya manusia yang Anda miliki di perusahaan?

Jika belum, khusus untuk training keuangan, Anda bisa menghubungi tim QM Financial untuk mengadakan #QMTraining, sebuah program pelatihan interaktif untuk karyawan yang disusun bersama konsultan dan pembicara dari QM Financial, sesuai dengan kebutuhan literasi finansial perusahaan.

Hubungi kami melalui WhatsApp ke 0811 1500 688 (NITA/MIA). Jangan lupa follow juga Instagram QM Financial untuk info-info kelas finansial online terbaru.

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch