Articles

Siasat Bertahan Hingga Gajian Berikutnya Tiba

Masih di pertengahan bulan namun kamu sudah kuatir kalau keuangan menipis tidak mampu membuatmu bertahan hingga akhir bulan? Kalau kamu sering mengalami hal ini, mungkin ada yang salah dengan pengaturan keuanganmu. Di masa seperti inilah kamu ditantang untuk berpikir lebih keras bagaimana cara mengelola sisa-sisa uang agar dapat bertahan hidup hingga tanggal gajian tiba. Anjuran untuk hidup hemat memang terasa mengganggu dan menyebalkan tapi apa daya hal tersebut harus tetap kamu lakukan.

Begini siasat untuk bertahan hidup hingga tanggal gajian berikutnya tiba:

Catat Pengeluaran. Saat merasa ada uang, jangankan mencatat pengeluaran, melihat struk belanja saja kamu tidak mau. Namun, keadaan berubah saat keuangan menipis, kamu harus mulai mencatat pengeluaran secara detil. Dari pencatatan keuangan yang sangat detil, kamu akan bisa melihat pola pengeluaran yang kamu lakukan dan mengelompokkannya ke dalam pos-pos pengeluaran seperti pengeluaran rutin, cicilan utang, sosial, menabung dan lifestyle. Untuk masing-masing pos pengeluaran ini juga memiliki aturan prosentasenya sebagai berikut:

Pos Pengeluaran Nilainya sebesar
Menabung/Investasi Minimal 10% dari penghasilan
Cicilan Utang Maksimal 30% dari penghasilan
Pengeluaran Rutin Antara 40%-60% dari penghasilan
Sosial Minimal 2,5% dari penghasilan
Pribadi/ Lifestyle Maksimal 20% dari penghasilan

 

Hanya membawa uang kas. Untuk bertahan hidup hingga tanggal gajian berikutnya tiba adalah dengan hanya membawa uang kas saja dan mengeluarkan kartu kredit dari dompetmu. Dengan menyadari sejumlah uang yang terbatas, kamu diharapkan bisa menahan diri dari berbelanja hal yang hany amenjadi keinginan dan bukan kebutuhan. Larangan untuk menggunakan kartu kredit dikarenakan akan berdampak langsung pada jumlah gaji yang akan kamu terima selanjutnya.

Membawa bekal. Kalau biasanya kamu makan di luar saat jam istirahat kerja tiba, maka kebiasaan ini harus dihentikan sementara waktu sampai gajian berikutnya masuk ke dalam rekening. Di masa sulit seperti ini kamu harus sadar betapa pentingnya membawa bekal dari rumah . Sehingga uang yang tadinya digunakan untuk makan siang bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Nebeng Teman. Apakah saat awal-awal bulan berangkat kerja dengan menggunakan ojek online? Bila ya, mau tidak mau sekarang tidak lagi. Kalau ada teman yang kebetulan rute jalannya searah dengan tempat kerjamu, ada baiknya kamu menebeng. Dengan begitu, uang yang tadinya dipakai untuk membayar ojek online, bisa digunakan untuk membeli bahan makanan yang mau dimasak sebagai bekal makan siang esok hari. Memang sih yang namanya “numpang” kendaraan teman apalagi secara gratis, kamu harus bisa tegar. Kenapa? Karena tidak semua teman mau memberikan tumpangan secara cuma-cuma. Kalau ditolak, harus lebih sabar. Kamu juga boleh lho membawakan makan siang sebagai bentuk rasa terima kasihmu kepada teman yang sudah memberikan tumpangan berangkat dan pulang kantor.

Berada di rumah saat akhir pekan. Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup hingga tanggal gajian berikutnya tiba adalah dengan berada di rumah saat akhir pekan tiba. Hari-harimu memnag rasanya kurang menyenagkan kalau tidak diselingi dengan ngobrol di kafe bersama teman-teman. Tapi kalau keuanganmu menipis, kebiasaan ini mustahil dilakukan. Dengan demikian kamu menjadi sadar kalau lifestyle  bukan prioritas utama. Kamu bisa menggantinya dengan kegiatan seperti membereskan rumah, membaca novel atau menonton film.

Penghasilan tambahan. Agar kamu bisa bertahan hidup hingga tanggal gajian berikutnya tiba adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Kalau kamu memiliki kendaraan, kamu mungkin bisa mencoba menjadi ojek online saat berangkat dan pulang kantor. Itu artinya kamu meghemat pengeluaran transportasi pergi dan pulang kantor sekaligus menghasilkan uang tambahan untuk biaya hidup sampai gajian berikutnya tiba. Atau kamu bisa berjualan makan siang yang kamu buat sebagai bekal. Hitung-hitung, kamu makan siang secara gratis!

Semoga siasat di atas dapat membantu kamu untuk bisa bertahan hidup hingga tanggal gajian berikutnya tiba!

Dan agar kamu tidak mengalami kejadian berulang seperti di atas untuk bulan-bulan berikutnya, kini saatnya kamu belajar mengatur keuanganmu sendiri melalui kelas finansial online yang diadakan QM Financial. Financial Clinic Online Series (FCOS) adalah kelas perencanaan keuangan melalui aplikasi zoom. Pendaftaran bisa dilihat di event.qmfinancial.com

-Honey Josep-


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch