Articles, Human Capital, Korporasi

Pengin Kerja di BUMN, Ketahui Dulu 5 Fakta Ini!

Sejumlah BUMN membuka lowongan kerja besar-besaran lagi tahun ini. So, buat kamu-kamu para fresh graduate yang pengin kerja di BUMN, segera siap-siap pantengin website perusahaan incaran kamu, dan jangan lupa juga untuk follow akun-akun media sosial resminya.

Menurut situs Detik Finance, tak kurang dari 11.000 karyawan baru dibutuhkan dalam seleksi program perekrutan bersama BUMN tahun 2019 ini. Sementara batch pertama sudah digelar sekitar bulan Maret 2019 lalu, batch kedua akan digelar akhir tahun 2019 ini. Meski, menurut keterangan Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Sofyan Rohid, prioritas akan dilakukan dulu pada mereka yang belum terjaring di perekrutan batch pertama, tapi negara tetap akan membutuhkan banyak pelamar kerja baru di batch kedua.

Wah, siap-siap sejak sekarang deh, bagusnya!

Tapi, sebelum kamu benar-benar melamar kerja di BUMN, ada baiknya untuk mengetahui dulu beberapa hal berikut ini.

 

Pengin Kerja di BUMN, Ketahui Dulu 5 Fakta Ini!

1. Gaji besar?

Kerja di BUMN barangkali memang jadi mimpi sebagian besar fresh graduate, jurusan apa pun universitas mana pun. Selain banyaknya fasilitas dan benefit yang ditawarkan, gaji yang diterima juga rata-rata lebih tinggi daripada perusahaan swasta.

Untuk program perekrutan bersama tahun ini, gaji yang ditawarkan mulai dari Rp6 juta hingga Rp8 juta. Ini termasuk lumayan banget buat fresh graduate ya. Besar kecil, itu akan kembali ke masing-masing orang. Karena, percuma juga punya gaji puluhan juta tapi enggak bisa mengelolanya dengan baik. Tetap saja enggak akan pernah cukup.

Tapi, dengan pengetahuan literasi yang baik, pengelolaan yang bijak, gaji berapa pun seharusnya ayo aja, apalagi buat para fresh graduate yang notabene belum punya tanggungan apa-apa.

Seiring waktu, dengan lebih banyaknya pengalaman selama kerja di BUMN, pastinya gaji, tunjangan, dan benefit lain akan menyesuaikan. Sekali lagi, kembali lagi pada kita. Kita mampu enggak menunjukkan kinerja yang baik?

 

2. Terbuka kesempatan berkarier bagi penyandang disabilitas

Saat program perekrutan bersama BUMN ini digelar awal tahun lalu, sudah diumumkan bahwa negara membuka kesempatan juga bagi para penyandang disabilitas untuk kerja di BUMN.

Wah, pastinya ini berita yang sangat baik ya? Memang seharusnyalah para penyandang disabilitas juga diberi kesempatan seluas-luasnya untuk bisa kerja di mana saja, sesuai cita-cita, impian, dan kemampuan mereka.

Beberapa BUMN yang membuka kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas antara lain Bank Mandiri, PT Industri Kereta Api, Angkasa Pura, Wijaya Karya, Pelabuhan Indonesia, Hotel Indonesia Natour, Perusahaan Listrik Negara, Telekomunikasi Indonesia, dan masih banyak lagi.

Yuk, langsung cus kepo di Google dan website BUMN yang kamu incar ya!

 

Pengin Kerja di BUMN, Ketahui Dulu 5 Fakta Ini!

3. Fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan

Kerja di BUMN berarti akan menerima pula beberapa fasilitas yang bisa menyejahterakan hidup kita.

Mulai dari fasilitas kredit rumah. Bagi kamu yang pengin punya rumah sendiri, biasanya perusahaan akan menyediakan pinjaman dengan bunga yang sangat lunak–lebih rendah dari KPR bank–dengan sistem potong gaji. Tentu saja ada syarat dan ketentuan berlaku ya.

Kamu juga akan menikmati gaji ke-13 dan gaji ke-14 (Tunjangan Hari Raya) selayaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) pada umumnya. Belum lagi biasanya ada asuransi kesehatan juga untuk karyawan, dan keluarganya.

Nah, dengan segala bonus dan tunjangan itu, sekarang tinggal bagaimana kita mengaturnya saja bukan? Jangan sampai, sudah kerja di BUMN, menduduki jabatan tinggi, tapi rumah tetap ngontrak, enggak punya tabungan, bahkan sampai utang ke rentenir. Aduh.

Hidup sebagai karyawan BUMN itu sudah enak banget lo! Kalau jadinya tetap hidup susah, berarti pasti ada yang salah deh.

 

4. Dana pensiun terjamin, tapi ….

Begitu juga dengan dana pensiun. Kerja di BUMN otomatis akan diikutkan di program Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Tapi, meski sudah punya Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua, ada baiknya juga sih kamu melengkapinya dengan dana pensiun ala kamu sendiri. Ingat, saat nanti sudah pensiun, paling banyak kita hanya bisa menerima 38% saja dari gaji terakhir yang kita terima lo! So, yakin nih, bakalan bisa pensiun dengan sejahtera?

Kalau enggak, ya berarti harus tetap membuat dana pensiun sendiri. Ada banyak cara, misalnya nabung di deposito, investasi di reksa dana, atau malah nabung saham saja sekalian.

Secara reguler, QM Financial punya jadwal kelas finansial online untuk membahas topik investasi, baik di reksa dana, saham, bahkan sampai P2P Lending. Dan, secara periodik, QM Financial juga punya elective class untuk membahas dana pensiun secara lengkap. Bahkan dengan simulasi dan cara menghitungnya lo.

Coba follow akun Instagram QM Financial supaya enggak ketinggalan update ya!

 

Kerja Sambil Kuliah: 5 Tip Manajemen Diri, Waktu, dan Keuangan Supaya Dua-Duanya Lancar

5. Tersedia beasiswa bagi yang ingin melanjutkan studi

Nah, yang terakhir ini nih enggak kalah penting. Jenjang karier yang jelas memang menjadi daya tarik utama bagi para pencari kerja untuk dapat kerja di BUMN.

Bagi yang ingin mencapai jenjang karier lebih tinggi (yang berarti juga jaminan kenaikan gaji), disediakan beasiswa untuk melanjutkan studi. Tak hanya beasiswa untuk menyelesaikan studi S1, bahkan ada perusahaan yang menawarkan beasiswa bagi karyawan yang ingin melanjutkan studi ke S2 dan S3.

 

Jadi, gimana nih? Pasti tambah tertarik deh untuk bisa kerja di BUMN ya?

Good luck ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch