Articles, Asuransi, Asuransi Kesehatan, Personal

Kenali 5 Jenis Asuransi Kesehatan dan Manfaatnya

Salah satu asuransi penting yang harus banget kita punya adalah asuransi kesehatan. Nah, tapi di Indonesia, ternyata ada banyak jenis asuransi kesehatan. Pastinya hal ini bisa saja membuatmu bingung ya, untuk bisa memilih?

Ya, kalau dapat benefit asuransi kesehatan dari kantor sih, enggak masalah. Tinggal ngikut aja. Tapi, buat kamu yang mesti bikin asuransi kesehatan mandiri, ada baiknya juga untukmu kenalan dengan berbagai jenis asuransi kesehatan dulu (atau bahkan memahami dulu apa itu asuransi kesehatan), agar kemudian bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

No worries, simak saja artikel ini sampai selesai ya, fellas!

Apa Itu Asuransi Kesehatan

Kenali 5 Jenis Asuransi Kesehatan dan Manfaatnya

Asuransi kesehatan adalah salah satu bentuk proteksi yang bisa melindungi kita dari kerugian finansial akibat risiko-risiko kesehatan yang mungkin kita alami selama hidup.

Asuransi kesehatan akan memberikan penggantian biaya terhadap perawatan kesehatan yang harus kita jalani, dan kita sebagai tertanggung wajib membayar premi yang besarnya tergantung pada manfaat yang diberikan oleh asuransi tersebut.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Tunjangan Kesehatan Karyawan Harus Dimanfaatkan Sebaik-baiknya - Ketahui Dulu 5 Hal Ini!

Dengan memiliki asuransi kesehatan–selain kesehatan kita sendiri jadi terjamin–kesehatan keuangan kita juga terjaga. Karena, yah … siapa pun tahu bahwa biaya berobat itu mahal banget! Sudah banyak kasus orang terlilit utang karena harus membayar biaya pengobatan. Sudahlah sakit, masih stres juga memikirkan utang.

Bisa dibayangkan enggak sih?

Tapi, dengan premi yang kita bayarkan secara teratur, asuransi kesehatan akan meng-cover semua pengeluaran kita di saat sakit, sesuai syarat dan ketentuan pastinya. Dengan premi yang ‘hanya’ ratusan ribu saja, kita bisa mendapatkan manfaat perlindungan hingga ratusan juta.

Kok bisa begitu ya?

Karena pada prinsipnya, perusahaan asuransi mengumpulkan dana dari banyak nasabah. Dana yang berjumlah besar tersebut dikelola sedemikian rupa, lalu penggunaannya disubstitusi. Sehingga memang memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan manfaat yang besar meski premi cukup murah.

Biaya yang Di-cover

Biaya perawatan kesehatan yang ditanggung oleh asuransi kesehatan tergantung pada jenis dan manfaat masing-masing asuransi. Jadi bisa saja berbeda antara asuransi kesehatan yang satu dengan yang lainnya.

Tapi pada dasarnya, pihak perusahaan asuransi akan memberikan manfaat penggantian biaya pemeriksaan kesehatan hingga obat-obatan, biaya rawat inap (opname di rumah sakit), hingga biaya-biaya yang menyertainya seperti biaya pemeriksaan laboratorium dan sebagainya.

Pada jenis asuransi tertentu juga menawarkan manfaat penggantian biaya untuk persalinan, perawatan kesehatan gigi dan mata, hingga pemulangan jenazah di dalam dan luar negeri.

So, jika kamu saat ini sedang memilih asuransi, pastikan kamu membaca semua syarat dan ketentuan serta manfaatnya dulu ya. Bandingkan juga antara asuransi satu dengan yang lain.

Beberapa jenis Asuransi Kesehatan

5 Fakta di Balik Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan di Bulan September 2019

Ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang harus kamu ketahui sebelum kamu mulai memilih salah satunya.

1. Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Perawatan

Ada 2 jenis asuransi kesehatan berdasarkan perawatan kesehatan yang ditawarkan:

  • Rawat inap: pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya jika kita harus menjalani rawat inap. Ketentuannya bisa berbeda-beda sih, ada yang ketentuannya minimal 24 jam di rumah sakit baru bisa diklaim rawat inap. Ada pula yang 16 jam. Jadi, cermati masing-masing syarat dan ketentuannya ya.
  • Rawat jalan: pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan kita yang berupa pelayanan medis tanpa menginap di fasilitas kesehatan. Misalnya biaya diagnosis dokter, pemeriksaan laboratorium, rehabilitasi, dan sebagainya.

2. Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Metode Pembayaran

  • Cashless: jenis asuransi kesehatan yang langsung meng-cover biaya perawatan kesehatan dengan langsung ditunjukkan kartu anggota saja. Untuk itu, kita harus memastikan tempat kita memeriksakan kesehatan punya hubungan kerja sama dengan perusahaan asuransinya.
  • Reimbursement: kita perlu untuk membayar dulu biaya perawatan kesehatan kita, baru kemudian melakukan klaim ke perusahaan asuransi untuk diganti.

3. Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pengelola Dana

  • Asuransi yang dikelola oleh pemerintah, dalam hal ini adalah BPJS Kesehatan. Setiap perusahaan diwajibkan untuk mengikutsertakan seluruh karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan yang nonkaryawan, bisa menjadi peserta mandiri BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan dikenal menawarkan premi yang cukup terjangkau, dengan cover fasilitas yang sangat memadai. Jadi, sayang banget kalau sampai enggak kita manfaatkan.
  • Asuransi yang dikelola oleh perusahaan swasta. Nah, ini banyak banget ya, dan kamu perlu melakukan survei dan komparasi jika hendak mengambil salah satunya.
Asuransi Kesehatan Karyawan: BPJS Kesehatan, dari Kantor, atau Beli Asuransi Swasta Sendiri Ya?

4. Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

  • Tanggungan total: pihak penyedia asuransi akan menanggung seluruh biaya perawatan kesehatan, mulai dari deteksi dini, diagnosis dokter, pengobatan, rehabilitasi, rawat inap, dan sebagainya.
  • Tanggungan tertinggi: pihak penyedia asuransi hanya menanggung biaya-biaya perawatan kesehatan yang tertinggi. Misalnya, biaya rawat inap, sedangkan biaya pemeriksaan awal atau laboratorium enggak.

5. Jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pihak Tertanggung

  • Kelompok atau kolektif, yaitu asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada kelompok tertentu, misalnya asuransi kesehatan untuk keluarga ataupun karyawan.
  • Pribadi, yaitu asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada satu orang saja, sesuai dengan polis asuransi yang ditawarkan.

Nah, bagaimana? Sudah semakin paham kan dengan pengertian, manfaat, serta jenis asuransi kesehatan? Enggak bingung lagi memilih ya?

Stay tuned di akun Instagram QM Financial untuk berbagai update dan info seputar keuangan, agar kita lebih bijak dalam mengambil keputusan penting untuk hidup kita ke depan.


4 tanggapan untuk “Kenali 5 Jenis Asuransi Kesehatan dan Manfaatnya”

  1. Sudarto berkata:

    Benar sekali. Setelah membaca artikel ini, saya jadi paham jenis-jenis asuransi yang banyak macamnya. Yang sering bikin bingung, kebanyakan artikel istilah teknis asuransi menggunakan bahasa Inggris.
    Selain itu, bahasa yang digunakan adalah bahasa teknis asuransi seperti bahasa teknis hukum. Terima kasih atas penjelasannya. Saya sangat suka.

  2. […] Seharusnya, ini saja sudah cukup menjadi alasan pentingnya asuransi, utamanya asuransi kesehatan. […]

  3. […] akibatnya manfaat pun tak bisa dirasakan secara optimal. Rasanya sayang banget kan, sudah punya asuransi kesehatan, tapi malah nggak bisa dipakai “hanya” karena kesalahan kecil […]

  4. […] Mudahnya, jika usia tertanggung semakin muda saat membeli polis asuransi, maka besar kemungkinan harga preminya juga akan lebih murah. Ini terutama berlaku baik untuk asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch