Personal, Cash Flow

7 Cara Belajar Finansial yang Menyenangkan

Zaman sekarang, mau belajar apa saja itu mudah. Banyak cara bisa dipilih, enggak harus ambil kursus atau sampai kuliah lagi. Banyak cara belajar lebih cepat dan praktis yang bisa menjadi opsi. Termasuk juga kalau kamu pengin belajar finansial.

Kalau sekilas dan belum kenal secara mendalam, belajar finansial tampak rumit. Sungguh bukan hal yang menyenangkan, apalagi buat tipe orang yang memang kurang bersahabat dengan angka dan matematika.

Tapi, dengan perkembangan teknologi seiring zaman, belajar finansial ternyata bisa fun loh!

Memangnya bisa belajar finansial dengan cara apa saja sih? Yuk, simak!

7 Cara Belajar Finansial secara Menyenangkan

5 Tip Menyesuaikan Kebiasaan Keuangan Pengantin Baru

1. Baca buku

Ah, cara belajar finansial yang pertama ini sangat old fashioned, tapi cukup efektif untuk sebagian orang, yang memang gemar membaca.

Dengan sekali investasi, buku bisa jadi alat belajar tanpa batas waktu. Bisa dibaca dan dipelajari berulang kali sampai kapan pun, dan pembahasannya cukup mendalam.

Buku-buku zaman sekarang juga cukup interaktif, nggak bikin bosan, karena kadang diselipi dengan berbagai aktivitas juga.

2. Baca artikel

Cara belajar finansial yang kedua yang bisa dilakukan adalah baca-baca artikel online. Ini juga sangat murah, karena kamu hanya perlu modal kuota.

Banyak situs menawarkan berbagai tip praktis dan aplikatif soal keuangan, dan kamu tinggal pilih saja. Seperti di situs QM Financial ini. Di sini dibahas berbagai tip dan pengetahuan dasar tentang keuangan, yang mudah dilakukan bahkan oleh pemula. Mulai dari trik mengatur keuangan sehari-hari hingga berbagai pengetahuan tentang pengelolaan tujuan keuangan jangka panjang.

Metode Unschooling: Cara Mendidik Anak Paling Aman di Masa New Normal?

3. Ikut kelas online

Paling afdal, habis baca artikel di situs QM Financial terus ikutan kelas onlinenya juga. Belajar finansialnya bisa maksimal. Habis baca pengantarnya, terus mendalami ilmu finansialnya.

Sebenarnya sudah banyak pihak yang membuka kelas finansial online, tetapi QM Financial sudah memulainya sejak Oktober 2018. Sehingga secara sistem kelas dan kurikulum, lebih matang karena selalu diolah dan diupdate dari waktu ke waktu.

Selain kelas publik, di QM Financial juga ada kelas private dan kelas family–yang enggak hanya bisa kamu ikuti bareng keluarga, tetapi juga bareng teman-temanmu loh! Curhat finansial bebas di sini!

4. Baca-baca postingan di media sosial

Ini juga cara lain untuk belajar finansial yang murah meriah dan praktis. Seperti baca-baca artikel online, kamu cuma butuh modal berupa kuota saja.

Tinggal follow saja akun-akun yang memang banyak membahas tentang financial tips and tricks. Yang banyak terdapat di sini biasanya memang berupa tip, trik, dan hacks keuangan yang singkat, dan superpraktis.

Sudah follow akun Instagram QM Financial juga kan?

Jangan malas cari tahu ya!

Hobi Belanja Online? 5 Hal untuk Menyelamatkan Dompet dan Tabungan

5. Dengarkan podcast

Cara belajar finansial yang berikutnya ini juga sangat praktis, apalagi buat kamu yang sibuk dan punya skill multitasking, karena belajar finansial dengan cara ini memungkinkanmu untuk melakukannya sembari melakukan hal lain.

Ya, kenapa enggak kan?

Bisa sambil masak, ngepel, sambil nunggu macet di jalan (tapi hati-hati harus kembali konsentrasi kalau sudah terbebas dari macet), sambil antre sesuatu, dan sebagainya.

QM Financial juga menyediakan banyak materi belajar finansial buat kamu yang suka belajar dengan mendengarkan audio ini. Kemasannya fun, dan kamu serasa mendengarkan radio. Kamu bisa mendengarkan berbagai tip keuangan QM Financial melalui aplikasi Inspigo. Sila download aplikasinya di smartphone kamu, dan temukan berbagai podcast keuangan milik QM Financial ya!

6. Lihat video di YouTube

YouTube merupakan salah satu platform yang sangat populer, kamu pun pasti familier juga kan? Buat kamu yang suka belajar dengan cara menonton video, ada juga cara belajar finansial yang bakalan cocok untuk kamu.

Yes, dengan belajar melalui video-video di YouTube, kamu bisa belajar sembari rebahan.

Sudah subscribe channel YouTube QM Financial belum? Subscribe yuk! Bakalan ada video baru setiap minggunya loh!

7 Cara Belajar Finansial yang Menyenangkan

7. Kursus online mandiri

Buat kamu yang suka cara belajar yang lebih interaktif tetapi dengan waktu yang lebih fleksibel, model kursus online mandiri bisa kamu pilih.

Dengan cara ini, kamu bebas menentukan mau belajar apa, lalu tinggal ikuti materi, sesuaikan dengan kecepatan pembelajaranmu sendiri, pun bisa disesuaikan dengan waktu sibukmu. Sekali investasi, kamu bisa mengakses materi seumur hidup.

QM Financial juga menyediakan materi secara khusus buat kamu yang suka belajar finansial dengan cara ini, melalui situs Udemy.

Nah, cara belajar finansial mana yang paling nyaman untukmu? Tinggal pilih kan?

Karena pada dasarnya, setiap dari kita bisa memiliki kecenderungan kemampuan penyerapan informasi yang berbeda, baik secara auditori, visual, maupun kinestetik. Dan, itu bukan jadi halangan untuk belajar finansial dengan lebih baik dan lebih efisien.

Sampai ketemu di mana saja kamu mau belajar finansial ya!


2 tanggapan untuk “7 Cara Belajar Finansial yang Menyenangkan”

  1. […] banyak cara untuk belajar finansial, mulai dari baca buku, dengerin podcast, sampai ikut kelas online yang biasanya full ilmu sekalian […]

  2. […] banyak cara untuk belajar finansial, salah satunya termasuk belajar saham. Kamu bisa belajar dari buku, dari artikel, follow akun-akun […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch