Articles, Cash Flow, Event Review, Personal

Financial Dialogue Vol. 02: Atasi Quarter Life Crisis Sekaligus Capai Kebebasan Finansial

Anak muda masa kini, yang sedang berada di usia 20-an, seringnya merasa galau, bingung, ragu, dan akhirnya tidak puas akan semua pencapaiannya. Apa yang dibingungkan? Ya karier, relationship-nya, hingga soal finansial. Dr. Alex Fowke, seorang psikolog klinis senior di Hampsted London, UK, menyebutkan bahwa ini adalah gejala quarter life crisis.

Apa saja gejalanya? Di antaranya:

  • Membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain yang sebaya.
  • Merasa diri sendiri tidak akan mampu sukses di masa depan
  • Merasa sulit untuk menemukan pasangan hidup
  • Mempertanyakan tujuan hidupnya sendiri
  • Cemas dan minder akan segala hal, termasuk soal keuangan

Wah, banyak juga, dan rata-rata merupakan gejala psikis. Bagaimana dengan kamu, yang sekarang sedang membaca artikel ini? Apakah kamu sedang mengalami hal yang sama?

Financial Dialogue Vol. 02: Ajak Milenial Atasi Quarter Life Crisis

Karena kondisi inilah, QM Financial berinisiatif untuk membuat dialog dan diskusi khusus untuk membahas fenomena quarter life crisis bersama para panutan milenial zaman now. Dalam acara ini, QM Financial juga mendiskusikan bagaimana cara mencapai kemerdekaan atau kebebasan finansial sekaligus merayakan momen kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Dibuka oleh Ligwina Hananto, selaku nyonya rumah sekaligus lead trainer QM Financial, yang menyebutkan tentang 3 langkah menuju kebebasan finansial yang harus dilakukan oleh milenial, yaitu:

Mengenai gejala quarter life crisis yang terjadi, Mbak Wina menyebutkan bahwa setiap orang punya backstage masing-masing dalam hidupnya, yang orang lain tak ketahui. Kita mungkin melihat orang lain bisa cepat sukses, tetapi di situ kita tidak tahu backstage-nya seperti apa. Kita bisa mulai merencanakan sukses untuk hidup kita kapan saja, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai,

Ada 3 orang panelis yang dihadirkan oleh QM Financial. Kita akan lihat satu per satu, sembari mencatat quote dan tip terpenting dari mereka agar milenial bisa mengatasi quarter life crisis yang sedang dirasakan.

Raditya Dika

Semua milenial sepertinya sudah kenal dengan bapak satu anak ini, yang menyebut dirinya sendiri sebagai ‘milenial tua’. Karena sudah senior, tentulah Bang Radit tahu betul bagaimana menjadi seorang milenial di zaman teknologi seperti sekarang.

Raditya Dika, yang telah menulis banyak buku pun sukses berakting ini juga punya perjalanannya sendiri menuju sukses.

Ternyata, Bang Radit mulai berinvestasi ketika dia menerima royalti bukunya yang pertama. Menjadi klien QM Financial 10 tahun yang lalu, membuat Raditya melek literasi finansial dengan lebih baik, dan sadar sepenuhnya bahwa yang pertama harus disiapkannya untuk masa depan adalah dana pensiun. Dan tahun lalu, tujuan keuangan dana pensiunnya sudah tercapai.

Memang bener sih, yang dikatakan oleh Bang Radit, bahwa waktu adalah teman terbaik. Selagi ada waktu, kita harus berusaha lebih baik.

Luar biasa, Bang Radit!

Rico Huang

Rico Huang adalah pengusaha yang sedikit banyak menyebarkan insecurity quarter life crisis pada follower-nya (dalam artian baik) lantaran sudah sukses di usianya yang masih muda. Nggak heran sih, Rico punya peluang untuk mulai kenalan dengan bisnis ketika dia duduk di bangku SMP. Sekarang, bisnis Rico berkembang pesat, dan kini sang CEO dan co-founder Alona dan Dropshipaja ini bisa mengendarai Ferrari.

Menurut Rico, selagi masih muda, habiskan jatah gagal, hingga saat usia semakin matang, kita sudah terbiasa dan lebih mudah mencari solusi untuk menikmati kegagalan kita.

Dudi Arisandi

Sumber daya manusia tiket.com kini terdiri atas generasi milenial dan zilenial, dan hal ini ternyata memberi keasyikan tersendiri bagi Kang Dudi Arisandi untuk selalu berinteraksi dengan generasi paling produktif ini.

Menurutnya, generasi milenial dan zilenial ini seharusnya merasa beruntung lantaran sekarang usia sudah bukan lagi halangan dan hambatan untuk berkarier dan sukses. Usia muda tidak menghalangi seseorang untuk menjadi CEO. Sudah ada contoh nyatanya kan?

Quarter Life Crisis - Tip Antigalau untuk Karier Milenial

Banyak insight dan pencerahan yang bisa didapatkan dalam Financial Dialogue Vol. 02 dengan tema Career & Money, dengan judul Quarter Life Crisis – Tip Antigalau untuk Karier Milenial yang diselenggarakan di 15 Agustus 2020 kemarin. Persis seperti pendekatan yang selalu dibawa oleh tim QM Financial dalam setiap edukasinya seputar dunia keuangan, yaitu melalui pencapaian dreams and achievement, tidak sekadar menakut-nakuti, lebih banyak fokus pada diskusi finansial yang sehat dan bisa memberdayakan semua orang.

Terima kasih pada panelis yang luar biasa, nyonya rumah yang ramah, moderator yang cerdas, dan tentunya, 600+ Teman Dialog yang sudah bergabung di Financial Dialogue Vol. 02 kemarin.

Sampai ketemu di Financial Dialogue Vol. 03, 19 September 2020!


2 tanggapan untuk “Financial Dialogue Vol. 02: Atasi Quarter Life Crisis Sekaligus Capai Kebebasan Finansial”

  1. […] ini sempat disebutkan oleh Bang Radit juga saat menjadi panelis Financial Dialogue 02 di bulan Agustus lalu. Hmmm, apakah kamu memiliki mimpi yang sama dengan Raditya Dika? Pengin […]

  2. […] keuangan sebagai topik diskusi sehari-hari. Sejauh ini, sudah ada Financial Dialogue volume 01, 02, dan 03 sudah terselenggara dengan sukses. Tunggu saja untuk Financial Dialogue volume-volume […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch